banner-detik

20s

Tips Memilih Softlens untuk Pemula

seo-img-article

Baru pertama kali mau beli softlens? Simak tips-tips di bawah ini dulu!

Untuk yang punya mata minus seperti saya, kadang kacamata terasa menggangu kalau lagi kepingin full makeup dan pakai bulu mata palsu. Jadi  kalaupun nggak pakai softlens untuk daily, sesekali memang softlens ini bisa membantu dan diperlukan sih.

Nah, untuk yang baru mau coba-coba pakai softlens, pasti bingung kan mau membeli softlens merk apa dan varian apa? Saya punya beberapa tips untuk yang baru pertama kali mau membeli softlens.

Baca juga: 7 Tips Merawat Softlens yang Wajib Diketahui!

 

softlens free (6)

1. Pastikan dulu angka minus dan kadar air mata kamu

Sama seperti kacamata, minus pada softlens kita juga harus tepat dengan mata kita. Karena kalau nggak tepat, alih-alih membantu pengelihatan, malah bikin kita pusing dan mengganggu aktifitas. Maka, langkah pertama sebelum membeli softlens ke optik adalah memeriksakan minus kita ke dokter mata. Saya memang lebih merekomendasikan ke dokter mata, walaupun sebagian besar optik pasti punya alat untuk memeriksa minus kita. Karena menurut saya hasil dari dokter lebih terjamin akurasinya. Setelah itu, baru bawa surat keterangan minus dari dokter mata kamu tersebut ke optik.

Di dokter mata juga kita bisa mengecek kadar air mata kita, sehingga dokter dapat merekomendasikan softlens yang cocok kita apakah yang kadar air tinggi (di atas 50%) ataukadar air rendah (di bawah 50%). Bila produksi air matamu cenderung sedikit, biasanya akan direkomendasikan softlens berkadar air rendah, karena softlens dengan kadar air rendah juga akan sedikit menyerap air mata, sehingga mata nggak gampang kering. Namun bila kondisi kadar air di matamu normal, biasanya akan direkomendasikan softlens berkadar air tinggi, yang dapat meneruskan oksigen lebih banyak ke mata.

 

  softlens free (8)

2. Jangan tergiur harga yang murah

Di marketplace banyak sekali seller yang menjual softlens, dari harga ratusan ribu bahkan belasan ribu sepasang pun ada. Namun saran saya sih, beli di seller yang benar-benar terpercaya. Kalau bisa, untuk pembelian pertama, lebih baik beli offline di optik yang terpercaya. Karena nggak jarang ada seller yang nakal, menjual softlens yang nggak ber-BPOM atau bahkan menjual softlens yang seharusnya sudah kadaluarsa dan sudah nggak layak pakai.

Pilih brand yang memang familier dan ada jaminan keamanannya seperti BPOM. Kamu bisa kok melihat-lihat dulu review-nya di internet sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya.

 

 softlens free (5)

3. Sebaiknya pilih daily softlens dan pilih yang bening

Daily softlens adalah softlens yang paling mudah digunakan dan higienis, karena cuma sekali pakai langsung buang, jadi nggak butuh penyimpanan dan perawatan setelah pemakaian. Memang harganya sedikit mahal, tapi jenis ini tepat sekali untuk pemula yang masih mau membiasakan diri memakai softlens. Saya juga menganjurkan memilih softlens bening karena memang ada jenis-jenis mata tertentu yang terlalu sensitif dengan softlens berwarna. Jadi untuk amannya, pada pemakaian pertama, pakai softlens yang bening saja.

 

 softlens free (1)

4. Jangan memilih softlens yang diameternya terlalu besar

Tapi kalau kamu memang ingin sekali langsung pakai softlens berwarna, pilih saja yang punya diameter normal atau 14 mm. Jangan memilih yang diameternya besar, apalagi yang sampai 16 mm. Softlens dengan diameter besar jelas akan lebih terasa mengganjal dan nggak nyaman digunakan, dibanding dengan softlens dengan diameter normal. Apalagi saat pertama akan memasangkan ke mata, softlens dengan diameter besar ini pasti akan terasa lebih mengintimidasi.

Lagipula setelah mencoba-coba berbagai macam softlens, saya merasa softlens dengan diameter yang terlalu besar nggak terlalu bagus jatuhnya di muka. Muka saya malah terlihat tambah bulat dengan mata yang terlihat terlalu fake. Softlens dengan diameter normal lebih cantik jatuhnya.

 

  softlens free (11)

5. Pilih softlens yang tipis

Softlens yang tipis, memang akan lebih mudah robek, namun juga lebih nyaman selama digunakan. Sementara softlens yang tebal, memang lebih awet dan nggak mudah rusak, namun akan terasa lebih mengganjal ketika digunakan. Nah, untuk pemula, saya merekomendasikan softlen tipis, karena untuk pemula tentu lebih mengutamakan kenyamanan. Yang penting nyaman dan terbiasa dulu menggunakan softlens.

Selain tips memilih softlens di atas, perhatikan juga perawatan softlens kamu, ya. Ingat, jangan pakai softlens terlalu lama, apalagi sampai dibawa tidur.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment