banner-detik

industry news

Viral Di TikTok Laki-Laki Hamil, Berikut Penjelasan Ilmiahnya!

seo-img-article

Laki-laki hamil yang satu ini tenyata mengalami PMDS.

Beberapa hari ini, For You page TikTok saya beberapa kali muncul sebuah video viral dari akun bernama @mikeychxnel yang menyatakan bahwa dirinya sedang hamil. Tapi, yang bikin saya terheran-heran bahwa dirinya adalah seorang laki-laki! Awalnya saya mengira ini cuma prank dan bohong-bohongan aja. Tapi ternyata, ada penjelasan ilmiah yang menjelaskan kenapa laki-laki hamil ini bisa kejadian.

IMG_0253

Kondisi Langka

Mikey Chanel yang terkenal melalui TikTok ini berusia 18 tahun dari Boston, Massachusetts mengalami salah satu kondisi langka yang bernama Persistent Mullerian Duct Syndrome atau disingkat PMDS. Kondisi ini merupakan kondisi langka yang dialami lelaki, di mana mereka memiliki alat reproduktif sebagai laki-laki, namun juga memiliki uterus dan tuba fallopi atau alat reproduksi perempuan. Kondisi ini merupakan kondisi langka dan bersifat genetik. Dalam kasus Mikey, alat reproduksi lelakinya tidak fertil, sebaliknya alat reproduksi wanitanya yang berfungsi yang menyebabkan dirinya bisa hamil.

Baca juga: Toxic TikTok: Beberapa Tren Beauty di TikTok yang Berbahaya!

Penderita PMDS dianjurkan untuk melakukan hysterectomy atau prosedur medis untuk mengangkat rahim perempuan yang ada. Tapi, berhubung Mikey mengambil jalur lain dan memilih untuk nggak melakukannya. Walau dirinya tahu, risiko yang bisa terjadi dari kondisi ini adalah tumbuhnya kanker dan tumor.  But he took his risks. Bahkan ketika dirinya hamil pun he decided to keep the baby walau ada risiko kemungkinan bayi cacat.

 Bagaimana Pembuahan Terjadi?

IMG_0256

Berhubung kondisi laki-laki hamil ini adalah hal yang langka, dan Mikey sendiri nggak punya alat kelamin wanita, pasti bingung dong gimana cara pembuahan terjadi? Dengan kemajuan teknologi medis yang ada saat ini, Mikey memutuskan untuk melakukan implan fertrilisasi embrio ke dalam tuba falopinya. Saat ini dalam bulan keempat kehamilan, Mikey menyatakan bahwa tingkat keberhasilannya hanya 20%. Walau dirinya syok dan kaget ternyata kehamilan akhirnya terjadi. Salah satu alasan dirinya nekat melakukan hal ini adalah akibat mimpinya menjadi seorang orangtua yang sangat besar. Bagi Mikey, orangtuanya nggak pernah ada untuk dirinya sejak kecil. Itu sebabnya, ia ingin menggantikan tahun-tahun yang terlewatkan bersama orangtuanya dengan menghabiskan waktu dengan anaknya sendiri.

Baca juga: Goodbye 2020, Hello 2021! Apa Aja Sih yang Dipelajari FD Babes di Tahun 2020?

Well, kalaupun betul akan berhasil, hal ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Terutama di Indonesia, isu-isu gender masih jadi salah satu yang banyak ditentang. Belum lagi bahayanya bagi tubuh. Entah saya sendiri juga bingung kenapa saya seringkali menemukan hal-hal dan tren aneh di TikTok.

Gimana dengan kamu? Menurut kamu gimana dengan kejadian ini? Adakah hal aneh lainnya yang pernah kamu temukan di TikTok? Share di komen ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment