banner-detik

skin care

5 Produk yang Bikin Kulit Iritasi Saya Kembali Normal!

seo-img-article

Produk apa aja yang berhasil meredakan kulit iritasi saya? 

Salah satu perubahan terbesar yang paling terasa di masa pandemi adalah kulit saya yang menjadi semakin kering dan semakin gampang iritasi. Wajar sih, semenjak pandemi saya lebih sering menghabiskan waktu di ruangan yang ber-AC, dan jadi suka lupa minum air putih! Kulit saya yang memang pada dasarnya kering, jadi makin kering bahkan cenderung dehidrasi.

Keadaan diperparah setelah saya coba menggunakan skincare baru berbahan dasar retinol yang ternyata nggak cocok di kulit saya. Awalnya muncul beruntusan kecil yang lama kelamaan berubah menjadi kemerahan dan perih dan lama kelamaan jadi semakin parah. Tapi semua jadi lebih baik semenjak saya menggunakan beberapa produk yang bersifat calming dan healing! Berikut adalah beberapa produk yang berhasil bikin kulit saya kembali jadi normal:

Cleanser – Skin Dewi Raspberry Hydrating Cleansing Milk

c21dda008ff0f36b6dc7c70b97f6e133

Kalau kulit saya udah iritasi, saya harus berhati-hati dalam memilih cleanser. Produk yang mengandung fragrance, alkohol, dan SLS akan memperparah iritasi. Itu sebabnya saya memilih Skin Dewi Raspberry Hydrating Cleansing Milk sebagai cleanser. Cleanser ini memiliki kandungan utama raspberry oil, Vitamin B3, Papaya Extract dan D-Pathenol yang bikin kulit terasa kenyal dan bersih setelah setiap pemakaian. Saya suka wanginya yang natural dan formulanya yang nggak berbusa bikin cleanser ini terasa lembut banget di kulit. Kandungan raspberry oil-nya juga mampu merangsang perbaikan sel sehingga kulit iritasi saya lama kelamaan jadi normal kembali.

 Baca juga: Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Dehidrasi

Essence – I’m From Mugwort Essence & Blithe Vital Treatment 5 Energy Roots

I'm From Mugwort Essence

Selama saya mengalami iritasi, saya menggunakan 2 essence yang berbeda yang memiliki fungsi yang berbeda. Satu adalah essence dari I’m From Mugwort Essence untuk calming and healing, dan Blithe Vital Treatment 5 Energy Roots untuk hydrating. I’m From Mugwort Essence jadi salah satu produk yang udah sering disebut, bahkan pernah di bahas oleh Andien di video FD Quick Lesson. Mugwort sebagai ingredients yang mulai menggeser Centella Asiatica, berfungsi sebagai anti inflammatory, dan anti-bacterial. Uniknya, essence ini memiliki kandungan 100% essence mugwort tanpa ada campuran lainnya! Teksturnya cair dan mudah terserap dalam kulit. Kalau centella asiatica biasanya nggak membuat perubahan yang signifikan di wajah saya, efek dari mugwort cukup ‘nampol’ dan jadi salah satu ingredients andalan untuk meredakan kulit iritasi saya. Sedangkan Blithe Vital Treatment Energy 5 Roots mengandung 5 ekstrak akar tanaman yaitu ginseng, balloon flower, deodeok, lotus roots, dan burdock. Essence ini cocok banget untuk kulit kering, serta memiliki wangi yang pleasant mirip nata de coco!

ae9cbea5-de24-4b97-8e76-fd6a21f4699d

 Serum – Clinique Dramatically Different Hydrating Jelly

2531783

Supaya kulit nggak tambah iritasi, saya membutuhkan lebih banyak hydrating skincare supaya wajah saya terjaga kelembapannya. Salah satunya adalah Clinique Dramatically Diffrent Hydrating Jelly. Kandungan utamanya terdiri dari water, butylene glycol, dan glycerin. Teksturnya gel, lightweight, dan gampang menyerap dan nyaman digunakan dalam kondisi kulit sedang iritasi. Hindari menggunakan skincare berbahan utama acid dan yang memberikan efek peeling supaya nggak memperparah iritasi wajah!

Moisturizer – Dr. Jart Ceramidin Cream

57_1_1-350x321Pertama kali saya mencoba produk ini adalah karena FD Babe Kristi yang klaim bahwa dirinya udah menghabiskan beberapa tube. Setelah mencobanya sendiri, saya nggak heran kenapa produk ini bisa jadi favorit! Dr. Jart Ceramidin Cream cocok banget buat kamu yang punya kulit kering bahkan sangat-sangat kering. Tugasnya adalah mengunci kelembapan, skincare yang digunakan sebelumnya juga terasa lebih menyerap ke dalam kulit. Kandungan ceramide-nya juga bisa bantu memperkuat skin barrier, terutama di saat kita sering menggunakan masker seperti saat ini! Hal ini membuat wajah jadi lembap dan terhindar dari maskne. Gunakan di malam hari, esok paginya wajah akan tetap terasa lembap. Moisturizer ini juga nyaman kok digunakan untuk siang hari karena sama sekali nggak lengket dan ringan di wajah! Recommended banget buat kamu yang punya kulit kering.

Baca juga: Kulit Kering vs Dehidrasi, Bagaimana Cara Membedakannya?

Kelima skincare di atas saya gunakan rutin selama 2 minggu hingga akhirnya kulit saya perlahan-lahan menjadi lebih baik. Nggak ada lagi bruntusan, nggak ada lagi kemerahan, dan udah nggak perih lagi!

So, gimana menurut kamu? Adakah produk yang pernah kamu coba juga? Jangan lupa share di komen ya!

 

Foto: Dok. drjart.com, clinique.com, blithecosmetic.com, Instagram.com/@imfrom_official, skindewi.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment