beautypedia

Azeclair, Ingredient yang Nggak Kalah Kece Buat Jerawat dan Rosacea! | Beautypedia

seo-img-article

 

Sudah tahu kan, kalau Avoskin baru aja merilis series skincare Your Skin Bae di 12.12 lalu.  Nah, dari beberapa produk yang dirilis, saya cukup antusias dengan Azeclair 10% + Kombucha 3% + Niacinamide 2,5% Vaccine Serum yang bakal dirilis di 2021 mendatang.

Kenapa serum ini begitu mencuri perhatian saya? Nah, disini saya bukan akan membahas tentang produknya, tapi salah satu ingredient-nya yang bikin saya excited: Azeclair. Mungkin beberapa orang belum pernah dengan soal Azeclair sebelumnya. What is Azeclair exactly?

Baca juga: Avoskin Your Skin Bae, 12 Skincare Lokal Terbaru untuk Berbagai Jenis Kulit!

Azelaic Acid Derivative

Sebelumnya, saya sudah pernah bahas soal betapa cintanya saya dengan Azelaic Acid, walaupun satu-satunya produk Azelaic Acid yang pernah saya coba hanya The Ordinary Azelaic Suspension 10% yang review komplitnya bisa dibaca disini.

The Ordinary Azelaic Acid

Azelaic acid sendiri adalah salah satu ingredient superstar yang punya manfaat mencerahkan sekaligus menngatasi jerawat dan rosacea. Azelaic Acid, naturally berasal dari gandum dan barley. Azelaic Acid diklaim sebagai mild exfoliator yang aman digunakan bagi ibu hamil. Walaupun, penelitian terhadap efek Azelaic Acid bagi ibu hamil masih sangat sedikit dan belum memadai, karena baru diujicobakan pada tikus dan kelinci.

Azelaic acid

Sadly, zat yang satu ini juga termasuk ke dalam golongan ingredient yang tidak diizinkan dalam kosmetika menurut Regulasi BPOM no. 23 tahun 2019 tentang Persyaratan Teknnis Bahan Kosmetika. Makanya, nggak heran jika produk Azelaic Acid langka banget di Indonesia, juga di beberapa negara ASEAN. Azelaic diizinkan penggunaannya sebagai obat untuk mengatasi jerawat dan rosacea dengan kategori obat keras dan penggunaannya harus dibawah pengawasan dokter.

Kayaknya, dengan munculnya produk berbahan Azeclair jadi angin segar bagi penggemar Azelaic Acid tanah air. Azeclair adalah salah satu produk turunan dari Azelaic Acid. Azeclair adalah nama dagang dari Potassium Azeloyl Diglycinate (PAD, INCI). Nah, kira-kira udah kebayang belum, manfaat dari Azeclair?

Baca juga: Azelaic Acid, Alternatif AHA-BHA untuk Jerawat

Benefits of Azeclair

Azeclair 2

Masih 11:12 dengan Azelaic Acid yang multifungsi sebagai acne treatment dan mencerahkan kulit, Azeclair juga difokuskan untuk mencerahkan kulit, mengatasi jerawat plus mengontrol sebum. Beberapa studi membuktikan bahwa sifat anti-inflammatory dan melembapkan dari Azeclair dapat membantu mengontrol gejala rosacea, serta melasma jika dikombinasikan dengan niacinamide.

Artinya, Azeclair cocok untuk acne-prone skin, oily skin, bahkan sensitive skin sekalipun. Azeclair juga akan sangat bermanfaat untuk mengatasi bekas jerawat. Dalam pengujiannya, Azeclair diklaim membuat kulit terhidrasi, lebih halus, serta dapat mengotrol kulit berminyak dalam tiga minggu tanpa mengiritasi.

Azeclair VS. Azelaic Acid

Karena klaim dan fungsinya yang hampir sama, kedua ingredients ini pastinya bakal dibanding-bandingin nantinya. Namun, karena Azeclair masih terbilang baru, dan Azelaic Acid nggak terlalu populer, terutama di Asia Tenggara (karena dipengaruhi regulasi tiap-tiap negara, pastinya), untuk saat ini masih minim informasi yang membuktikan efikasi Azeclair VS Azelaic Acid.

Azeclair 3

Perbedaan paling mendasar antara keduanya adalah, Azelaic Acid tidak larut dalam air ataupun minyak, sehingga susah untuk diformulasikan dalam produk kosmetik. Contohnya saja, The Ordinary Azelaic Acid yang diformulasikan dalam cream silicone sehingga produknya bikin pori-pori tersumbat, kurang spreadable dan gampang pilling. Sementara, turunannya, Azeclair bersifat water-soluble, jadi memungkinkan produk-produk dengan Azeclair untuk punya formulasi yang ciamik.  Azeclair juga diklaim lebih safe dan stable.

 

Kalau saya ditanya mana yang lebih baik, Azeclair dibandingkan Azelaic Acid, jujur, masih butuh uji coba langsung lebih lanjut. Buat tahu bedanya, harus dibandingin apple to apple Azelaic Acid 10% dengan Azeclair 10%. Makanya, saya nggak sabaran banget buat nyobain Your Skin Bae Azeclair 10% + Kombucha 3% + Niacinamide 2,5% Vaccine Serum-nya Avoskin tahun depan!

 

saraccil

saraccil

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment