banner-detik

makeup

3 Permainan Seru untuk Meningkatkan Perkembangan Syaraf Motorik Anak

seo-img-article

Kalau kamu seorang Ibu, kamu pasti tahu bahwa tumbuh kembang anak selalu menjadi kejutan yang menakjubkan. Ada beberapa tahap perkembangan pada si kecil yang sangat penting, salah satunya adalah perkembangan motoriknya.

Apa itu perkembangan motorik? Denrich Suryadi, M.Psi., Psikolog, dalam kesempatan Parenting Talk bersama Amara, menjelaskan tentang pentingnya merangsang perkembangan motorik anak sejak dini. Beliau menjelaskan, kemampuan motorik adalah kegiatan yang melibatkan anak menggunakan otot-otot dalam tubuhnya. Motorik anak dibagi menjadi dua, yaitu motorik kasar dan halus.

Motorik kasar adalah gerakan yang dilakukan anak melibatkan kelompok otot-otot besar, seperti lengan, kaki, betis, atau seluruh tubuh anak. Sedangkan motorik halus adalah gerakan motorik anak yang melibatkan otot-otot kecil dalam tubuh anak, seperti tangan, jari, dan pergelangan tangan. Nah, ternyata untuk merangsangan motorik halus ini bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana lho, salah satunya adalah dengan bermain rutin bersama si kecil! Apa saja permainan seru yang bisa meningkatkan perkembangan syaraf motorik anak? Simak di bawah ini, yuk!

1. Bergaya seperti idola

AMARA COSMETICS - MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SYARAF MOTORIK ANAK 3

Anak usia 3 tahun biasanya mulai belajar meniru orang lain & menjadikan orang-orang terdekat atau sering dilihatnya sebagai idola. Khususnya untuk ibu-ibu yang punya anak perempuan, biasanya bisa melihat anak-anak balita perempuan mulai menirukan kegiatan yang dilakukan ibunya, seperti misalnya berdandan. Jangan khawatir, itu adalah hal yang wajar, justru ini bisa menjadi sarana perkembangan syaraf motorik anak.

Hal sederhana seperti caranya memegang aplikator makeup mini, mewarnai bibir dengan mini lipstik, mewarnai kelopak mata dengan eyeshadow, itu semua bisa menjadi media belajar untuk si kecil. Namun, jangan lupa, kita juga harus pastikan produk yang digunakannya memang khusus untuk anak-anak, contohnya adalah Amara Kids Cosmetics. Makeup ini formulanya khusus untuk anak-anak dan sudah bersertifikasi dari Badan Pengawas Obat & Makanan, sehingga aman dipakai anak untuk bermain sehari-hari.

Baca juga: Makeup Khusus untuk Anak-anak? Di Korea, Ini Tren Baru yang Laris Manis!

2. Mengenal dan mencampur warna

AMARA COSMETICS - MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SYARAF MOTORIK ANAK - 675

Selain itu, merangsang perkembangan motorik si kecil juga bsia dilakukan dengan belajar mengenal berbagai warna dengan bermain kuteks bersama si kecil. Amara Nail Polish bisa menjadi pilihan tepat untuk ini. Amara Nail Polish ini punya warna yang bervariasi, lho! Jadi, ibu bisa mengajak si kecil untuk memilih warna favoritnya sendiri, atau bisa juga sambil melatih kemampuan kognitifnya dengan mengajarkan melakukan mix and match warna.

Baca juga: Anak Rewel karena di Rumah Terus? Gimana Cara Mengatasinya?

3. Bersihkan wajah setelah makeup

AMARA COSMETICS - MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SYARAF MOTORIK ANAK 5

Yang terakhir, jangan lupa selalu ingatkan si kecil untuk membersihkan muka kembali setelah makeup. Walaupun terlihat sangat sepele, namun saat melakukan hal ini pun kita bisa sambil melatih perkembangan syaraf motorik anak dengan cara memutar kapas ke seluruh wajahnya setelah menggunakan makeup. Melalui momen ini, anak-anak akan belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan kulit, sehingga bisa terbiasa sampai nanti dewasa. Jangan lupa gunakan pembersih muka yang aman pula untuk anak-anak ya! Kalau menggunakan Amara Kids Cosmetics, kamu bisa langsung membersihkannya dengan air atau baby oil.

Nah, itulah 3 permainan seru yang bisa dilakukan di rumah oleh ibu dan balita perempuannya. Nggak hanya mengisi waktu, tapi semuanya juga bisa membantu meningkatkan perkembangan syaraf motorik anak. Mana yang sudah sering kamu lakukan bersama si kecil? Selamat mencoba ya!

Foto: Dok. Amara Cosmetics, Freepik.com
1
1

Slow Down

Please wait a moment to post another comment