banner-detik

skin care

Skincare Cowok dan Cewek: Apa Bedanya?

seo-img-article

 

Walaupun istilah ‘skincare’ sering dikaitkan dengan rutinitas yang dilakukan oleh cewek, tapi memakai skincare juga penting dilakukan oleh cowok lho! Nah, apa sih bedanya skincare cowok dan cewek?

Skincare, atau perawatan kulit, adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk menghargai tubuh kita. Makanya, skincare tidak perlu dibatasi oleh gender. Tapi, apakah cara merawat kulit wajah cowok sama aja dengan kulit wajah cewek? Yuk, disimak pembahasannya!

Biasanya saat melalui masa pubertas, hal yang paling sering terjadi adalah kulit jadi berjerawat, betul? Nah, banyak orang sering mengalami jerawat selama masa pubertas karena kadar testosteron mulai meningkat, yang menyebabkan kelenjar minyak di bawah kulit wajah memproduksi sebum lebih banyak. Cowok memproduksi lebih banyak testosteron daripada perempuan, makanya, kulit cowok, pada umumnya, lebih mudah berjerawat daripada cewek. Kulit cowok juga cenderung lebih tebal daripada kulit cewek.

SKINCARE CEWEK DAN COWOK BEDANYA APA - 2

Lalu, kebanyakan cowok juga sering mencukur rambut-rambut yang terdapat pada wajah. Mencukur dapat memengaruhi lapisan epidermis kulit, yang berfungsi untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari iritasi. Jika mencukur dilakukan dengan cara yang tidak tepat, area kulit cowok yang sering dicukur akan menjadi lebih sensitif, kering, dan flaky.

Baca juga: 5 Moisturizer Cowok untuk Kulit Berminyak

Lalu, bagaimana cara merawat kulit cowok? Apakah pria harus menggunakan produk skincare dengan embel-embel ‘Men Skincare’?

Sebenarnya, semua skincare bisa digunakan oleh cewek maupun cowok, tergantung kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing. Jadi, kalau cewek mau pakai skincare untuk pria pun tidak masalah, begitu pula sebaliknya. Skincare dasar yang harus dilakukan oleh cewek maupun cowok adalah mencuci wajah dengan cleanser yang tidak menyebabkan kulit terlalu kering, menggunakan pelembap, dan mengaplikasikan sunscreen.

Baca juga: 5 Brand Skincare Khusus Cowok yang Layak Dicoba!

Nah, tips merawat kulit untuk teman-teman cowok, sebelum mencukur, jangan lupa lindungi kulit dengan shaving cream atau shaving oil. Supaya pisau cukur dapat meluncur dengan mulus di atas kulit, sehingga menghindari goresan dan luka. Produk yang digunakan kalau bisa lembut, calming di kulit, dan anti bacterial untuk melindungi kulit dari iritasi saat mencukur. Lalu, gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam, dan cukur sesuai dengan arah tumbuhnya rambut, bukan berlawanan. Setelah mencukur, jangan lupa gunakan pelembap. Tips ini juga bisa diterapkan oleh cewek saat shaving bulu-bulu di wajah.

SKINCARE CEWEK DAN COWOK BEDANYA APA - 7

Lalu yang paling penting, gunakanlah produk dan skincare routine yang nyaman di kamu. Jika memang suka skincare routine yang simpel, bisa menggunakan cleanser-moisturizer-sunscreen saja. Tapi jika teman-teman cowok ingin menerapkan skincare routine yang panjang dan mencoba berbagai macam produk, juga tidak masalah, kok! Semuanya kembali lagi ke kebutuhan kulit dan selera masing-masing. Jadi, nggak ada batasan untuk skincare cowok. Yang terpenting, kamu memilih produk dan ingredient yang memang sesuai kondisi kulitmu. Selamat mencoba!

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment