banner-detik

haircare

Rambut Kering dan Rusak? Atasi dengan Produk Perawatan Rambut Mengandung Keratin

seo-img-article

Rambut kering, kasar, dan rapuh adalah tanda-tanda rambut rusak. Tapi, jangan khawatir. Rambut rusak masih bisa diperbaiki agar kembali sehat, lembut dan berkilau. dengan produk-produk perawatan rambut yang mengadung keratin.

Sama halnya dengan gadget atau produk-produk elektronik, rambut juga bisa rusak, lho. Rambut jadi kehilangan kilau alami dan elastisitasnya, sehingga jadi kasar dan sulit diatur. Pokoknya rambut jadi kelihatan kayak sapu ijuk! Hal ini disebabkan oleh rusaknya lapisan keratin pada rambut. Buat yang belum tahu, keratin itu apa, bisa cari tahu lebih lanjut di artikel berikut. Namun, sederhananya, keratin adalah protein yang membentuk struktur alami rambut, kuku dan kulit. 

Keratin pada rambut bisa rusak akibat penggunaan styling tools yang mengeluarkan panas seperti hair dryer dan catokan, pewarnaan rambut, juga pelurusan atau pengeritingan rambut dengan bahan-bahan kimia. Keratin juga dapat rusak akibat faktor lain seperti penggunaan hair care yang tidak tepat, lingkungan, kurangnya konsumsi makanan bergizi, dehidrasi hingga ‘faktor u’ alias usia.

Nah, kalau rambutmu rusak, jangan buru-buru potong rambut. Sayang kan, kalau rambutmu harus dibabat? Sebelum kerusakannya makin parah, yuk rawat rambut kering dan rusak dengan menggunakan produk perawatan rambut mengandung keratin ini!

Baca juga: Manfaat Keratin Pada Rambut Kamu Yang Perlu Kamu Tahu | Beautypedia

Shampoo

asian-women-bathing-she-was-bathing-washing-hair-she-is-happy_46139-620

Langkah paling sederhana untuk merawat rambut rusak adalah dengan memilih shampoo yang tepat. Selain itu, disarankan untuk tidak keramas terlalu sering, karena kandungan surfactant dalam shampoo bisa membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya. Akibatnya, rambut jadi terasa lebih kering.

Pilihan shampo mengandung keratin ini cocok banget kalau kamu lagi nyari shampo untuk rambut kering dan rusak. Moisture Honey Daily Shampoo dari The Bath Box adalah salah satu dari sekian banyak shampo mengandung keratin. Shampo ini terbuat dari 30% real honey dan real lemon juice, serta mengandung keratin yang diklaim sebagai keratin generasi terbaru, yang sama dengan keratin pada rambut. Harga sebotol Moisture Honey Daily Shampoo ini adalah Rp 185.000,-.

Pilihan lainnya adalah Moist, Diane Damage Repair Shampoo. Moist, Diane adalah best selling shampoo brand asal Jepang yang kini sudah officially masuk ke Indonesia. Semua varian shampo dan kondisionernya mengandung jenis keratin yang berbeda-beda, sesuai kebutuhan rambut. Nah, varian Damage Repair Shampoo-nya paling cocok untuk rambut kering dan rusak. Mengandung organic argan oil dan amino keratin yang diklaim dapat melembutkan dan menutrisi rambut yang rusak akibat treatment kimiawi dan penggunaan styling tools. Bagusnya lagi, semua varian produk Moist, Diane ini bebas dari paraben, silikon dan pewarna buatan. Harganya cukup terjangkau, lho. Satu botolnya berisi 450 ml, dan dibanderol seharga Rp 130.000,-. Bakal awet berbulan-bulan, deh.

Conditioner

kerastase fondant

Kondisioner akan membuat rambut terasa lebih lembut dan nggak kering setelah keramas. Berbagai pilihan kondisioner dengan kandungan keratin pun tersedia. Misalnya saja Kerastase Fondant Fluidealiste yang memiliki kandungan Morpho-Kératine™ Complex yang dapat mengembalikan kondisi serat rambut sehingga rambut jadi lebih mudah diatur dan nggak gampang kusut. Harga kondisioner dari Kerastase ini memang nggak murah, yakni di kisaran Rp 500.000-an.

Pilihan yang lebih affordable adalah L’Oreal Professionnel Prokeratin Liss Unlimited Conditioner. Produk ini cocok untuk kamu yang ingin mengatasi rambut kasar dan kusut, atau rambut yang diluruskan. Mengandung kombinasi dari pro-keratin, minyak kemiri (kukui nut oil) dan evening primrose oil, kondisioner ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga Rp 140.000 – 200.000-an.

Baca juga: Keratin Treatment untuk Rambut Kering dan Rusak

Hair Mask

MAKARIZO HAIR ENERGY FIBERTHERAPY ROYAL JELLY EXTRACT - HAIR MASK 2

Yang nggak kalah penting dari perawatan rambut rusak adalah menggunakan hair mask secara rutin, dua hingga tiga kali seminggu. Pilihan hair mask keratin yang bisa dicoba pun banyak. Salah satunya adalah Nara Keratin Complex Protein Hair Mask. Ternyata, produk ini lokal punya lho, tepatnya dari Medan. Hair mask ini isinya banyak banget, yaitu 500 gram, dan harganya nggak kalah hemat, hanya Rp 95.000 – 130.000-an. Sesuai namanya, hair mask ini mengandung keratin, ditambah dengan kandungan argan oil, yang memang ingredients terbaik untuk melembutkan dan memperbaiki rambut rusakmu.

Mau yang lebih hemat dan gampang dicari? Ada Makarizo Hair Energy Fibertherapy Royal Jelly Extract. Hair mask Makarizo ini tersedia dalam kemasan jar isi 500 gr seharga Rp 70.000,- dan kemasan sachet 60 gr dan 30 gr seharga Rp 12.000 dan 6.000,- saja. Varian Roal Jelly ini paling cocok untuk rambut kering dan kasar.

Serum

furatasse

Last but not least, rambut rusakmu juga perlu dinutrisi menggunakan produk leave-on seperti hair oil atau hair serum. Ada Furatasse Keratin Serum yang menutrisi rambut kering dan rusak. Serum ini juga bisa jadi heat protector sebelum mencatok atau mengeringkan rambut. Serum ini bikin rambut nggak rewel dan gampang berantakan. Harganya adalah Rp 185.000,- untuk satu botol serum ini.

Pilihan ekonomisnya datang dari Ellips Pro Keratin Complex Hair Vitamin varian Hair Repair. Selain murah meriah, serum ini juga gampang banget dicari. Seperti vitamin rambut dari Ellips pada umumnya, varian ini juga dikemas dalam bentuk kapsul. Jadi, takaran tiap kali pemakaian bakalan selalu sama. Varian Hair Repair ini memang diperuntukkan memperbaiki kondisi rambut rusak dengan kandungan pro-keratin dan jojoba oil. Hargana? Cuma Rp 11.000-an untuk kemasan blister, dan 80.000-an untuk kemasan jar.

Demi rambut kembali sehat dan berkilau, apa aja pasti dilakukan. Termasuk merawat rambut dengan produk-produk pilihan. Semoga rekomendasi produk hair care dengan kandungan keratin ini bisa membantu mengatasi problem rambut rusakmu. Selamat mencoba!

Gambar: The Bath Box, Instagram @moistdianeid, amazon, L’oreal Professionnel, Tokopedia, Shopee, Guardian Indonesia

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment