banner-detik

fragrance

Friday Fragrance: Makna Perfume, Fragrance Lokal Baru yang Bisa Kamu Coba!

seo-img-article

sorai

Salah satu varian fragrance lokal baru ini langsung sold out setelah direview influencer Nathanie Christy. Saya jadi penasaran sama Makna Perfume!

Setelah makeup dan skincare karya brand lokal yang semakin beragam dan inovatif, dunia fragrance juga makin saturated nih. Beauty influencer pun jadi sering mereview fragrance akhir-akhir ini. Salah satunya yang lumayan meracuni adalah Nathanie Christy. Kayaknya baru sekitar tiga hari lalu Nathanie membahas tentang parfum lokal baru yaitu Makna. Nathanie yang suka wewangian feminin langsung suka banget dan kasih rave review buat varian Sorai. Otomatis saya langsung cek Instagram @bymakna karena penasaran apa saja sih notes-nya. And guess what, setelah review Nathanie, varian Sorai langsung sold out! Karena makin penasaran, akhirnya saya beli versi Starterpack dulu. Langsung saja kita masuk ke reviewnya ya!

Baca juga: Alien Objects Indonesia, Parfum Niche Lokal

Packaging

makna perfume

Starterpack Makna Perfume berisi tiga varian fragrance berukuran 5ml. Kemasannya berupa botol spray plastik dengan aesthetic monokrom yang super simpel. Sprayernya pun cukup fine, jadi parfum nggak menyemprot ke satu titik saja. Saya nggak bisa berkomentar terlalu banyak sih tentang kemasan dari starterpack ini karena memang nggak ada konsep design khusus juga.

Aroma

Dari deskripsi di Instagram mereka, Sorai memiliki aroma vanilla & sweet, Vibes fresh & sweet, sedangkan Moana fresh & woody. 

Sorai

Top Notes : Blackcurrant, Pear, Middle Notes : Iris, Orange Blossom, Jasmine, Base Notes : Patchoulli, Tonka Bean, Vanilla. 

Mendengar kata Sorai langsung teringat sama lagu Nadin Amizah, nggak? LOL. Okay, meskipun Sorai jadi primadona dari koleksi Makna Perfume, jujur saja dari melihat notes-nya, sudah kebayang betapa manisnya Sorai. Hidung saya cukup sensitif, jadi biasanya menghindari aroma manis, terutama wewangian gourmand dan vanilla. Gimana dengan Sorai? Sejak semprotan pertama saya langsung mencium aroma vanilla dengan sedikit hint fruity. Sesuai sama klaimnya, middle notes dari Sorai memang floral, namun tetap overpowered dengan vanilla yang sangat strong. Dry down-nya pun super manis dan powdery.

Moana

Top Notes : Plum, Grapfruit, Bergamot, Middle Notes : Hazelnut, Cedar, Jasmine, Honey, Base Notes : Patchoulli, Vetiver, Amberwood. 

Moana is like Sorai on steroids. Lebih heavy dan lebih gender-neutral juga aromanya. Sebagai penyuka wewangian yang clean, tentu saja Moana ini terlalu berat buat saya. Dry-down-nya manis dengan sentuhan woody, vetiver hampir nggak tercium sama sekali. Rasanya lebih cocok dipakai di malam hari, ya.

Vibes

Top Notes : Bergamot, Mint, Lemon, Middle Notes : Lavender, Pineapple, Gren, Base Notes : Tonkabean, Sandalwood, Cedar 

Vibes jadi satu-satunya varian Makna yang nggak gourmand. Aromanya green-aquatic yang unisex dan lebih cenderung maskulin. Lumayan mengingatkan sama Davidoff Cool Water, fragrance sejuta pria hahaha. 

Projection & Longevity

Seluruh varian Makna punya projection dan silage yang super strong. Sekali semprot saja wanginya bisa memenuhi seisi ruang tamu rumah saya. Definitely not for the faint-hearted. Klaimnya, bisa bertahan sampai 7-8 jam, dan memang betul sih. Sampai saya sudah mandi pun aroma Sorai masih menempel di kulit.

Baca juga: 3 Parfum Lokal dengan Sentuhan Vanilla yang Wajib Dicoba!

Final Verdict

Makna Perfume bisa kamu coba kalau memang suka aroma yang strong. Sadly, it’s not for me yang lebih suka pakai wewangian ‘barely-there’ atau ‘skin scents’. Untuk harganya pun affordable, yaitu Rp149000 untuk full size 50ml dan Rp79000 untuk Starterpack.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment