banner-detik

bath n body

5 Essential Oil yang Bagus untuk Bahan Skincare

seo-img-article

review trilogy rosehip oil (14)

Selain untuk di-diffuse dan dinikmati aromanya, beberapa essential oil punya manfaat untuk kulit kita lho.

Selain bisa dinikmati aromanya, essential oil juga punya manfaat untuk perawatan kecantikan. Beberapa skincare dan body care yang ada di pasaran juga terkadang menggunakan essential oil. Selain digunakan untuk pewangi alami, juga beberapa ada yang memang memanfaatkan khasiatnya.

Tapi harap dicatat, bahwa penggunaan essential oil untuk kulit itu bukan untuk semua orang ya! Beberapa orang yang kulitnya sensitif, mungkin akan bereaksi negatif terhadap penggunaan essential oil di dalam ingredient skincare. Dan juga, essential oil ini nggak bisa secara sembarangan langsung ditempelkan di kulit. Essential oil harus dicampur dengan carrier oil, agar dapat dioleskan ke kulit. Atau yang paling aman sih, sebenarnya kita bisa pakai produk skincare yang mengandung essential oil, yang dikeluarkan oleh brand yang memang jelas dan terpercaya.

Saya sendiri, jujur sih nggak berani melakukan DIY skincare dengan essential oil ini. Tapi yang biasa saja lakukan adalah mencampurkan sedikit essential oil ke produk body care, seperti body oil atau body lotion tanpa aroma. Tujuannya, supaya body care yang saya gunakan wanginya enak dan menambah manfaat untuk kulit.

Baca juga: Ini 3 Alasan Kamu Harus Berhati-hati dengan DIY Skincare

Namun kalau kamu penasaran, essential oil apa saja sih yang bagus untuk kulit? Dan apa khasiatnya? Saya akan bahas beberapa yang populer digunakan sebagai skincare ya:


essential oil arum (4)

1. Frankincense essential oil

Frankincense essential oil atau minyak kemenyan ini aromanya memang khas dan kuat banget! Saya termasuk yang nggak terlalu bisa menikmati aromanya. Namun dibalik aromanya yang khas, Frankincense essential oil ini populer digunakan sebagai anti aging lho! Frankincense berguna untuk mendorong turnover cells, menyamarkan kerutan dan garis-garis halus. Selain itu, Frankincense juga dipercaya bisa menyamarkan bekas luka dan meratakan warna kulit.

 essential oil arum (3)

2. Lemon essential oil

Kalau lemon oil, sepertinya sudah sangat populer ya digunakan sebagai ingredient skincare? Lemon ini punya kandungan vitamin C dan punya beragam manfaat untuk kulit. Selain sebagai antioksidan, lemon oil juga mampu melawan jerawat, mencerahkan warna kulit, dan menipiskan noda-noda pada kulit wajah. Namun lemon oil dan segala jenis minyak citrus lainnya, akan membuat kulit menjadi photo-sensitive. Jadi sebaiknya sih produk yang menggunakan lemon essential oil, hanya digunakan di malam hari saja. Dan untuk siang harinya, kamu wajib menggunakan sunscreen.

 essential oil arum (1)

3. Lavender essential oil

Lavender essential oil ini adalah essential oil wajib yang selalu saya stock, karena aromanya memang sangat menenangkan dan bikin tidur saya lebih nyenyak. Tapi selain aromanya yang heavenly, lavender essential oil juga dipercaya bisa mengurangi kedalaman wrinkle dan fine lines, lho! Selain itu, lavender essential oil juga dipercaya dapat merawat kulit berjerawat. Salah satu masker jerawat yang saya punya menggunakan lavender essential oil sebagai salah satu ingredient-nya.

 essential oil arum

4. Tea tree essential oil

Kalau ini, wah pasti semua sudah tau bagaimana keampuhannya untuk jerawat. Sudah banyak banget brand skincare yang menggunakan tea tree oil untuk line anti-acne mereka. Salah satu yang paling populer tentu saja The Body Shop Tea Tree Oil. Namun, bukan berarti tea tree esential oil ini bisa dengan aman langsung dioles ke kulit ya. Sebaiknya, pilih saja Tea Tree Oil yang memang diproduksi oleh brand skincare kalau mau dipakai secara topical untuk merawat kulit berjerawat.

 essential oil arum (2)

5. Rose essential oil

Ekstrak mawar memang sudah lama dikenal sebagai ingredient alami dalam skincare. Rose ini punya healing properties dan punya manfaat untuk menenangkan kulit, membantu mengurangi bengkak dan juga kemerahan pada kulit. Selain itu, rose essential oil juga bisa memberikan kelembapan ekstra pada kulit yang kering dan dehidrasi.

 

Nah, itulah jenis-jenis essential oil yang bagus untuk bahan skincare. Namun tetap saja, saya tidak akan menyarankan untuk DIY skincare dengan menggunakan essential oil, karena ada batas-batas presentase penggunaan yang kita nggak tahu. Jadi, jangan kamu campur-campur sendiri. Lebih baik pilih saja skincare dengan kandungan essential oil yang dibutuhkan kulitmu ya!

 

Foto: Dok. Female Daily/Arum

Slow Down

Please wait a moment to post another comment