banner-detik

20s

DIY Essential Oil Roll Sendiri!

seo-img-article

DIY essential oil roll ARUM (9) - Copy - Copy

Essential oil roll adalah salah satu cara praktis untuk bisa pakai essential oil di manapun, kapanpun, tanpa perlu menggunakan diffuser. Selain membeli produk jadi, kita bisa bikin sendiri essential oil roll kita lho!

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan Caspen Produktivity Booster Essential Oil. Ini adalah essential oil blend, yang sudah didilute sehingga bisa digunakan langsung di kulit, dan dikemas dalam botol roller. Essential oil roll ini ini bikin saya bisa pakai essential oil kapan pun dan  di mana pun. Saya bisa pakai saat di mobil, saat mengantre sesuatu, bisa didekatkan ke hidung untuk dihirup saja aromanya.

Baca juga: DIY Linen Spray Dari Essential Oil Untuk Bantu Tidur Nyenyak

Tapi saya nggak terlarik untuk membeli essential oil roll lagi. Karena essential oil yang saya punya cukup banyak, jadi saya memutuskan untuk membuat sendiri saja essential oil roll ini. Dengan membuat sendiri, kita bisa memilih sendiri essential oil apa yang kita sukai, dan juga bisa memilih carrier oil yang cocok. Membuat sendiri juga lebih murah harganya dibandingkan membeli essential oil roll.

Saya sendiri cenderung lebih suka aroma single essential oil, daripada beberapa essential oil yang sudah di-blend. Jadi saya membuat essential oil roll saya dengan satu jenis essential oil saja.  Essential oil roll yang saya buat ini ada dua, yaitu Lavender dan Peppermint. Lavender bikin saya rileks, sementara peppermint bikin saya bersemangat dan lebih fokus. Jadi dua essential oil tersebut memang yang biasanya selalu saya butuhkan. Tapi kamu bisa sesuaikan sendiri sesuai kebutuhanmu. Kamu bahkan bisa bikin essential oil roll ini dengan mix beberapa essential oil favorit kamu.

Sedangkan untuk carrier oil-nya, saya memilih Jojoba Oil karena ringan dan cenderung nggak berbau. Ini penting, agar essential oil roll kita nggak terlalu greasy dan bikin nggak nyaman ketika dipakai. Jojoba oil memang cenderung ringan, cepat meresap ke kulit, dan nggak terasa lengket. Tapi kalaupun tidak mau pakai Jojoba Oil, pakai carrier oil apapun juga bisa kok.

DIY essential oil roll ARUM (9)

Jadi untuk membuat essential oil roll ini, bahan-bahan yang kita butuhkan adalah:

  1. Essential Oil (saya pakai lavender dan peppermint)
  2. Carrier Oil (saya pakai Jojoba oil)
  3. Botol roller dari kaca berwarna gelap ukuran 10 ml
  4. Pipet kecil bila diperlukan

Cara membuatnya:

  1. Isi botol roller dengan 10 tetes essential oil.
  2. Lalu penuhi ruang sisa di botol dengan menggunakan carrier oil.
  3. Tutup botol roller, dan letakkan dikedua telapak tangan lalu lakukan roll di antara kedua telapak tangan beberapa kali, hingga oil di dalamnya tercampur rata. Jangan dikocok, agar tidak merusak molekul essential oil ya.
  4. Essential oil roll siap digunakan!

DIY essential oil roll ARUM (1)

Takaran saya tersebut adalah kira-kira ya. Misalkan ingin aromanya lebih kuat, jumlah perbandingan essential oil-nya bisa diperbanyak. Tapi seandainya kulit terasa panas dan irritasi, berarti takaran essential oil-nya terlalu banyak dan harus dikurangi. Pintar-pintar saja mengatur takarannya sesuai selera, kebutuhan, dan kondisi kulit masing-masing.

Harap diperhatikan untuk tidak meletakkan essentialoil roll ini di tempat yang langsung terkena cahaya matahari, karena cahaya matahari bisa mengubah tekstur dan aroma minyak. Walau sudah menggunakan botol kaca warna gelap, tapi tetap saja sebaiknya simpan di dalam pouch atau laci tertutup ya.

Selamat mencoba!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment