banner-detik

body love

4 Rekomendasi Menstrual Cup Terbaik untuk Newbie

seo-img-article

rekomendasi menstrual cup

Sustainable menstruation adalah sebuah konsep yang perlu diperjuangkan, agar sebagai perempuan, agenda bulanan kita nggak lagi berkontribusi terhadap pencemaran limbah pembalut. Caranya nggak lain adalah dengan mengganti pembalut atau tampon kesayanganmu dengan opsi yang lebih eco-friendly.

Pasti udah nggak asing dengan istilah menstrual cup. Yes, menstrual cup adalah salah satu alternatif pengganti pembalut dan tampon, berbahan silikon medis yang jauh lebih ramah lingkungan karena nggak menyisakan limbah setiap kali pemakaiannya. Supaya mempermudah kalian pas mau beli, saya akan memberikan rekomendasi menstrual cup buat pemula.

If you are new to menstual cup trends, wajar saja kalau kamu masih ragu buat mencobanya. Banyak isu-isu terkait menstrual cup berhubungan dengan kesehatan organ intim wanita yang sebenarnya hanya mitos belaka. Belum lagi, you have no clue tentang gimana cara pakainya, dan yang paling utama, menstrual cup mana sih yang recommended untuk digunakan?

Karena alat ini bakalan digunakan di area kewanitaan, jangan sampai asal beli menstrual cup, ya. Berikut beberapa rekomendasi menstrual cup buat kamu yang berencana untuk beli produk ini untuk pertama kalinya.

1. OrganiCup

Rekomendasi menstrual cup

OrganiCup adalah brand asal Copenhagen, Denmark, yang sudah memproduksi produk menstrual cup-nya sejak tahun 2012. Hingga saat ini, OrganiCup sudah memenangkan sejumlah penghargaan yang bikin kualitasnya nggak diragukan lagi. OrganiCup juga sudah FDA registered, allergy certified dan vegan. 

Kamu juga bisa pilih ukuran menstrual cup agar pas di kamu. Tersedia size mini untuk remaja, Size A untuk yang belum pernah melahirkan secara vaginal, dan Size B bagi yang sudah pernah melahirkan secara vaginal. Untuk harganya, nggak bisa dibilang murah, sih, yakni Rp399.000,- per cup-nya. Namun, menurut saya, harganya sebanding dengan kualitasnya, dan biaya pembalut yang dihabiskan selama dua tahun lebih.

Nggak hanya menstrual cup, OrganiCup juga menyediakan OrganiWipes dan OrganiWash untuk membersihkan menstrual cup-mu. Kamu bisa beli OrganiCup original dan aksesorisnya di Indonesia dari Sustaination.id dan beberapa stockist lainnya yang bisa kamu cek di Instagram, @organicup.id.

Baca juga: 8 Hal Fakta Menstrual Cup yang Nggak Boleh Kamu Lewati

2. Ecotalk.co

Rekomendasi menstrual cup

Beralih ke produk dalam negeri, menscup dari Ecotalk.co ini nggak kalah saing dari produk menstrual cup brand global, dan yang paling ciamik, harganya juga lebih terjangkau, lho! Untuk seharga Rp 175.000,-, kamu udah bisa mendapatkan satu set menstrual cup lengkap dengan canvas pouch untuk menyimpan menstrual cup saat dibawa bepergian. Menstrual cup dari Ecotalk.co juga memiliki tiga varian size, yaitu S, M, dan L. Tinggal kamu sesuaikan dengan ukuranmu dan juga berapa banyak flow selama haid.

3. Gcup

Rekomendasi menstrual cup

Produk satu ini juga dari brand lokal, lho! Menscup dari Gcup ini punya warna yang lucu-lucu, yakni biru dan pink. Harga untuk satu set menscrup beserta pouch dari Gcup ini hanya Rp159.000,- dan bisa dibeli secara online melalui website mereka atau di official marketplace account-nya mereka. 

Gcup tersedia dalam tiga ukuran. Size XS dengan diameter 38 mm dan tinggi 65 mm, kuat menampung 15 ml flow menstruasi kamu. Size S dengan diameter 42 mm dan tinggi 70 mm dan daya tampung 20 ml. Nah, untuk ukuran L, daya tampungnya hingga 25 ml, dengan diameter 47 mm dan tinggi 77 mm.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Sebelum Mencoba Menstrual Cup

4. Rhea Cup

Screenshot (964)

Rhea Cup adalah brand menstrual cup Indonesia pertama yang telah diuji dengan standar FDA. Selain warna pink-nya yang super cute, packaging dari Rhea Cup ini juga beda banget dari produk-produk menscup lainnya yang dikemas dalam box biasa. Packagingnya berbentuk tabung yang terbuat dari kertas dengan desain unik yang bisa kamu reuse jadi tempat penyimpanan pulpen atau makeup brush.

Untuk mendapatkan satu set Rhea Cup, include pouch bag plus pop socket lucu untuk hp mu, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp250.000,-. Rhea Cup ini bisa dibeli melalui website resmi mereka, atau di official account Rheaofficial.id di market place. Namun, Rhea Cup hanya tersedia dalam dua ukuran, yakni S dengan kapasitas 15 ml, dan L dengan kapasitas 20 ml.

Gimana? Sudah mantap ingin coba menggunakan menstrual cup? Nggak perlu ragu lagi, beberapa rekomendasi menstrual cup diatas bakalan bikin datang bulan lebih nyaman dan zero waste! Masih bingung cara pakainya? Simak video berikut!

Foto: Instagram @organicup.id, @ecotalk.co, @g_menstrual_cup, @rheaoffocial.id.

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment