skin care

Apa Saja Manfaat Castor Oil Bagi Kecantikan?

seo-img-article

Closeup of bunch of castor bean fruits

Kamu pasti sering mendengar tentang castor oil kan? Minyak ini sering banget jadi salah satu ingredient dalam produk skincare. Banyak juga yang menjual castor oil murni dalam bentuk botolan. Apa sebenarnya fungsi castor oil?

Ternyata, castor oil atau minyak jarak punya banyak sekali kegunaan lho! Selain terkenal sebagai laxative alami, yang jika diminum akan membantu mengatasi konstipasi, castor oil juga sangat baik bagi kesehatan kulit karena kaya dengan ricinoleic acid. Yuk, simak lebih detil manfaat castor oil bagi kecantikan!

MANFAAT CASTOR OIL BAGI KECANTIKAN 2

Baca juga: Apa Sih Manfaat Eucalyptus Bagi Kesehatan?

1. Melembapkan kulit

Ricinoleic acid adalah jenis fatty acid yang sangat bagus buat melembapkan kulit dan mencegah water loss pada bagian lapisan luar kulit. Makanya, castor oil sering banget dimasukkan ke dalam produk skincare seperti moisturizer, lotion, dan cleanser. Kalau kulitmu sangat kering, kamu bisa juga mengaplikasikan castor oil murni sebagai alternatif moisturizer. Castor oil juga aman dipakai di wajah atau di tubuh.

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Kecantikan!

2. Meredakan bekas luka

Castor oil bisa membantu mengurangi bekas luka karena mampu melindungi kesehatan skin barrier, mengurangi risiko infeksi, dan merawat area kulit yang luka yang biasanya jadi lebih kering.

Baca juga: 5 Skincare dengan Kandungan Wortel untuk Bikin Kulit Awet Muda

3. Sebagai anti-inflamasi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gel yang mengandung castor oil bisa mengurangi rasa sakit dan inflamasi lebih baik dibandingkan yang tidak. Karena kemampuannya itulah, minyak ini bisa mengatasi arthritis dan psoriasis.

Baca juga: 7 Manfaat Kurma, untuk Kulit Sampai untuk Diet!

4. Membantu mengurangi jerawat

Nah, karena berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-bakteri, makanya castor oil juga bisa membantu mengatasi jerawat. Tapi karena teksturnya terlalu thick, kalau kamu punya kulit yang berminyak sebaiknya nggak dipakai terlalu banyak atau terlalu sering ya.

5. Menyuburkan rambut

Castor oil bisa membantu menguatkan akar rambut, melembutkan dan menghidrasi ujung-ujung rambut yang kering, sehingga rambut akan tampil lebih subur, halus, berkilau, dan nggak gampang bercabang.

6. Membantu menumbuhkan bulu mata

Serum bulu mata banyak yang menggunakan castor oil sebagai bahan mereka. Kamu juga bisa menyikatkan castor oil murni pada bulu mata yang sudah dibersihkan setiap sebelum tidur untuk membantu pertumbuhan dan menyehatkan bulu mata.

 

Itulah sederet khasiat castor oil dalam menjaga kecantikan kulit. Apakah kamu sudah pernah menggunakan castor oil murni atau produk dengan kandungan castor oil? Kalau belum, kamu bisa membeli Organic Supply Co Certified Castor Oil, Embun Cleansing Oil, atau Nutrilash Eyelash Serum. Selamat mencoba!

ORGANIC SUPPLY CO CASTOR OIL - MANFAAT CASTOR OIL

 

EMBUN CLEANSING OIL - MANFAAT CASTOR OIL

 

NUTRILASH EYELASH & EYEBROW SERUM -MANFAAT CASTOR OIL

Foto: Freepik.com, Organic Supply Co, Embun, Nutrilash.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment