banner-detik

body love

Belajar Soal Kesehatan Reproduksi & Edukasi Seksual Lewat Platform Digital Ini!

seo-img-article

vagina

Siapa yang ngerasa awkward atau malah tertawa geli saat belajar tentang organ reproduksi di sekolah dulu? Boleh dikata, sekolah tuh pelit banget dalam memberikan pelajaran tentang organ reproduksi, kesehatannya dan edukasi seksual. Maklum jika pembahasan tentang reproduksi masih sering dianggap sebagai candaan belaka.

Dampaknya, masih banyak kalangan remaja, dewasa muda, hingga yang sudah matang sekalipun, have no clue at all tentang organ ataupun kesehatan reproduksinya sendiri, mudah termakan mitos-mitos dan stigma terkait sexuality, dan akhirnya berdampak pada kesehatan reproduksi (kespro). 

Sebuah Report yang dihimpun oleh UNICEF mengungkapkan beberapa masalah berkaitan dengan minimnya edukasi seksual (sex ed) di kawasan Asia, seperti tingginya angka kekerasan seksual dan terbatasnya pengetahuan soal Penyakit Menular Seksual (PMS). Indonesia pun nggak luput di-mention dalam report tersebut.

Baca juga: Langkah-Langkah Merawat Kebersihan dan Kesehatan Area Kewanitaan

Pentingnya pengetahuan soal kespro bukan cuma buat yang sudah menikah, lho. Tiap-tiap dari kita, terutama sebagai perempuan, wajib banget untuk memahami tubuh kita sendiri. Sayangnya, banyak banget tantangan dalam menyukseskan sex ed di Indonesia. Mulai dari faktor motivasi, lingkungan yang aman dan suportif, kurikulum, sampai norma sosial dan agama yang mengungkung, yang bikin kita merasa nggak nyaman tiap ngomongin soal seksualitas. Bahkan masih banyak masyarakat di Indonesia yang menganggap sex ed sebagai sesuatu yang dapat menjerumuskan remaja pada aktivitsa seks bebas. Oh, no!

Namun, di era digital seperti saat ini, pendidikan nggak cuma bisa diperoleh lewat sekolah, kok. Edukasi seksual bisa didapat lewat platform-platform digital. Bahkan, beberapa platform dibawah ini menyediakan konten-konten pendidikan seks dan kespro yang dikemas dengan ringan, mudah dipahami dan punya visual yang menarik sehingga nggak bikin awkward.

Unala

edukasi seksual

Unala merupakan platform yang memungkinkan remaja buat mengakses informasi dan layanan kesehatan reproduksi, termasuk konsultasi dengan dokter dan bidan yang profesional dibidangnya masing-masing. Platform ini dapat diakses lewat aplikasi yang sementara hanya bisa diunduh di Google Play Store. Unala dikembangkan oleh United Nations Population Fund (UNFPA) bekerjasama dengan Yayasan Siklus Sehat Indonesia (YSSI).

Nggak cuma tempat berkonsultasi. Di Unala, banyak banget artikel-artikel informatif soal kespro yang sangat dibutuhkan oleh remaja. Misalnya saja, berkaitan dengan menstruasi. 

Baca juga: Pentingnya Edukasi Menstruasi Sejak Awal?

Tabu.id

edukasi seksual

Ternyata belajar kespro juga bisa dilakukan lewat Instagram, lho. Tabu.id adalah salah satu akun yang membahas seluk beluk kesehatan reproduksi baik dari sisi perempuan maupun laki-laki. Mereka punya visi untuk mencapai masyarakat Indonesia yang terbuka dan terdidik tentang kesehatan seksual dan reproduksi (KSR).

Sejak diinisiasi pada Februari 2018, hingga kini, Tabu.id selalu aktif menyalurkan konten-konten seperti kehamilan remaja, kontrasepsi, kebersihan dan kesehatan organ intim, citra tubuh, hingga cara memilih bra yang tepat. It’s really informative isn’t it?

Amaze

edukasi seksual

Belajar tentang kespro ternyata juga bisa dibikin seru dan nggak awkward. Lewat Amaze, sebuah platform digital yang menyediakan konten edukasi seputar kespro, yang dikemas semenarik mungkin dengan penggunaan video animasi yang uber cute

Amaze merupakan platform pendidikan kespro yang berbasis di Washington DC. Misi mereka adalah agar dunia lebih mengakui perkembangan seksual anak dan remaja sebagai sesuatu yang alami dan sehat, di mana orang dewasa pun dapat berkomunikasi secara terbuka dan jujur dengan remaja tentang fenomena pubertas, reproduksi, relationship, seks dan seksualitas. Sehingga, anak muda dapat memiliki akses pada informasi dan dukungan yang mereka butuhkan untuk berkembang menjadi orang dewasa yang sehat secara seksual.

Selain memang ditujukan untuk remaja dan dewasa muda, konten-konten yang ada di Amaze juga dirancang untuk edukator seperti guru dan orang tua yang berinisiatif memberikan pendidikan kespro pada anak dengan cara yang lebih fun dan efektif.

Baca juga: 5 Kesalahan Memakai Celana Dalam yang Perlu Kamu Ketahui

Pussypedia

edukasi seksual

Hayo ngaku. Siapa yang masih belum paham betul tentang bagian-bagian di area kewanitaan, cara merawat dan membersihkan area kewanitaan, serta do’s and dont’s yang perlu dikatahui dalam menjaga kesehatan area kewanitaan? Memang, pengetahuan terkait area kewanitaan tersebut agak sulit didapat. Mau nanya ke orang lain juga rasanya nggak nyaman.

Worry no more! Kamu bisa temuin semua jawaban atas pertanyaan-pertanyaanmu terkait area kewanitaan di ensiklopedia khusus area kewanitaan ini! Namanya Pussypedia. Disini banyak banget artikel yang bakalan mematahkan semua mitos-mitos terkait area kewanitaan. Ada juga model interaktif 3D alat reproduksi wanita yang bisa bantu kamu lebih paham akan salah satu bagian terpenting dalam tubuhmu ini.

Nah, lewat platform-platorm digital ini, nggak perlu lagi malu-malu buat belajar tentang kespro. Kamu bisa belajar sendiri untuk mengenali tubuhmu lebih dalam lewat internet. Harapannya, dengan adanya platform-platform yang menyediakan saran pembelajaran edukasi seksual secara digital seperti di atas, nggak ada lagi yang bingung terkait dimana harus cari informasi soal kesehatan reproduksi, dan sex ed nggak lagi dianggap sebagai hal tabu yang enggan untuk dibahas.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment