banner-detik

bath n body

5 Tips Mencerahkan Lutut yang Nggak Berbahaya

seo-img-article

mencerahkan lutut

Lutut gelap bisa bikin kurang percaya diri. No worries, ini cara aman mencerahkannya!

Just like any other beauty standard, konsep lutut yang ‘cantik’ nggak boleh gelap adalah side effect dari media yang kita konsumsi sejak dulu. Model dan selebriti yang kita lihat di TV, majalah, dan film, tampil dengan lutut yang cerah dan mulus, yang membuat kita merasa aneh saat berkaca di cermin lalu melihat banyak kekurangan di lutut kita. Merasa warnanya gelap, banyak lipatan, and so on, and so forth. Padahal nggak jarang fotonya sudah melalui tahap editing atau sebelum shooting sudah pakai body makeup, meskipun ada juga yang memang beneran mulus thanks to genetics. Either way, ini bikin kita jadi mencoba berbagai cara untuk mencerahkan lutut.

Apa sih penyebab lutut gelap? Tentunya genetik punya peran dalam produksi melanin setiap orang. Tapi di luar itu, ada juga beberapa kebiasaan yang jadi penyebabnya, seperti sering ada gesekan (terutama saat olahraga), kulit di area lutut kering, penumpukan sel kulit mati, dan jarang pakai sunscreen saat pakai outfit di atas lutut.

Bikin lutut lebih cerah bukan suatu keharusan, tapi nggak ada yang salah sih selama itu memang kemauan sendiri dan bikin kita jadi lebih percaya diri. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah cara dan produk yang dipakai. Say bye-bye to lemon juice dan krim abal-abal yang bahaya buat kesehatan. Ini lima tips mencerahkan lutut yang aman.

Baca juga: 3 Cara Pakai Body Scrub

Physical exfoliation

NATURALS BY WATSONS ARGAN BODY SCRUB

Buat yang sering olahraga dan banyak bertumpu pada lutut, biasanya kulit area lutut akan menggelap akibat gesekan serta penumpukan sel kulit mati. Kamu bisa lakukan eksfoliasi rutin dengan body scrub seminggu sekali sampai dua kali. Don’t overdo it! Gosok scrub dengan lembut dan biarkan beads-nya yang bekerja dengan tekanan ringan. Nggak perlu buru-buru mau langsung cerah karena kalau menekan terlalu keras, takutnya lutut malah jadi luka. So, do it gently.

Untuk alternatif yang lebih hemat, kamu juga bisa pakai body wash favorit dan shower puff, ya!

Chemical exfoliation

avoskin retinol toner

Punya exfoliating toner nganggur karena nggak cocok di kulit wajah? Pakai untuk eksfoliasi lutut saja. Kandungan AHA seperti glycolic acid dan lactic acid bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan sel kulit baru yang lebih cerah akan muncul. Seperti untuk wajah, kamu bisa tuangkan ke kapas atau langsung di-pat-pat saja perlahan pakai tangan. Biasanya sebelum tidur, saya aplikasikan Avoskin Miraculous Retinol Toner ke lutut dan siku juga. Kuncinya masih sama: sabar.

Jangan skip pelembap!

REVIEW THE BATH BOX FRESH BODY LOTION 4

Kulit adalah organ terbesar dari tubuh kita dan sama halnya dengan kulit wajah, kulit tubuh juga butuh diberikan hidrasi ekstra. Pakai pelembap setiap habis mandi saat kulit masih sedikit basah supaya kelembapannya lebih terkunci. Bisa pilih body oil, body butter, maupun lotion. Sekarang sudah banyak produk pelembap tubuh yang sudah diperkaya kandungan mencerahkan yang aman, seperti Niacinamide dan licorice extract. Pilih dari brand over the counter yang sudah terpercaya juga ya.

Pakai serum? Boleh dicoba!

roceo body serum

Kandungan brightening dalam serum biasanya lebih concentrated dan potent dibandingkan yang sudah dalam campuran moisturizer. Kamu bisa juga lho pakai serum dengan niacinamide atau glutathione di area lutut. Sekarang juga sudah ada body serum yang diformulasikan dengan kandungan-kandungan ini, yaitu Roceo Active White Brightening & Moisturizing Body Serum yang bisa kamu beli di Beauty Studio by Female Daily, atau Whitelab Body & Face Serum.

Sunscreen

PERAWATAN KAKI 2

Pakai sunscreen di area kaki nggak hanya dilakukan saat mau berjemur atau berenang lho. Kalau sehari-hari kamu suka pakai rok atau celana pendek, jangan skip sunscreen ya. Memang sih body sunscreen biasanya terasa lengket atau berat. Don’t be discouraged, kamu bisa juga pakai sunscreen wajah andalan kalau dirasa lebih nyaman.

Baca juga: Whitelab Body & Face Serum, Skincare untuk Kulit Kusam yang Cocok Untuk Remaja!

Itu dia lima tips mencerahkan lutut yang nggak berbahaya dan bisa kamu coba di rumah. Lutut mulus bukan suatu keharusan. Jangan tergiur krim abal-abal yang menjanjikan kulit putih instan ya. Trust me, the negative side effects won’t be worth it!

 

Foto: Freepik.com, Dok. Female Daily.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment