banner-detik

suncreens

Yuk, Kenali Jenis Sunscreen Berdasarkan Teksturnya!

seo-img-article

SUNSCREEN BAGUS DAN MURAH - 2

Mengetahui jenis sunscreen berdasarkan teksturnya akan membantumu menemukan produk yang sesuai dengan jenis kulit.

Sunscreen merupakan salah satu hal penting dalam rangkaian skincare. Biasanya sunscreen digunakan sebagai tahapan akhir dalam skincare untuk melindungi kulit dari paparan matahari. Manfaat sunscreen sangatlah banyak. Selain mencegah kulit gosong dan terbakar, sunscreen juga bisa mencegah tanda penuaan dini seperti kulit kusam, kulit kering dan noda-noda gelap.

Baca juga: Perlukah Pakai Sunscreen Setelah Pakai Pelembap dengan SPF?

Kalau dilihat berdasarkan cara kerjanya, sunscreen dibedakan menjadi dua. Chemical sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UVA UVB dan physical sunscreen bekerja dengan memantulkan sinar UVA UVB. Tak hanya itu saja, sunscreen juga bisa dilihat berdasarkan teksturnya. Ada banyak banget lho jenis suncreen, mulai dari yang krim, spray, sampai stick. Simak, yuk!

1. Sunscreen spray

PERLUKAH PAKAI SUNSCREEN SETELAH PELEMBAP BER-SPF 2

Memiliki tekstur yang cair. Suncreen ini lebih higienis dan meminimalkan iritasi pada kulit, karena kamu tidak perlu menggunakan jari lagi dalam mengaplikasikannya. Sunscreen spray merupakan salah satu jenis sunscreen yang bisa menjadi pilihan untuk kulit sensitif. Cara penggunaannya pun mudah, tinggal semprotkan pada bagian kulit yang ingin digunakan dan selesai deh. Sunscreen bentuk spray juga merupakan produk yang ideal buat re-apply sunscreen, karena praktis dan kamu bisa pakai di atas makeup.

Baca juga: Alasan Cowok Perlu Pakai Sunscreen!

2. Sunscreen gel

WARDAH SUN CARE SUNSCREEN GEL SPF 30 PA+++

Kamu pemiliki kulit kombinasi atau berminyak? Ada baiknya kamu menggunakan sunscreen dengan tekstur gel. Karena formulanya yang ringan dan tidak lengket di kulit. Berbahan dasar air, atau water-based, membuat sunscreen ini cepat meresap ke dalam kulit.

3. Sunscreen lotion

sunscreen lotion

Tekstur dari sunscreen lotion ini tidak jauh berbeda dengan body lotion pada umumnya. Memiliki tekstur perpaduan antara krim dan cair, sunscreen jenis ini cocok untuk semua jenis kulit. Saat diaplikasikan sunscreen ini masih terasa ringan dan nyaman.

Baca juga: Rekomendasi 7 Sunscreen Murah & Bagus

4. Sunscreen cream

FIRST LAB SUNSCREEN 1

Sunscreen cream memiliki kandungan pelembap yang sangat tinggi. Terkadang kandungan pelembapnya berupa minyak. Teksturnya yang kental membuat sunscreen jenis ini bisa melembapkan dan melindungi kulit untuk waktu yang lebih lama. Sunscreen cream sangat cocok untuk kamu pemilik kulit kering atau sangat kering.

5. Sunscreen stick

rekomendasi sunscreen korea-2

Sunscreen yang satu ini sangat praktis untuk dibawa berpergian, karena bentuknya yang kecil, bahkan muat di kantong. Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah, cukup dioles kan saja pada permukaan kulit. Sunscreen stick ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit normal karena tidak akan membuat kulitmu kering dan berminyak.

6. Sunscreen powder

sunscreen powder

Mungkin kamu masih asing dengan jenis sunscreen yang satu ini. Padahal powder sunscreen sudah ada sejak lama, lho! Memiliki kandungan yang sama seperti sunscreen pada umumnya, yaitu titanium oxide dan zinc oxide, hanya saja bentuknya halus seperti bedak. Powder sunscreen lebih cocok digunakan ketika kamu ingin touch-up atau re-apply sunscreen.

Itulah jenis-jenis sunscreen berdasarkan teksturnya. Nah, kalau kamu biasanya menggunakan sunscreen dengan tekstur seperti apa?

Foto: Instagram/dermae, Instagram/coppertoneca, L’Oreal, Wardah, dok. Female Daily.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment