Tutorial Makeup Ko Mun Yeong di It’s Okay to Not Be Okay

Tutorial Ko Mun Yeong di It’s Okay to Not Be Okay

It’s Okay to Not Be Okay langsung menjadi seri K-drama favorit saya! Jalur cerita yang unik, akting pemeran yang keren-keren, baju yang lucu-lucu dan tentunya makeup Ko Mun Yeong yang super gemas!

Im addicted to this series! Suka banget sama ceritanya karena banyak banget hal yang bisa dipelajari, khususnya gimana mempersiapkan diri menjadi ibu, gimana caranya handle people with trauma atau autism. Walaupun seri ini belum selesai, tapi saya bisa kasih nilai 100! Soalnya alur ceritanya nggak bertele-tele dan akting para pemain semuanya on point! Makanya nggak heran kalau It’s Okay to Not Be Okay, punya banyak penggemar sekarang.

Nah, biasanya nih kalau kita nonton drama Korea, nggak banyak makeup look yang bisa dicontoh. Karena biasanya para pemerannya tampil dengan makeup dewy look, ombre lips atau natural glowing skin saja. Cuma, kalau di seri ini ada look yang bisa banget dicontoh, yaitu makeup-nya Ko Mun Yeong.

Baca juga : 17 Penampilan Ko Mun Yeong di Drama It’s Okay to Not Be Okay

Tutorial Ko Mun Yeong di It’s Okay to Not Be Okay-2

Sejak awal nonton seri ini 3 minggu yang lalu, saya langsung kepincut banget dengan signature look-nya Ko Mun Yeong. Makeup-nya super simpel dan fokusnya lebih ke mata. Nah, setelah trial and error, akhirnya saya bisa share step-by-step look inspired by her. Kalau kalian penasaran, yuk, langsung simak pictorial-nya.

 Tutorial Makeup Ko Mun Yeong di It’s Okay to Not Be Okay-4

Step 1 – Alis

Untuk alis bentuknya tetap ciri khas alis Korea yang lurus dan nggak ada arch. Kemudian alis pun digambar senatural mungkin. Di sini saya menggunakan Somethinc Brow Wiz, pensil alis ini memiliki formula yang sangat light dan nggak terlalu creamy, sehingga ketika dipakai akan terlihat sangat natural banget. Lalu untuk brow mascara, saya menggunakan dari Holika-Holika Wonder Drawing Brow Mascara no.01, untuk kembali mempertegas bulu alis. Kuncinya untuk gambar alis natural seperti Ko Mun Yeong adalah nggak terlalu menekan pensil alis, lalu menarik garis sesuai atau mengikuti arah tumbuh alis kita.

Tutorial Makeup Ko Mun Yeong di It’s Okay to Not Be Okay-3

Step 2 – Eyeshadow

Untuk warna eyeshadow, pilih warna cokelat muda yang 2-3 tingkat lebih gelap dari warna kulit kita. Pokoknya jangan pakai eyeshadow cokelat yang terlalu tua, karena makeup matanya masih terlihat natural. Kalau nggak punya eyeshadow warna seperti ini, kalian bisa menggunakan bronzer atau contouring powder. Kalau saya sendiri akan menggunakan eyeshadow dari ESQA Cosmetic Eyeshadow Palette Bronze Goddess. Aplikasikan eyeshadow ini dengan menggunakan blending brush, supaya warna yang dihasilkan tetap soft dan nggak colour blocking.

Tutorial Makeup Ko Mun Yeong di It’s Okay to Not Be Okay-2

Step 3Glitter!

Yang menarik perhatian saya adalah glitter matanya. Glitter eye makeup look sebenarnya sudah biasa dan populer lama banget sih. Cuma yang bikin menarik adalah penempatan dan cara aplikasinya. Kalau dilihat, glitter pada kelopak mata atas hanya diaplikasikan pada bagian eyeliner line saja dan diaplikasikan tipis-tipis. Sedangkan untuk bagian bawah mata, pengaplikasian glitter lebih tebal dan tegas. Untuk produk yang saya pakai kali ini adalah STILA Glitter & Glow Liquid Eye Shadow Bronzed Bell. Untuk kelopak mata atas saya aplikasikan dengan menggunakan kuas terlebih dahulu supaya dapat efek glitter yang terpisah-pisah. Lalu dengan kuas yang lebih kecil, baru saya aplikasikan lagi dekat garis mata atas dan bawah.

Tutorial Makeup Ko Mun Yeong di It’s Okay to Not Be Okay-5

Step 3 – Liner

Eyeliner pada makeup ini bentuknya sangat tipis dengan mini winged liner. Garis liner diaplikasikan benar-benar hanya pada area akar bulu mata saja. Lalu winged liner-nya pun bukan yang on flick, karena fungsinya untuk memberikan ilusi mata yang lebih lebar dan terbuka. Untuk eyeliner, saya menggunakan BLP Eye Definer, namun pengaplikasiannya dengan eyeliner brush, untuk mendapatkan garis yang presisi.

Tutorial Makeup Ko Mun Yeong di It’s Okay to Not Be Okay

Step 4 – Lash

Sebenarnya dari step yang lainnya, yang paling bikin pusing adalah bulu matanya. Saking naturalnya, saya nggak tahu apakah Seo Ye Ji, pemeran Ko Mun Yeong menggunakan bulu mata palsu atau hanya menggunakan mascara. Namun setelah diperhatikan lagi, sepertinya memang menggunakan mascara dan bulu mata palsu. Untuk mendapatkan efek bulu mata yang satu-satu, pertama aplikasikan mascara seperti biasa, lalu gunakan tweezer untuk menyatukan bulu mata agar mendapatkan efek spike/single lash. Lalu untuk menambahkan volume dan length bulu mata, bisa menambahkan bulu mata palsu single dan diaplikasikan satu-satu.

Detail eye look:

Tutorial Makeup Ko Mun Yeong di It’s Okay to Not Be Okay-9

 

Face and lips

Untuk bagian wajah kuncinya adalah dewy soft makeup, jadi bisa menggunakan foundation atau base makeup apapun yang memiliki hasil akhir glowing. Untuk blush pilih warna cokelat-orange yang soft. Sedangkan untuk lipstick, Ko Mun Yeong lebih identik dengan lipstick warna nude, jadi di sini saya menggunakan Reka Cosmetics Instant Rush Liquid Lipstick.

Tutorial Makeup Ko Mun Yeong di It’s Okay to Not Be Okay-7

Mudahkan untuk membuatnya? Sebenarnya kalian butuh kesabaran ekstra untuk part bulu mata saja kok, hehe. Selamat mencoba!