banner-detik

beauty school

Cara Gampang Atasi Kacamata Berembun Pas Pakai Masker

seo-img-article

Businesswoman in a black mask sitting inside a car

Ini beberapa cara atasi kacamata berembun setiap kali pakai masker!

Sebagai pengguna kacamata minus yang mulai malas pakai softlens, sepertinya cuma satu hal yang membuat saya suka sebal setiap kali menggunakan masker, yaitu kacamata berembun. Hal yang membuat ini sering terjadi setiap kali saya pakai masker adalah, udara hangat yang berasal dari dalam masker keluar melalui lubang yang tercipta antara hidung dan pipi. Sedangkan udara di sekitar kacamata kita jauh lebih dingin, akhirnya tercipta deh embun yang mengganggu saat kita pakai kacamata.

Awalnya saya berusaha untuk tidak peduli dengan kacamata berembun ini, tapi lama-lama terasa mengganggu juga sih. Apalagi kalau sedang menyetir, atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi mata yang optimal. Akhirnya, saya melakukan 2 cara ini untuk mengatasi kacamata berembun pas pakai masker.

1. Jepit masker

kacamata berembun

Trik paling gampang adalah, pastikan kamu tidak menciptakan lubang terlalu besar yang membuat udara panas dari dalam masker naik ke atas dengan cara menarik masker ke atas. Kalau saya sendiri biasanya menarik masker sampai setengah hidung, atau sampai area di mana masker tersebut bisa saya jepit menggunakan nose pad dari kacamata untuk menghalangi udara naik ke atas.  Atau, kalau mau lebih mudah, pastikan kamu menggunakan masker yang sudah ada metal nose adjustor nya, sehingga bisa dibentuk sesuai dengan tulang hidung kalian untuk membantu meminimalisir aliran udara hangat naik ke atas.

2. Cuci pakai sabun

kacamata berembun karena masker
Sama seperti wajib mencuci tangan selama kurang lebih dua menit menggunakan sabun, kacamata juga bisa sekalian kita bersihkan untuk menghindari embun yang menggangu. Caranya juga gampang banget kok, cuma perlu basahi kaca kacamata kalian, aplikasikan sabun menggunakan tangan, lalu bilas menggunakan air hangat dan diamkan mengering sendiri. Hal ini sudah saya coba beberapa kali dan ternyata berhasil sih menahan embun “menghiasi” kacamata saya!
Ada yang merasakan masalah serupa dan punya trik lain untuk mengatasinya? Share di kolom komentar ya!
Foto: Dok. Freepik, Dok. User18526052 for Freepik, Dok. Prostooleh for Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment