ic-fd

Makeup untuk Aging Skin, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

burts bees
author

TirzaTiffani・16 Jul 2020

detail-thumb

TIPS MAKEUP UNTUK AGING SKIN 6

Perbedaan jenis kulit tentu membutuhkan teknik makeup yang berbeda pula. Begitu pula dengan aging skin atau mature skin.

 

Kulit yang dimiliki oleh orang berusia 30 tahun ke atas, yang produksi kolagennya sudah jauh menurun dan tanda-tanda penuaan sudah terlihat jelas, membutuhkan teknik pengaplikasian makeup yang berbeda dari kulit remaja ataupun 20-an. Nah, kali ini saya akan membahas apa saja sih yang perlu diperhatikan saat mengaplikasikan makeup untuk aging skin. Simak, yuk!

1. Pilih primer dengan radiant finish

TIPS MAKEUP UNTUK AGING SKIN 2

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, aging skin memiliki beberapa karakteristik, di antaranya kulit yang tidak lagi kenyal dan mulus, malah cenderung kering. Maka, memilih primer dengan radiant finish adalah step penting dalam memulaskan makeup untuk aging skin. Primer favorit saya adalah PIXY Make It Glow Primer, karena selain memberikan radiant finish, primer ini juga membuat kulit tampak lebih mulus, providing a smooth canvas for the next makeup step.

Baca juga: 5 Inspirasi Tampilan Eyeshadow Warna Lilac yang Bisa Kamu Coba!

2. Hydration is key!

TIPS MAKEUP UNTUK AGING SKIN 4

Pada kulit yang sudah mengalami tanda-tanda penuaan, biasanya kulit akan jadi lebih tipis, banyak kerutan, tidak kenyal, dan kering. Maka, produk makeup dengan kemampuan hydrating yang bagus cocok banget untuk aging skin. Pilih base makeup seperti foundation dan concealer yang teksturnya cair, ringan, finishnya dewy dan natural. Hindari produk yang terlalu kental karna akan susah dibaurkan dan bisa memperjelas bentuk garis-garis halus di wajah. Beberapa produk dengan dewy finish favorit saya adalah The Body Shop Fresh Nude Foundation, dan The Saem Tip Liquid Concealer.

Baca juga: 3 Rumus Penting Buat Bikin Kulit Glowing!

3. Hindari menggunakan produk terlalu banyak

Woman applying lipstick

Mengaplikasikan makeup untuk aging skin lebih baik menggunakan teknik layering. Jadi, apply dulu sedikit ke wajah, lalu dibaurkan, jika coverage-nya kurang, baru tambah lagi sedikit demi sedikit. Hindari menggunakan terlalu banyak produk terutama di area-area yang memiliki banyak kerutan, seperti dahi, sekitar mulut, dan area bawah mata. Untuk meng-cover aging spot, juga bisa menggunakan teknik spot conceal untuk menghindari penggunaan produk terlalu banyak.

Baca juga: 5 Moisturizer di Bawah 300 Ribu untuk Kulit Sangat Kering

4. Too much powder is a big NO

TIPS MAKEUP UNTUK AGING SKIN 5 - 300

Untuk nge-set makeup pada aging skin, hindari menggunakan powder terlalu banyak. Kalau memang ingin menggunakan powder, pilih yang finish-nya luminous dan pakai sedikit saja di area-area yang membutuhkan, tidak perlu di-apply ke seluruh wajah. Tapi daripada powder, saya lebih suka menggunakan setting spray saja, yang tidak membuat kulit terlalu matte dan terasa ketarik seperti Luxcrime Setting Spray. Untuk produk lain seperti blush, contour, dan highlighter juga bisa menggunakan yang jenis cream atau liquid.

Baca juga: 5 Skincare Wortel Buat Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda

5. Choose rosy color

TIPS MAKEUP UNTUK AGING SKIN 7

Penggunaan blush dan lipstick dengan warna yang merona bisa membuat wajah jadi terlihat lebih segar dan youthful. Jadi, jika tujuannya adalah ingin membuat wajah terlihat lebih muda, hindari gunakan warna-warna yang terlalu gelap.

 

Itulah beberapa tips makeup untuk aging skin. Yang mana nih yang sudah pernah kamu coba? Share jawabanmu di kolom komentar ya!

 

Foto: Freepik.com, NARS.