Benarkan Menstrual Heat Pad Bisa Hilangkan Nyeri Haid?

Sustainable Menstruation

Nah, kalau sudah merasa nggak tahan dengan sakitnya, saya biasanya mau nggak mau mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti asam mefenamat, atau ibuprofen. Salah seorang teman sempat menegur saya karena kebiasaan ini. Keseringan minum obat pereda nyeri tanpa pengawasan dokter pastinya nggak baik untuk kesehatan. 

Dalam rangka mengurangi konsumsi obat-obatan, saya inisiatif buat nyobain heat pad khusus untuk meredakan nyeri menstruasi. Sebenarnya ini bukan produk baru, sih. Tapi, jujur ini pengalaman pertama saya menggunakan heat pad. Biasanya, kalau nggak minum obat pereda nyeri, saya menggunakan koyo panas. Padahal, seringnya saya nggak ngerasa efek panas dari koyo membantu meredakan nyeri perut, malahan bikin perih kulit yang ditempeli koyo.

Saya nyobain heat pad dari brand iFree. Mau tau, apakah heat pad ini beneran efektif mengurangi rasa nyeri haid? Simak pengalaman saya dibawah ini, ya!

Baca juga: Pentingnya Edukasi Menstruasi Sejak Awal?

iFree Menstrual Heat Pad

Ifree Menstural Heat Pad 2

Ada banyak produk heat pad dari brand lainnya, tapi yang paling mudah dijumpai adalah heat pad dari brand iFree ini. Produk ini bisa dibeli di apotek atau super market terdekat. Harganya pun paling terjangkau diantara produk heat pad lainnya yang saya lihat di market place. Harga satu kotak iFree heat pad ini kisaran Rp20.000-an saja. Dalam satu box, kamu bakal mendapatkan dua sachet heat pad.

Tiap-tiap heat pad bersifat disposable atau hanya dapat digunakan sekali pakai. Menurut klaimnya sih, heat pad ini dapat memberikan rasa hangat yang bertahan hingga 8 jam. Ukuran pad-nya cukup besar, kira-kira hampir sebesar telapak tangan. Sudah dilengkapi dengan lem perekat yang daya rekatnya cukup kuat, jadi nggak usah khawatir heat pad-nya bakal copot saat lagi beraktivitas.

My Experience

Ifree Menstural Heat Pad 3

Awalnya saya skeptis heat pad ini bakalan bisa meringankan rasa nyeri saat menstruasi yang nggak tertahankan. Namun, demi upaya mengurangi obat-obatan, saya rasa nggak ada salahnya sih mencoba.

Berhubung ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan heat pad, penting banget buat baca instruksi pemakaian yang tertera di belakang kotak biar nggak salah-salah. Awalnya, saya pikir pad ini bisa ditempelkan langsung di area sekitar perut. Ternyata, nggak seperti koyo, heat pad sebaiknya nggak langsung ditempelkan ke kulit! Wah, untung banget saya baca petunjuknya dulu.

Tingkat kehangatannya bisa disesuaikan dengan keinginan. Buat yang nggak terlalu suka, atau nggak kuat panas, tempelkan heat pad di bagian dalam baju. Untuk tingkat kehangatan medium, heat pad bisa ditempelkan di bagian luar celana dalam. Sementara untuk sensasi hangat yang lebih “nendang”, heat pad bisa ditempelkan di sisi bagian dalam celana dalam dengan posisi lem perekat menempel di celana dalam, bukan langsung menempel di kulit.

Baca juga: Langkah-Langkah Merawat Kebersihan dan Kesehatan Area Kewanitaan

Ifree Menstural Pad 4

Berhubung nyeri yang saya rasakan cukup parah, saya coba menempelkan heat pad di bagian dalam celana dalam buat mendapatkan sensasi hangat yang lebih intens. Namun anehnya saya nggak merasa cukup hangat. 

Ternyata, heat pad ini baru akan aktif dan mengeluarkan sensasi hangat jika terkena udara. Salahnya, saya langsung menempelkan heat pad ke celana dalam sesaat setelah membuka heat pad dari sachet, sehingga heat pad nggak mendapat cukup udara. Walaupun begitu, heat pad ini tetap mengeluarkan sensasi hangat yang ringan.

Sepengalaman saya dalam menggunakan produk ini, saya merasa kehangatannya lasting lebih dari 8 jam. Mungkin, akibat awalnya heat pad ini nggak cukup terkena udara sehingga nggak mengeluarkan panas secara maksimal, rasa hangatnya justru baru terasa ketika saya melepaskan heat pad. By the way, saya pakai heat pad dari jam 2 siang dan sampai tengah malam pun rasa hangatnya masih terasa, lho!

Jadi, apakah heat pad ini efektif buat meringankan rasa nyeri haid? 

Ifree Menstural Pad

In my humble opinion sih, untuk meringankan nyeri, heat pad ini boleh dikata cukup efektif. Namanya juga obat luar, reaksinya sama sekali nggak instan. Bisa dimaklumi sih, obat pereda nyeri sekalipun butuh waktu sebelum bereaksi. Namun, memang pakai heat pad saja nggak akan benar-benar menghilangkan rasa nyeri. Sesuai klaimnya, heat pad ini cuma bisa meringankan rasa sakitnya saja. At least, pakai heat pad ini bikin perut terasa lebih nyaman saat harus beraktivitas.

Namun sayangnya, jika kamu sedang berusaha menerapkan sustainable menstruation, pakai heat pad disposable semacam ini nggak mendukung upaya tersebut.  Sebagai alternatif, kamu bisa nyobain rice heating pad atau portable heating pad elektrik yang bisa sekaligus digunakan untuk massage.

Nah, buat kamu yang ingin mengurangi konsumsi obat pereda nyeri, menstrual heat pad ini bisa jadi alternatif yang walaupun nggak bisa 100% meredakan, tapi lumayan efektif buat meringankan rasa nyeri. Penasaran ingin coba?

Foto: dok. pribadi, dok. Freepik.