banner-detik

skin care

Gimana Cara Mencegah Penuaan Dini untuk Remaja?

seo-img-article

4 CARA MENCEGAH PENUAAN DINI UNTUK REMAJA 7

Saat masih remaja usia belasan tahun, kulit masih mampu memproduksi kolagen dalam jumlah banyak, sehingga kulit remaja tampak kencang dan sehat. Makanya remaja tidak memerlukan produk perawatan kulit yang terlalu banyak, apalagi memusingkan soal produk anti aging.

Tapi, ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan sejak remaja untuk memperlambat penuaan dini di kemudian hari. Yuk, simak tips berikut ini!

1. Lindungi kulit dari sinar matahari

4 CARA MENCEGAH PENUAAN DINI UNTUK REMAJA 5

Matahari memiliki dua jenis sinar, yaitu UVA dan UVB. Sinar UVB menyebabkan skin burn, dan sinar UVA menyebabkan aging atau penuaan. Salah satu cara untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan menggunakan sunscreen sedini mungkin. Saat masih remaja dulu, saya tidak pernah menggunakan sunscreen, padahal sering banget berpanas-panasan di bawah sinar matahari. Alhasil, kulit jadi belang, kering, kusam, dan bekas-bekas jerawat jadi menggelap atau disebut hyperpigmentation. Kalau sudah begini, memulihkan kondisi kulit agar sehat dan cerah kembali butuh waktu yang lama. Selain produk sunscreen, bisa juga dengan selalu memakai topi atau hoodie jika harus berada di bawah terik sinar matahari.

Baca juga: Ini 5 Facial Scrub Sekaligus Masker yang Layak Kamu Coba!

2. Hindari mengernyitkan dahi terlalu sering

4 CARA MENCEGAH PENUAAN DINI UNTUK REMAJA 4

Walaupun kelihatannya sepele, terlalu sering mengernyit atau mengerutkan dahi bisa menimbulkan garis halus pada kulit. Tidak hanya mengernyitkan dahi, repetitive facial expression lainnya juga bisa menimbulkan garis halus. Saat mengernyit, atau melakukan ekspresi wajah lainnya, otot-otot wajah akan berkontraksi, dan jika kontraksi otot yang sama ini terjadi berulang kali dalam jangka waktu yang panjang, garis-garis halus yang muncul bisa menjadi permanen. Menggunakan sunglasses atau kacamata hitam bisa membantu mengurangi garis halus yang disebabkan karena mengernyit saat silau. Jika kamu pengguna kacamata, segera ganti jika ukurannya sudah tidak cocok dan membuatmu jadi sering mengernyit.

Baca juga: Inilah Penyebab Munculnya Jerawat di Dahi

3. Bersihkan wajah dengan perlahan

4 CARA MENCEGAH PENUAAN DINI UNTUK REMAJA 1

Be gentle with your skin. Menggosok kulit terlalu kencang dapat mengiritasi kulit dan mempercepat penuaan. Mencuci wajah dengan gerakan perlahan dan menggunakan produk pembersih wajah yang lembut di kulit dapat membantu menghilangkan polusi tanpa membuat kulit iritasi. Hindari menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung scrub dengan butiran kasar. Jika kamu harus menggunakan scrub, lakukanlah maksimal 1 kali seminggu.

Baca juga:  7 Peeling Gel Korea yang Terjangkau untuk Eksfoliasi di Rumah

4. Moisturize everyday!

4 CARA MENCEGAH PENUAAN DINI UNTUK REMAJA 6

Apapun tipe kulitmu, bahkan yang kulitnya oily sekalipun, harus menggunakan pelembap setiap hari. Pelembap dapat membantu menjaga kandungan air di kulit, membuat kulitmu tampak segar dan sehat. Kulit yang terhidrasi dengan baik artinya less skin problem in the long run. Tidak hanya produk pelembap, minum banyak air putih dan makan buah setiap hari juga bisa membantu menjaga kulit tetap lembap dan segar.

 Baca juga: Lee Min Ho adalah Brand Ambassador dari 6 Produk Ini!

Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi, serta olahraga secara rutin juga bisa memberikan efek yang bagus untuk kulit. Jadi, yuk kita mulai kebiasaan baik ini sejak dini!

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment