Sering Mengalami Pipi Bloated atau Perut Buncit? Berikut Cara Mengatasinya!

PIPI BLOATED DAN PERUT BUNCIT 2

Siapa di sini yang sering mengalami pipi bengkak atau bloated, terutama di pagi hari? Atau mungkin beberapa dari kamu sering mengalami perut yang buncit, tapi bingung bagaimana cara mengatasinya? Nah, sebelumnya, kita kupas terlebih dalam mengenai bloated atau inflammation terlebih dahulu.

Pola makan yang tidak teratur atau makan terlalu cepat adalah salah satu penyebab kita mengalami pipi bloated dan perut buncit. Kenapa? Sistem imun yang kita miliki, terletak pada sistem pencernaan. Kalau makanan tidak dicerna dengan baik, sistem imun otomatis menjadi aktif. Nah, sistem imun yang aktif ini, bisa menyebabkan pipi jadi bloated dan perut menjadi buncit.  Itu sebabnya kenapa kalau kita makan mie atau camilan di malam hari, keesokan harinya pipi jadi bloated! Makanan yang kita makan semalam, belum dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan, sehingga mengaktifkan sistem imun yang menyebabkan bloated.

Selain pencernaan yang nggak baik, jenis makanan yang kamu makan juga berpengaruh terhadap inflamasi atau bloated. Misalnya, makanan yang dimasak pada temperatur yang sangat tinggi (deep fried food), atau makanan seperti junk food akan menyebabkan bloated. Itu sebabnya kamu perlu memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Berikut adalah beberapa tips lainnya untuk mencegah bloated atau inflamasi:

Mengunyah itu penting!

eating-chocolate-happiness-hormone-endorphin-production-illustration_160308-10

Kebanyakan diet yang ada berfokus kepada food intake atau makanan yang kamu makan – baik gluten free diet, diet keto, maupun vegan diet. Tapi, terkadang ada saatnya kita juga perlu memperhatikan bagaimana makanan tersebut dicerna. Ketika kita makan, makanan akan melalui proses pencernaan mekanis melalui gigitan di mulut. Selama di mulut, makanan akan dicerna oleh enzim amilase pada ludah, untuk memecah karbohidrat menjadi maltosa. Semakin banyak kita mengunyah, makanan akan semakin dicerna oleh enzim amilase yang ada. Proses pencernaan di mulut adalah proses pencernaan yang berperan paling besar dan paling penting. Itu sebabnya, sebelum menelan makanan, sebaiknya kita mengunyah makanan dengan maksimal terlebih dahulu, supaya sistem pencernaan lainnya nggak bekerja terlalu berat.

Intinya, kalau kamu nggak mengunyah makanan dengan benar, karbohidrat yang nggak tercerna dengan baik bisa membuatmu jadi bloated, perut jadi buncit, bahkan bisa menyebabkan beberapa masalah kulit. Banyaknya gigitan yang perlu kamu lakukan sebelum menelan makanan adalah sebanyak 32 kali.

Baca juga: Stress Bisa Bikin Lapar? Ini Penjelasan Psikolog Tentang Stress-Eating

Makan secara perlahan

PIPI BLOATED DAN PERUT BUNCIT 3

Kalau kamu ingin coba menurunkan berat badan, cobalah makan secara perlahan. Kalau kamu makan terlalu cepat, perut nggak akan punya cukup waktu untuk memberi sinyal ke otak bahwa dirimu sudah kenyang. So you’re going to eat more and more. Makan secara perlahan juga bisa mencegah bloated karena pencernaanmu akan punya cukup waktu untuk mencerna makanan dengan baik.

Baca juga: Berbagai Resep dan Tips Mindful Eating

Hindari makanan mengandung gas

Ingredients for the healthy foods selection. The concept of heal

Mindful eating dan makan secara perlahan bisa mengurangi banyaknya gas yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Kamu juga perlu menghindari makanan yang banyak mengandung gas untuk menghindari bloated atau inflamasi. Ketika banyak gas dalam pencernaanmu, biasanya kamu akan banyak burping, atau bahkan sakit perut. Supaya kamu nggak mengalami hal ini, maka sebaiknya kamu perlu eat mindfully, hindari mengonsumsi kopi, cokelat, produk susu, dan alkohol. Makanan-makanan ini adalah makanan bergas yang jadi penyebab utama inflamasi atau bloating.

Baca juga: Tentang Over-eating dan Menerapkan Mindful Eating Selama Lockdown

Coba face massage

PIPI BLOATED DAN PERUT BUNCIT 4

Pijat wajah juga bisa jadi salah satu alternatif kalau kamu mengalami pipi bloated. Kamu bisa coba pijat wajah dengan menggunakan face roller, atau dengan alat pijat wajah microcurrent seperti FOREO Bear. Kamu juga bisa coba facial treatment seperti HIFU untuk membuat pipi kamu jadi lebih tirus. Tapi, berbagai treatment ini memerlukan biaya yang mahal, serta perlu dilakukan secara konsisten. Jadi, daripada mengatasi, lebih baik mencegah!

So, berikut adalah beberapa tips untuk mencegah pipi bloated dan perut buncit. Gimana menurut kalian? Adakah yang sering mengalami bloated juga? Jangan lupa share di komen ya!

 

Foto: Freepik.com