banner-detik

fitnfab

Ini 5 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah untuk Mengatasi Perut Buncit!

seo-img-article

Khawatir perut buncit akan mengganggu penampilan? Kamu bisa lakukan gerakan olahraga di bawah ini untuk mengatasinya!

 

Walaupun kamu sudah mulai menjaga pola makan dengan menghindari beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat perut buncit, kamu juga tetap butuh untuk melakukan olahraga yang berfokus pada bagian perut. Dengan itu, proses mengatasi kondisi perut buncit akan lebih cepat.

Baca juga: Tak Mau Perut Buncit? Kurangi 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini!

Olahraga yang bisa kamu lakukan juga nggak mengharuskan kamu untuk pergi ke gym, karena gerakan ini bisa kamu lakukan di rumah dengan equipment sederhana seperti matras yoga, pakaian olahraga yang nyaman, dan musik untuk memberikan semangat. Yuk, simak artikel ini untuk tahu olahraga apa saja yang bisa kamu lakukan di rumah!

Sit up

mengatasi perut buncit

Sit up cukup mudah dilakukan karena kamu hanya perlu berbaring di atas matras, letakkan tangan di belakang telinga, tekuk lututmu, dan mulai perlahan angkat bahu dan punggung ke atas. Kamu bisa mengulang gerakan ini sebanyak 15-20 kali dan jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Oh ya, saat melakukan gerakan ini, pastikan kamu mengangkat bagian atas tubuh menggunakan core muscle dan juga mengatur pernapasan ya.

 

Crunches

mengatasi perut buncit

Hampir mirip dengan sit up, kamu bisa mulai dengan berbaring dan melebarkan kaki selebar pundak, letakkan tangan di belakang kepala. Setelah bersiap dengan posisi yang tepat, perlahan angkat tubuh bagian atas dari matras dan pastikan untuk tubuh bagian lainnya nggak berubah dari posisi awal. Saat akan menurunkan badan ke posisi semula, lakukan dengan perlahan ya. Oh ya agar mendapatkan hasil yang diinginkan, kamu bisa ulang sebanyak 10 kali.

 

Vertical leg crunch

mengatasi perut buncit

Gerakan vertical leg crunch ini mengharuskan kamu untuk berbaring di atas matras dan mengangkat kakimu secara lurus ke atas. Olahraga ini bisa menghadirkan rasa ‘burning’ di bagian perut, karena otot perut bekerja lebih keras. Mulai dengan berbaring dan kaki lurus ke atas, letakan kedua tangan di belakang kepala atau ikut meluruskan tangan ke atas, perlahan angkat badan bagian atas dengan memastikan kakimu tetap terangkat secara lurus. Kamu bisa lakukan gerakan ini sebanyak 10-12 kali ya.

Baca juga: Ini 5 Pilihan Outfit yang Cocok untuk Menutupi Perut Buncit!

Bicycle crunch

mengatasi perut buncit

Salah satu gerakan yang cukup menantang dan bisa membuat otot perut lebih kuat serta meratakan perut buncitmu lebih cepat. Gerakan yang mirip seperti orang yang mengendarai sepeda, namun memiliki perbedaan karena kamu melakukannya sambil berbaring di atas matras. Pertama, berbaring telentang, letakan tangan di belakang kepala untuk menopang, dan angkat kaki tinggi sampai membentuk sudur 45 derajat.

Ketika kamu sudah mulai melakukan gerakan, kamu bisa mulai dengan putar bagian atas tubuhmu secara bergantian dari kanan dan kiri. Ketika badan menghadap ke arah kanan, tekuk kaki kiri sampai menempel pada siku dan kaki kanan diluruskan, kamu bisa ulang cara ini secara bergantian dan bisa melakukan sebanyak 10 kali ya.

 

Hip lift

Nah, terakhir ada hip lift, gerakan ini memang terlihat mudah karena kamu hanya perlu mengangkat pinggul. Sama seperti gerakan lainnya di atas, setelah berbaring di atas matras dan meletakkan kedua tangan di samping tubuh, buka kedua kaki selebar pundak, dan perlahan angkat pinggulmu dengan berikan sedikit tekanan pada otot perut. Coba untuk tahan pada posisi ini selama 5 detik, lalu turunkan tubuh dan bisa kembali mengulangi gerakan yang sama sebanyak 15-20 kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Oh ya, untuk seluruh gerakan di atas kamu bisa melakukannya secara bersamaan dan pastikan untuk melakukan sebanyak 1-2 set ya. Kamu juga bisa melakukannya sebanyak 3 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca juga: Intip 4 Tas Brand Lokal Warna Merah yang Jadi Tren 2024!

Nah, selain mengikuti beberapa rekomendasi gerakan olahraga di atas, kamu juga bisa loh melihat beberapa YouTube Channel yang kerap membagikan beberapa metode home workout yang bisa membantu kamu untuk mengatasi perut buncit, kamu bisa cek Lilly Sabri dan Emi Wong ya. Jika kamu memiliki rekomendasi gerakan lain dan YouTube Channel dengan edukasi home workout, bisa kamu share di kolom komentar ya!

Images: Dok. iStock

Slow Down

Please wait a moment to post another comment