banner-detik

acne blemishes

Cara Menghindari Jerawat dan Iritasi Saat Pakai Masker Wajah Saat New Normal

seo-img-article

MASKER UNTUK INDONESIA - ROBY DWI ANTONO

Kulit jadi kemerahan dan berjerawat setiap menggunakan masker penutup mulut? Coba lakukan beberapa cara ini untuk mengurangi iritasi pada wajah.

Memasuki the new normal, artinya ketika kita beraktifitas di ruang publik, kita tetap harus menjaga jarak, tetap rajin mencuci tangan, dan tentunya menjaga jarak antara satu dan yang lainnya. Mungkin untuk segi menjaga jarak nggak ada masalah ya? Mengingat hal tersebut cukup mudah untuk dilakukan.

Paling yang mulai menjadi concern adalah kondisi kulit tangan dan wajah, ketika harus rajin menggunakan hand sanitiser dan kulit wajah yang iritasi atau berjerawat karena ditutupi masker. Kalau masalah tangan kering karena terlalu sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitiser, saya sudah menuliskan tips-nya di artikel Mengatasi Tangan Kering Karena Cuci Tangan.

Nah, sekarang saya akan share gimana sih caranya untuk menghindari kulit iritasi atau jerawat ketika menggunakan masker selama seharian.

DOS AND DONTS MASKER KAIN 1

Pilih masker wajah dari bahan katun

Katun memiliki tekstur yang halus, sehingga nyaman dan nggak mudah membuat kulit iritasi. Cari deh, masker katun yang yang memiliki saku internal di dalamnya, sehingga kamu bisa menyelipkan filter tambahan untuk perlindungan ekstra. 

Jaga kebersihan masker

Masker yang terpasang dengan benar adalah yang langsung bersentuhan rapat ke kulit kita. Walau demikian, ini bisa menjadi tempat sempurna untuk menimbun keringat, kotoran, dan minyak. Itulah kenapa penting banget untuk rajin mencuci masker kamu setiap habis pakai. 

Makeup seminimal mungkin

Masker wajah menciptakan lingkungan yang hangat dan lembap di kulit kita, sehingga bisa menstimulus produksi sebum dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Jika mulai ada jerawat di sekitar hidung, mulut dan dagu, coba menimalkan dulu penggunaan makeup. Kurangi penggunaan foundation atau concealer pada area wajah yang akan tertutup masker.

Gimana kalau sedang jerawatan?

Jerawat dan hawa lembap kulit karena tertutup masker = jerawat meradang. Untuk mengurangi jerawat semakin parah, sebaiknya gunakan pimple patch deh. Selain mengurangi kelembapan pada area tersebut, pimple patch pun mengurangi gesekan antara kulit dan jerawat kalian. 

Gimana? Sudah siapkah kalian menjalani the new normal? Apa saja sih yang sudah kalian persiapkan untuk kehidupan yang baru ini?

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment