ic-fd

Keunggulan Exfoliating Serum Dibandingkan Exfoliating Toner

skincare
author

celle・29 May 2020

detail-thumb

exfoliating serum - Arum (2)

Masih ragu-ragu untuk mencoba exfoliating serum? Produk eksfoliasi berbentuk serum ini punya beberapa keunggulan dibandingkan exfoliating toner lho!

Meskipun sudah banyak merek lokal yang membuat produk eksfoliasi dalam bentuk serum (yang penggunaannya dalam skincare rutin ada di slot serum, bukan yang dibilas), namun sepertinya penggunaan exfoliating serum ini belum begitu populer. Orang-orang masih lebih familier dengan produk eksfoliasi yang bentuknya toner. Dan memang iya sih, biasanya lebih banyak orang yang memilih acid toner saja dibandingkan exfoliating toner, karena mereka lebih paham bagaimana cara menggunakannya.

Baca juga: 3 Exfoliating Serum Lokal Yang Harus Dicoba

Padahal, exfoliating serum di banyak sisi juga banyak keunggulannya lho dibandingkan exfoliating toner. Baik dalam bentuk serum maupun toner, tentu punya karakternya masing-masing dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Nah, saya akan menjelaskan beberapa kelebihan produk eksfoliasi dalam bentuk serum, yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih chemical exfoliator dalam bentuk ini.

Exfoliating Serum Cenderung Lebih Mild Daripada Exfoliating Toner

Sebagai contoh, exfoliating serum dengan kandungan AHA 5%, akan terasa lebih gentle dan tidak terlalu mengiritasi, bila dibandingkan dengan AHA Toner 5% juga. Bahkan saya sudah mencoba produk Avoskin Miraculous Refining Toner dengan kandungan 5% AHA dan 1% BHA, di kulit saya lebih terasa eksfoliasinya bila dibandingkan dengan Avoskin Miraculous Refining Serum dengan kandungan 10% AHA dan 3% BHA.

Hal ini mungkin karena konsistensi serum yang lebih kental daripada toner, sehingga mempunyai lebih banyak kandungan bahan pengikat yang melembapkan. Dan mungkin juga karena slot pemakaian serum yang lebih belakangan daripada toner, jadi membuat kandungan exfoliant-nya lebih gentle di kulit.

Karena sifatnya yang cenderung lebih mild ini, exfoliating serum jadi lebih beginner friendly. Buat pemula yang sudah memakai basic skincare, dan ingin step up the skincare game dengan menambahkan chemical exfoliator, menurut saya exfoliating serum lebih recomended  untuk dicoba dibandingkan dengan exfoliating toner, karena resiko iritasinya lebih rendah.

 exfoliating serum - Arum (5)

Exfoliating Serum Lebih Mudah Di-Adjust

Bila kita merasa bahwa menggunakan exfoliating toner saja kurang memenuhi kebutuhan eksfoliasi harian, kita bisa menambahkan pemakaian exfoliating serum di step serum, untuk membantu kerja exfoliating toner yang sudah kita pakai. Atau kebalikannya, bila kita merasa exfoliating serum pun masih kurang gentle untuk kulit, kita bisa memakai hydrating serum terlebih dahulu sebelum memakai exfoliating serum, untuk membuat efek eksfoliasinya lebih gentle dan tidak terlalu hars di kulit.

Atau kalau memang kulit kita sangat-sangat sensitif, namun tetap ingin mendapatkan manfaat eksfoliasi ringan, kita bisa lho menyampurkan beberapa drops exfoliating serum ke krim pelembap yang akan kita pakai. Cuma pastikan saja, pelembap yang kita pakai juga tidak mengandung bahan-bahan yang berpotensi mengiritasi kulit ya.

Baca juga: Tips Untuk Pemula yang Akan Mencoba Acid Toner

exfoliating serum - Arum (3)

 

Exfoliating Serum Lebih Mudah Di Pakai Bersamaan Dengan Produk Berbahan Aktif Lainnya

Kalau sedang menggunakan bahan aktif lain yang juga berpotensi mengiritasi, misalnya Vitamin C atau Retinol, kadang penggunaan exfoliating toner dirasa terlalu hars, dan malah membuat kulit gampang memerah dan iritasi. Jadi memang butuh produk eksfoliasi yang lebih lembut, untuk menggantikan acid toner, untuk digunakan bersamaan dengan bahan-bahan aktif lain dalam satu rangkaian skincare rutin. Dan menurut saya, lebih baik menggunakan bahan-bahan aktif yang mild, namun konsisten dipakai setiap hari, daripada menggunakan sesuatu yang keras karena dirasa lebih efektif, namun harus menghentikan berkala karena kulit terasa perih.

Buat saya sendiri, mild exfoliating serum merupakan produk eksfoliasi yang paling nyaman digunakan harian bersama dengan produk-produk dengan bahan aktif yang lain.

Tertarik mencoba exfoliating serum juga?