Review Lacoco Dark Spot Essence, Kecil-kecil Cabe Rawit!

Lacoco Dark Spot Essence

Kabar gembira, nih: satu lagi brand lokal yang merilis produk exfoliant! This should be celebrated! Saya jadi excited buat nyobain produk yang satu ini.

Bulan April lalu, Lacoco meluncurkan dua produk baru sekaligus. Katanya sih, dua produk ini sudah melalui proses pengembangan dan penyempurnaan formula selama hampir 2 tahun. Salah satu produknya adalah Lacoco Dark Spot Essence. Pecinta chemical exfoliants harap berhati-hati, ya, bisa-bisa “keracunan” setelah kenal sama produk ini. Tapi, sebelum kamu memutuskan buat nyobain Lacoco Dark Spot Essence, simak dulu review saya berikut ini! 

Packaging

Kalau soal kualitas packaging, saya rasa hampir setiap produk Lacoco punya packaging yang berkualitas. Jarang banget ada masalah pada packaging-nya. Selain itu design packaging juga effortlessly elegant. Untuk Dark Spot Essence ini, packaging terbuat dari botol kaca dengan ukuran mini cukup buat menampung produk sebanyak 10 ml di dalamnya.

Review Lacoco Dark Spot Essence Review Lacoco Dark Spot Essence

Ya, isinya memang cuma 10 ml tapi saya merasa penggunaannya cukup awet, sebab produk exfoliant sebaiknya nggak digunakan setiap hari. Selama hampir satu bulan saya baru menghabiskan seperempat isi dalam botolnya saja. Warna botolnya yang ungu gelap bisa melindungi isi produknya dari cahaya matahari. Namun, untuk jaga-jaga, saya tetap menyimpan produk ini di tempat yang terlindung dari sinar matahari.

Baca juga: Review Lacoco Intensive Treatment Eye Serum

Klaim Lacoco Dark Spot Essence

Sesuai degan fungsi dari berbagai ingredients di bawah, essence ini diklaim dapat bantu memudarkan hiperpigmentasi, mencegah munculnya flek hitam, mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, mencerahkan wajah, memperbaiki tekstur kulit, mencegah tanda penuaan, membantu mengurangi tampilan komedo dan jerawat, membantu stimulasi kolagen pada kulit, dan menjaga kelembapan wajah.

Glycolic acid membantu mencerahkan kulit, meningkatkan produksi collagen dan menghaluskan kulit. Salicylic Acidnya bantu penyembuhan jerawat dan pori-pori yang tersumbat. Kandungan PHA nya juga bisa bantu mengeksfoliasi secara lebih halus, sehingga bisa digunakan untuk kulit yang sangat sensitif. 

Review Lacoco Dark Spot Essence

Tranexamic Acid yang terdapat di dalam essence ini juga berperan dalam membantu mencerahkan kulit dan melindungi kulit dari sensitifitas terhadap matahari. Selain itu, ada juga Mulberry Extract dan Licorice sebagai antioksidan dan brightening agent. Essence ini juga mengandung ekstrak wortel, yang kaya vitamin A, vitamin E, karbohidrat dan protein. Banyak ya kandungan luar biasa di dalam essence berukuran mini ini!

Ingredients: Water, Propylene Glycol, Glycolic Acid , Niacinamide, Glycerin, Gluconolactone, Tranexamic Acid, Salicylic Acid, Xanthan gum, Morus Alba Fruit (Mulberry) Extract, Daucus Carota Sativa (Carrot) Root Extract, Butylene Glycol, Sodium Hydroxymethylglycinate, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Glycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract, Tetrasodium EDTA, 1,2-Hexanediol.

Formulasi

Konsentrasi AHA, BHA dan PHA dalam produk ini nggak begitu potent kalau dibandingkan dengan exfoliating serum lainnya. Lihat saja Avoskin Miraculous Refining Serum yang kandungan AHA nya saja mencapai 10% dan 3% BHA, Atau Farmacy Honeymoon Glow AHA Resurfacing Night Serum yang formulasi AHA dan BHA nya sebesar 14%.

Lacoco Dark Spot Essence ini, kandungan AHA dan BHA nya boleh dikata cukup mild. Mengandung 5% Gycolic Acid (AHA), 1% Salicylic Acid (BHA), 2% Gluconolactone (PHA) dan 2% Tranexamic Acid.

Review Lacoco Dark Spot Essence

Mengapa kandungan acid-nya nggak sebesar produk exfoliating serum lainnya? Tentu saja karena produk ini sendiri bentuknya adalah essence yang memang secara formulasi less concentrated dibanding serum, akan tetapi lebih terkonsentrasi dibandingkan toner.

Essence di dalamnya berwarna bening dan teksturnya cukup runny. Menurut saya essence ini sangat light sehingga hanya butuh waktu sebentar saja buat meresap ke dalam kulit. hasil akhirnya pun nggak lengket. 

Baca juga: Exfoliating Serum Murah Meriah, Ngehits, Tapi Bagus!

Experience

Waktu saya memulai penggunaan Dark Spot Essence ini, pas banget saya lagi mengalami breakout semasa karantina, yang entah karena stress atau moisturizer baru saya yang jadi trigger. Kondisi kulit waktu itu, ada satu jerawat nodule di kening dan bruntusan di area hidung. Saya juga punya never-ending struggle sama yang namanya blackheads.

Saya rasa efek dari essence ini nggak muncul dengan instan. Dalam 1 hingga 2 minggu pertama saya belum merasa ada perubahan yang signifikan. Walaupun memang jerawat nodule yang ada di kening waktu itu jadi cepat kempes. Namun bruntusan di area hidung masih tetap parah. 

Review Lacoco Dark Spot Essence

Setelah kira-kira tiga minggu dan hampir satu bulan penggunaan, saya baru merasa tekstur di area hidung mulai berangsur-angsur baik. Bahkan surprisingly, tiap saya menggunakan essence ini di malam hari, besoknya komedo-komedo yang ada di hidung pada rontok dengan sendirinya dan lebih mudah diekstraksi. Pori-pori di area hidung saya terlihat lebih membaik.

Saat produk ini dipakai, slightly ada sensasi tingling atau cekat-cekit seperti produk acid pada umumnya. Tapi tenang, cekat-cekitnya nggak yang gitu heboh, kok! Bahkan kadang nggak kerasa sama sekali. Essence ini baunya saya deskripsikan mirip dengan bau lem kertas, hehe, tapi lebih ke arah bau chemicals yang nggak menusuk.

Walaupun essence ini klaimnya dapat menjaga kelembapan kulit, menurut saya, mau bagaimanapun chemical exfoliants sedikit-banyak pasti tetap bikin kulit terasa agak kering. Untuk ukuran exfoliant, essence ini sebetulnya cukup lembap. Tapi saya tetap pastikan kulit mendapat hidrasi yang cukup dari toner dan essence serta moisturizer.

Final Verdict

Review Lacoco Dark Spot Essence

Lacoco Dark Spot Essence ini cocok untuk kamu yang lagi berkutat dengan masalah bekas jerawat, whiteheads dan blackheads. Klaim yang paling jelas saya rasakan adalah kemampuan essence ini buat membersihkan hingga kedalam pori-pori. Untuk klaim mencerahkan secara overall, saya pribadi nggak merasakan perubahan yang terlalu signifikan. 

Sedangkan untuk menyamarkan hiperpigmentasi, menurut saya essence ini bekerja cukup baik walaupun nggak benar-benar menyamarkan bekas jerawat dengan cepat. Tapi saya bisa maklum karena konsentrasi acid nya nggak sekencang exfoliating serum

Namun, buat yang baru-baru ingin coba chemical exfoliant yang lebih concentrated dari pada toner, tapi masih takut iritasi karena kandungan acid yang terlalu tinggi, kamu mungkin bisa lirik produk baru dari Lacoco ini. Oh iya, essence ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp190.000,-.

I’ll give 4 from 5 stars!

Penasaran sama produk ini? Silahkan coba dan buktiin sendiri klaimnya di kulitmu!

 

Gambar: dok. pribadi