banner-detik

fitnfab

Perlukah Menggunakan Bra Walaupun Lagi #DiRumahAja?

seo-img-article

Kesalahan Dalam Memilih Bra yang Perlu Kamu Ketahui-3

Hal terbaik yang bisa dilakukan saat lagi WFH: going bra-less. Tapi, kira-kira ada dampak dari going bra-less terlalu lama nggak yah? 

Berhubung beberapa bulan ini kita lagi WFH, salah satu hal paling jarang saya lakukan adalah : wearing a bra. Gimana nggak, kegiatan kantor saya yang tadinya didominasi dengan kegiatan commute dari rumah ke kantor, meeting, dan event, sekarang sudah berubah menjadi commute sekedar dari kamar tidur ke dapur, ke meja makan, dan setiap sudut rumah dengan menggunakan piyama atau baju santai. Belum lagi, cuaca yang udah mulai memasuki musim panas, bikin hari-hari kerasa gerah banget!

Nah, berhubung kemungkinan kita akan tetap work from home selama beberapa bulan lagi, bikin saya mikir, is it safe buat kita lama nggak pakai bra? So i did a little bit of a research, sebenarnya perlu nggak sih pakai bra pada saat work from home?

Bra Sebagai Support

Kesalahan Dalam Memilih Bra-2

Di masa ‘lockdown’ seperti ini, penting buat kita tetap menjaga diri dan self-esteem diri kita sendiri. Memakai bra nggak cuma diperlukan ketika kamu lagi beraktifitas. Menggunakan bra yang benar malah seharusnya bisa membuat kamu nyaman, selain itu bisa juga melegakan sakit punggung. Walaupun kamu seseorang yang mungkin aktif berolahraga sehari-hari, tapi ingat setiap kali kita berjalan, payudara kita bergerak sekitar 3-4 cm, bahkan lebih kalau kamu lagi aktif melakukan kegiatan.

Berat 2 buah payudara bisa mencapai 1 kg kalau kamu berukuran D cup atau lebih. Ingat bahwa payudara terbentuk dari lemak, glandular, dan jaringan lemak, yang hanya dilindungi oleh lapisan kulit dan ligamen. Walupun mungkin payudara kamu nggak sebesar D cup, tetap ada beban yang harus di support oleh punggung kita setiap harinya. That’s a hard work for our backs! Itu sebabnya, akan lebih baik ada saatnya kamu tetap menggunakan bra sebagai support, baik untuk punggungmu.

Baca juga: Langkah-langkah Merawat Kebersihan dan Kesehatan Area Kewanitaan

Payudara kendur

Sekarang pertanyaannya, apakah kelamaan nggak menggunakan bra bisa membuat payudara kendur? Well, sebetulnya belum ada bukti kalau payudara kendur disebabkan oleh karena nggak menggunakan bra. Tapi, ada banyak faktor biologis maupun genetik yang menyebabkan payudara jadi kendur. Kami tetap merekomendasikan penggunaan bra, terutama ketika kamu lagi beraktivitas atau berolahraga, supaya ligamen di bagian daging payudaramu nggak rusak atau cedera karena akibat nggak ada support.

Baca juga: Donasi COVID-19 Rp121.263.025,- Telah Terkumpul untuk APD!

Menggunakan bra dengan ukuran tepat

Kesalahan Dalam Memilih Bra yang Perlu Kamu Ketahui

Kalau selama ini kamu nggak menggunakan bra dengan alasan nggak nyaman, bisa jadi kesalahannya terletak pada bra-mu. Mungkin, kamu menggunakan bra dengan ukuran dan bahan yang salah. Kalau kamu menggunakan bra dengan ukuran yang tepat, kamu seharusnya merasa lebih ringan, lebih pede, bahkan lupa kalau kamu lagi menggunakan sebuah bra. Elemen yang paling penting dari sebuah bra bukanlah terletak pada strap-nya, tapi sebetulnya adalah kain bra yang mendukung bagian belakang punggung. Berikut adalah beberapa tips untuk menilai apakah sebuah bra berukuran tepat untukmu:

  1. Band – 80% support untuk punggungmu terletak pada ikatan bagian belakang bra. Itu sebabnya bagian ini harus terasa firm, tapi nggak terlalu ketat.
  2. Wires – Kamu harus memastikan kalau kedua kawat bra menempel dengan baik dengan bagian tulang rusukmu, bukan menempel pada bagian payudara.
  3. Cups – Kamu harus memastikan nggak ada bagian payudara yang ‘tumpah’. Pastikan semuanya ter’cover’ dengan baik.
  4. StrapsStrap bra hanya memberikan support sebesar 10%. Straps bukan didesain untuk mengangkat bagian payudara. Bagian yang mengangkat payudara adalah ikatan bagian belakang bra. Kamu harus memastikan straps yang kamu gunakan pas di bagian pundak. Nggak terlalu kencang, tapi juga nggak terlalu kendur. Untuk memastikan agar strap terpasang nyaman, kamu bisa selipkan 2 buah jari di bawahnya sebagai pengukur.
  5. Bridge – Bagian tengah depan yang menyambungkan kedua cup. Pastikan bagian bridge menempel erat ke bagian dada.
  6. Pengalaman memakai – Ini adalah hal yang paling penting. Kamu harus memastikan kamu merasa nyaman menggunakan bra ini. Kalau kamu nggak nyaman, jangan dipakai! Lebih baik pilih bra yang lain.

Kesalahan Dalam Memilih Bra-3

Baca juga: 5 Rekomendasi YouTube Channel Kpop Idol Buat Menemani Ngabuburit

Itulah beberapa hal mengenai penggunaan bra, dan menentukan ukuran bra yang tepat. Konklusinya, akan lebih baik ada saatnya kamu tetap menggunakan bra walaupun sedang work from home sekalipun! It’s good for your back, and your breasts 🙂

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment