Cobain Clean, Cruelty-Free, Smart Skincare Lokal, INNERTRUE

Innertrue artikel

Punya klaim clean, cruelty-free, dan smart. Seperti apa review toner dan serum dari skincare lokal INNERTRUE?

Selain mencari produk skincare dengan kandungan yang memang sesuai dengan kebutuhan kulit, biasanya saya juga memprioritaskan untuk beli dari brand yang cruelty-free. Awalnya memang cukup tricky, tapi sekarang juga sudah semakin banyak beauty brands yang juga concern terhadap proses produksi yang nggak dites pada hewan, termasuk juga dari brand skincare lokal. Salah satu brand yang menarik perhatian saya belum lama ini adalah INNERTRUE yang memang memiliki konsep dermatologically tested, clean, cruelty free, dan menggunakan natural ingredients.

Nggak hanya clean, INNERTRUE juga merupakan Smart Skincare dengan award-winning natural ingredients, seperti MossCellTec™ No. 1. Skincare dengan teknologi modern ini dapat beradaptasi dengan kebutuhan kulit dan lingkungan, karena INNERTRUE menggunakan bahan-bahan alami yang bersifat adaptogen, diproses dengan bioteknologi, dan dengan formulasi yang canggih. Dengan menggabungkan yang terbaik dari alam dan teknologi, produk-produknya mengandung belasan bahan aktif dan alami yang bekerja sebagai satu tim.

Sejauh ini, INNERTRUE sudah punya satu rangkain skincare, yang terdiri dari essential products, yaitu Awakening Cleansing Gel, Harmonizing Toner, All Day Happiness Skin Nutrition Gel-Créme, Bright & Glow Skin Nutrition Gel Créme, dan Essence of Life Serum. Dari kelima produk ini, saya sudah coba dua, yaitu Harmonizing Toner dan Essence of Life Serum. Simak review-nya ya!

Baca juga: 4 Brand Makeup Lokal Ini Juga Mendukung Sustainable Beauty Lho!

Packaging

Turquoise dan putih kelihatannya jadi color scheme yang dipilih oleh INNERTRUE. Kemasannya terlihat clean dan mencantumkan deskripsi produk yang jelas. Untuk botol Harmonizing Toner, terbuat dari plastik transparan, jadi kita bisa lihat isi di dalamnya dan volumenya 100ml. Essence of Life Serum dikemas dalam botol warna putih disertai airless pump sehingga lebih higienis.

Innertrue2

Ingredients Harmonizing Toner

Aqua, Allantoin, Disodium EDTA, Propylene Glycol, Butylene glycol, Ceramide 3, Aloe Vera Leaf Extract, Hydrolyzed Pea Protein, Tranexamic acid, Licorice (Glycyrrhiza Glabra) Extract, Salicylic Acid, Alcohol, Niacinamide, Glycolic acid, Dmdm hydantoin, Sodium Hyaluronate

Ingredients Essence of Life Serum

Aqua, Hydroxyethylcellulose, Allantoin, Disodium EDTA, Butylene Glycol, Aloe Vera Leaf Extract, Niacinamide, Laminaria Digitata Extract, Dmdm hydantoin, Fructooligosaccharides, Beta vulgaris root extract, Hydroxyethyl urea, Tranexamic acid, Licorice (Glycyrrhiza Glabra) Extract, Hydrolyzed Pea Protein, Isomalt, OLIGOPEPTIDE-68.

Formula dan Klaim

Harmonizing Toner punya formula yang sangat cair seperti air. Nggak berwarna dan juga tanpa fragrance. Di sini terdapat beberapa humektan yang bagus untuk mengembalikan hidrasi pada kulit, terutama setelah membersihkan wajah dengan face wash, seperti Butylene Glycole dan Aloe Vera Leaf Extract. Ditambah lagi ada juga kandungan yang soothing dan anti-inflamasi, yaitu Allantoin, Niacinamide, Beta vulgaris root extract, Bisabolol, serta Tranexamic acid. Untuk memberikan manfaat brightening dan exfoliating, Harmonizing Toner juga mengandung Licorice extract dan Salicylic acid.

Nama ‘Harmonizing’ memiliki arti mengembalikan keharmonisan kulit wajah as in menyeimbangkan pH kulit, mengangkat sel kulit mati, mengembalikan kelembapan, dan juga mengontrol produksi minyak.

Innertrue1

Essence of Life Serum surprisingly juga punya tekstur yang cair, tanpa warna, maupun fragrance. Serum ini tujuannya lebih untuk brightening, anti-inflamasi, dan juga anti-aging. Ingredients dari Essence of Life Serum bisa dibilang sophisticated karena memiliki MossCellTec™ No.1 yang hanya bisa diproduksi dengan menggunakan Bio-Teknologi di Switzerland. Lebih dari itu, serum ini juga diperkaya super ingredients, seperti Algae, Peptide, Aloe Vera, Vitamin C, Vitamin B3, Tranexamic Acid, Anti Blue Light Radiation, Licorice, dan Allantoin

Uniknya, ada klaim yang jadi core dari produk-produk INNERTRUE, yaitu Anti-Blue Light. Kalau dilihat dari ingredients-nya, memang ada beberapa kandungan yang kaya antioksidan. So that makes sense.

Penggunaan

Harmonizing Toner bisa dipakai dengan dua cara: pakai kapas seperti exfoliating toner, atau langsung di-tap-tap ke wajah seperti hydrating toner. Sejauh ini saya selalu pakai kapas untuk memastikan kotoran dan debu benar-benar terangkat setelah saya membersihkan wajah dengan face wash. Toner ini terasa nyaman dan nggak memberikan sensasi apapun yang negatif, seperti tingling atau lengket. Formulanya benar-benar ringan dan menyerap dengan cepat. Begitu pun juga dengan Essence of Life Serum. Kedua produk ini nyaman dipakai sebagai preparation step sebelum melanjutkan skincare routine pagi maupun malam.

Baca juga: 5 Brand Lokal yang Sudah Mendukung Gerakan Sustainable Beauty

Final Verdict

INNERTRUE Harmonizing Toner dan Essence of Life Serum patut dicoba buat kamu yang punya concern khusus untuk produk clean skincare yang nggak mengandung bahan aditif berbahaya. Selain itu, pemilik kulit sensitif juga nggak perlu khawatir mencoba skincare dari INNERTRUE karena produk-produknya sudah teruji klinis dan dikategorikan sebagai non-irritant. Selama pemakaian Harmonizing Toner dan Essence of Life Serum, kulit saya terasa lebih well-hydrated dan warnanya lebih merata. Karena hidrasi yang lebih balanced, jerawat juga jadi nggak gampang muncul.

Harmonizing Toner dibanderol seharga Rp.140.000 dan Essence of Life Serum Rp220.000. Kamu bisa beli di official store INNERTRUE di e-commerce ya.