banner-detik

skin care

Kulit Breakout Karena Pakai Masker Kain? Ini yang Harus Kamu Lakukan

seo-img-article

DOS AND DONTS MASKER KAIN 3

 Pakai masker kain malah bikin muka breakout? Ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan!

Himbauan terbaru dari pemerintah untuk menghambat penyebaran virus Corona, setiap orang diwajibkan untuk menggunakan masker. Namun, untuk orang yang sehat dihimbau untuk menggunakan masker berbahan kain untuk melindungi diri. Tapi, tentu kamu tau persis dong penggunaan masker untuk melindungi diri ini seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman? Beberapa hal yang biasa dikeluhkan adalah susah bernafas akibat masker terlalu rapat dan juga bagian area hidung dan mulut berkeringat di balik masker.

Selain itu, ada juga yang mengeluhkan menggunakan masker untuk melindungi diri sehari-hari malah membuat wajah breakout. Kok bisa? Menurut seorang dermatologist asal Amerika Serikat yaitu Joshua Zeichner, ternyata penggunaan masker yang digunakan terlalu lama dapat menyebabkan area hidung dan mulut terasa lembap, menciptakan udara panas dibagian area yang tertutup serta membatasi udara yang dihirup. Tentu apabila digunakan terlalu lama, ini dapat membuat area wajah yang tertutup masker berkeringat bercampur dengan minyak pada wajah yang dapat membuat terjadinya inflamasi maupun breakout

Nah karena menggunakan masker kain kini wajib dilakukan, lalu bagaimana agar wajah tidak breakout walaupun harus menggunakan masker untuk melindungi diri sehari-hari? Selain ada beberapa hal yang harus diperhatikan pas pakai masker kain, ada juga poin-poin penting yang baiknya kamu lakukan setiap hari, kalau kamu mau menghindari breakout selama menggunakan masker untuk kegiatan sehari-hari!

Mencuci Muka Sebelum dan Sudah Berkegiatan Sehari-Hari

cuci muka

Selain mencuci tangan untuk mencegah bakteri yang hinggap di tangan, kamu juga perlu memastikan wajahmu bersih. Lakukan double cleansing kalau memang kalian terpaksa harus keluar rumah, atau memang belum mendapatkan privilege buat WFH. Nah, untuk pemilik kulit yang normal cenderung berminyak, gunakan pembersih wajah dengan tekstur yang lembut namun mengandung BHA. Salicylic acid sendiri bisa membantu membersihkan kulit hingga ke pori-pori dan mampu mengangkat minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori. Kalau kulit kalian cenderung kering, pastikan untuk memilih pembersih yang lebih creamy, atau gunakan milk cleanser untuk membantu mengangkat sisa kotoran pada wajah tanpa membuat kulit jadi makin kering. Dengan memastikan kulit wajah dalam keadaan bersih sebelum dan sesudah beraktivitas, kamu bisa meminimalisir kemungkinan breakout akibat penggunaan masker kain setiap hari.

Kalian juga bisa melakukan ritual exfoliating pada malam hari menggunakan exfo toner atau exfo serum yang mengandung AHA, PHA, atau BHA setiap satu atau dua kali seminggu, untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan menstimulasi regenerasi kulit wajah. Hal ini juga bisa membantu mencegah breakout pada wajah, asal tidak dilakukan terlalu sering.

Baca juga: Mengatasi Kulit Kering Karena Sering Cuci Tangan

Menggunakan Moisturizer

pelembap buat kulit berminyak

Semua orang butuh menggunakan pelembap wajah atau moisturizer. Bahkan untuk pemilik kulit yang berminyak ataupun acne prone, kamu tetap membutuhkan moisturizer untuk menjaga keseimbangan minyak pada wajah dan mempertahankan kelembapannya dengan baik. Saat kamu menggunakan masker wajah yang menutup sebagian wajah setiap hari, tentu kamu ingin dong mempertahankan skin barrier supaya nggak gampang rusak? Hal ini bisa di dapatkan apabila kamu tetap tidak melupakan aplikasi moisturizer dalam skincare routine mu. Gunakan moisturizer yang sesuai dengan tipe kulit kalian masing-masing ya.

Jangan Menggunakan Makeup di Bagian Wajah yang Tertutup Masker

KULIT GLOWING DENGAN SKINCARE DAN MAKEUP 4

Saat menggunakan masker kain setiap hari, ini berarti saatnya kamu yang selalu menggunakan makeup untuk seluruh wajah untuk sehari-hari merubah kebiasaan ini. Kalau kamu memang butuh menggunakan makeup, kamu bisa menggunakan makeup di area mata. Untuk bagian wajah sebaiknya kamu skip dulu ya, karena menggunakan makeup yang terlalu berat dan tertutup masker dapat memicu penyumbatan pori-pori dan menyebabkan breakout pada wajah.

Menggunakan Masker Kain Berbahan Katun yang Breathable

masker kain

Image: @bybinzu

Nah, ternyata walaupun sekarang sudah banyak masker kain dengan bahan yang variatif serta harga yang juga bersaing, bahan yang digunakan pada masker kain juga harus kamu perhatikan lho! Pastikan kamu menggunakan masker kain yang menggunakan material yang breathable. Salah satu kain yang breathable dan nyaman digunakan adalah katun, selain itu serat dari kain katun lembut sehingga tidak mudah mengiritasi kulit. Kalau kamu menggunakan baju saja mencari bahan yang nyaman, tentu daripada mementingkan fashion kamu akan mencari masker kain dengan bahan yang nyaman digunakan juga dong?

Jangan Lupa Cuci Masker Setelah Dipakai

Ini adalah poin terakhir yang saya sebutkan, tapi punya efek luar biasa buat kesehatan tubuh dan kulit kita. Walaupun memang ada saja orang yang menggunakan masker hanya saat mereka terpaksa keluar rumah (belanja mingguan misalnya) dan tidak memakainya terlalu lama, tapi ada juga lho teman-teman di luar sana yang memang harus beraktivitas di luar dalam waktu yang lebih lama. Mau kalian menggunakan masker hanya 1 jam ataupun 6 jam, mencuci masker kain itu hukumnya WAJIB. Kenapa? Karena selain untuk menghindari ada kemungkinan virus yang menempel pada masker, mencuci masker kain ini juga bisa meminimalisir berkembangnya bakteri yang bisa menyebabkan breakout atau jerawat pada wajah. Oleh karena itu, ada baiknya kalian punya masker cadangan, jadi kalau ada masker yang baru dicuci dan belum kering, kamu bisa pakai masker lainnya untuk digunakan.

Jadi ternyata cukup simpel kan cara untuk meminimalisir breakout yang terjadi pada kulit akibat penggunaan masker berbahan kain setiap hari? Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya untuk kamu, stay safe and healthy all!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment