banner-detik

diy

5 Resep Masker Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah!

seo-img-article

diy-face-masks-vitamin-c-hello-glow-1

Bikin masker dengan bahan-bahan alami yuk!

Saat-saat karantina adalah momen yang sangat tepat buat kita rajin melakukan skincare routine. Bagi saya, masker adalah salah satu treatment yang paling penting. Selain bisa bikin wajah jadi lebih moisturized, memakai masker buat saya merasa lebih relaxed dan wajah jadi terasa segar! Nah, mumpung kamu lagi banyak wakitu di rumah, kamu bisa coba buat beberapa resep masker alami ini!

Avocado & Buttermilk Mask

WEB-116_c_MichaelPiazza_PureSkinCare

Buat kamu yang punya kulit normal hingga very dry, kamu bisa coba buat Avocado & Buttermilk mask ini. Buttermilk adalah ingredient yang sangat baik untuk membantu even out kulit kamu yang bertekstur. Campuran antara alpukat dan buttermilk juga membuat kulitmu terasa lebih lembut dan moisturized.

Bahan: 

1/4 alpukat matang, 1 sendok makan buttermilk

Cara Membuat: 

Tumbuk halus alpukat hingga merata, kemudian campurkan dengan buttermilk, aduk hingga teksturnya kental. Total waktu yang kamu butuhkan untuk membuatnya hanya kira-kira 5 menit saja! Masker ini digunakan segera setelah pembuatan. Jangan disimpan atau dipakai lebih dari 1x!

Cara Menggunakan: 

Masker ini terkadang bisa agak meleber kemana-mana, jadi lebih baik gunakan ikat rambut dan lindungi pakaianmu supaya nggak ikutan terkena tetesan masker. Gunakan jarimu, aplikasikan masker ke wajah, leher, dan dada (kalau memang kamu pingin). Masker ini sebaiknya digunakan di pagi hari, sambil kamu berjemur di matahari pagi supaya kamu bisa membiarkan avocado oil yang terkandung jadi hangat, sehingga menyerap ke dalam kulit. Relax selama 20 hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan moisturizer setelah pemakaian.

Baca juga: Apa yang Salah dari Postingan Viral #MugshotChallenge ?

 Banana Cream Mask

banana yogurt

Banana dan cream mampu membuat kulit jadi moisturized, hydrate, serta pamper kulit, bahkan untuk kulit yang paling kering sekalipun. Jadi, kamu bisa coba membuat masker ini sebagai skincare routine kamu! Cara pembuatannya hanya 5 menit. Sama halnya dengan masker alami lainnya, Banana Cream Mask hanya untuk digunakan 1x segera setelah pembuatan ya! Masker ini cocok untuk segala jenis kulit, kecuali kamu yang punya kulit oily.

Bahan: 

1 buah pisang matang, 1-2 sendok teh cream (light atau heavy) atau santan full-fat.

Cara Membuat: 

Gunakan mangkuk kecil dan garpu, tumbuk halus pisang kemudian campurkan dengan cream atau santan sehingga kental.

Cara Menggunakan: 

Gunakan jari, kemudian oleskan masker ke seluruh permukaan wajahmu hingga ke leher. Relax selama 20 hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan moisturizer bila perlu. Ingat, masker ini hanya untuk 1x pemakaian ya!

Oatmeal Mask
04_Oatmeal_Recipes-to-Follow-For-the-Perfect-Homemade-Face-Mask_394032262-Anna-Ok-760x506

Masker ini berperan sebagai gentle exfoliant dan bagus untuk digunakan sebanyak 2 kali dalam waktu seminggu. Oatmeal berfungsi untuk menyerap excess oil pada kulit serta membantu treat acne. Buttermilk juga bisa membantu memperbaiki tekstur kulit. Campurkan resep masker ini seperlunya, jangan disimpan! Masker ini cocok untuk segala jenis kulit kecuali kamu yang punya wajah sangat sensitif.

Bahan: 

1 sendok makan oatmeal atau tepung oat, 2-3 sendok teh buttermilk

Cara Membuat: 

Campurkan oatmeal yang sudah ditumbuk dengan buttermilk ke dalam mangkok kecil, kemudian aduk secara merata menggunakan garpu atau sendok. Biarkan adonan menjadi thick selama beberapa menit, kemudian aduk lagi supaya nggak menggumpal. Kalau terlalu thick, kamu bisa tambahkan buttermilk. Tapi kalau terlalu encer, kamu bisa tambahkan oatmeal.

Cara Menggunakan: 

  • Gunakan tangan, ratakan campuran oatmeal ke wajah dan bagian leher. Rebahan dan relax selama 20 hingga 30 menit. Kalau sudah selesai, bilas dengan air hangat. Seperti biasa, aplikasikan moistuizer setelahnya. Jangan gunakan masker ini kalau wajah kamu lagi sunburned, windburned, atau bahkan lagi iritasi.

Baca juga: Essential Oil Blend Lokal Untuk Membantu Fokus Saat WFH

Peaches & Cream Glow Mask

AAFuixS

Masker ini sangat mirip dengan homemade peach ice cream – summery, sweet, dan smooth! Nggak cuma itu, masker ini sangat berguna untuk membuat kulit kamu moisturized dan terawat. Kamu bahkan bisa gunakan resep ini untuk dikonsumsi lho! Masker ini cocok untuk semua jenis kulit kecuali oily dan combination.

Bahan: 

1/2 peach matang kecil, 1 sendok makan heavy cream atau santan.

Cara Membuat: 

Gunakan mangkok kecil dan garpu, hancurkan peach dan gabungkan dengan cream hingga halus.

Cara Mengaplikasikan:

Gunakan jari, oleskan adonan ke wajah, leher, dan dada. Rebahan dengan menggunakan handuk di rambut dan di bawah leher. Be careful, tekstur masker ini bisa lebih encer dibandingkan dengan yang lain! Relax selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan moisturizer setelahnya.

Honey Massage Mask

78548198636943490786

Resep masker ini adalah yang paling mudah dibandingkan dengan yang lain. Karena kamu cuma membutuhkan 1 ingredient, yaitu madu! Madu sangat bermanfaat untuk hydrate dan moisture kulit kamu. Serta mampu membantu melancarkan sirkulasi darah. Gunakan untuk kamu yang memiliki kulit kering, sunburned, atau kusam karena polusi.

Bahan: 

2-3 sendok teh raw honey, simpan pada suhu ruangan.

 Cara Memakai: 

Walaupun bahannya sangat simple, kamu tetap harus berhati-hati ketika mengaplikasikan supaya maskernya nggak lengket ke mana-mana! Madu akan jadi semakin encer kalau sudah terkena hangat tubuh, jadi pastikan kamu menggunakan shower cap.

Gunakan jarimu, aplikasikan madu secara menipis ke seluruh permukaan wajah, leher, dan dada (kalau kamu pingin). Rebahan dengan menggunakan handuk mengelingi bagian tubuh, kemudian relax selama 15 menit. Kulitmu akan terasa lebih hangat dan relaxed. Jangan sampai ketiduran ya!

Sebelum dibilas, massage wajahmu untuk memperlancar peredarah darah dengan melakukan gerakan tapping selama 5 menit. Kalau sudah selesai, bilas dengan menggunakan kain atau handuk hangat dan lembap.

Baca juga: 7 Rekomendasi Skincare Vitamin E untuk Kulit Normal Cenderung Kering

So, berikut beberapa resep masker alami yang bisa kamu buat selama masa karantina. Mudah banget kan? Ada yang tertarik untuk bikin dengan bahan-bahan lainnya juga? Jangan lupa share di komen ya!

 

Foto: Dok. fabwoman.com, storey.com, thehealthy.com, msn.com.

Resep diperoleh dari Pure Skincare Nourishing Recipes, ditulis oleh Stephanie L. Tourles.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment