banner-detik

haircare

Cat Rambut Sendiri vs Cat Rambut di Salon, Pilih Mana?

seo-img-article

CAT RAMBUT SENDIRI ATAU DI SALON -21

Apakah kamu belum pernah cat rambut dan sedang bingung ingin cat rambut sendiri atau cat rambut di salon?

Saya juga pernah merasakan hal yang sama! Makanya sekarang saya mau share pengalaman saya cat rambut sendiri dan cat rambut di salon, agar kamu dapat sedikit gambaran tentang proses dan hasilnya.

Pengalaman saya pertama kali cat rambut adalah di Habb Hair Gallery yang ada di Summarecon Mall Serpong. Waktu itu saya cat rambut warna pink dan menghabiskan biaya hampir 2 juta rupiah. Di salon, saya tinggal duduk manis, dan voila, jadilah rambut pink yang saya inginkan. Setelah itu rambut saya juga tidak terasa kering, walaupun tidak selembut sebelumnya, tapi rambut saya terasa cukup sehat. Jadi, harga cat rambut di salon memang mahal, apalagi untuk warna seperti pink yang harus melakukan proses bleaching terlebih dahulu. Tapi, kemungkinan besar hasilnya bagus dan memuaskan.

CAT RAMBUT SENDIRI ATAU DI SALON - 4

Setelah hampir 3 bulan rambut saya sudah mulai banyak yang tumbuh dan warna pinknya juga sudah mulai pudar, jadi saya memutuskan untuk cat hitam lagi. Kali ini saya mencoba cat hitam sendiri di rumah. Saya menggunakan cat rambut dari Garnier, dan berhasil. Tapi sayang sekali warnanya cepat luntur. Jadi saya cat hitam ulang lagi dengan cat dari L’oreal, dan hasilnya jauh lebih tahan lama. Lalu, karena merasa sudah jago cat rambut sendiri, saya mencoba cat rambut warna coklat.

CAT RAMBUT SENDIRI ATAU DI SALON - 2.jpeg

Saya menggunakan cat dari L’oreal yang warna 03 Ultra Light Brown, dan untuk rambut sepanjang saya, butuh sekitar 3 kotak cat rambut. Kondisi rambut saya saat itu sudah pernah di bleaching 2 kali, di cat pink, dan di cat hitam dua kali. Jadi, rambut saya memang tidak begitu sehat. Saya juga tidak punya ilmu sama sekali tentang cat rambut, saya nekat saja coba-coba, karena saya kira tidak ada bedanya dengan cat rambut hitam. Padahal, itu pertama kali saya cat rambut sendiri dengan warna yang cukup terang. Hasilnya? Warnanya tidak rata dan rambut saya rasanya rusak banget. Apalagi bagian ujung rambut saya, waduh, benar-benar seperti sapu ijuk.

CAT RAMBUT SENDIRI ATAU DI SALON - 3.jpeg

Panik, saya coba cat ulang lagi dengan cat rambut hitam dari Garnier. Tapi ternyata kulit kepala saya jadi sakit banget, perih, dan rasanya seperti terbakar. Jadi langsung saya bilas saja, padahal baru di cat separuh. Besoknya, saya langsung ke salon untuk potong rambut pendek, karena rambut bagian bawah saya benar-benar rusak banget. Hairstylist yang mengerjakan rambut saya juga sampai prihatin melihat kulit kepala saya yang merah-merah. Sekarang, rambut saya sudah lebih baik sih kondisinya, dan warnanya hitam dengan sedikit coklat, yang untungnya masih terlihat lumayan bagus.

CAT RAMBUT SENDIRI ATAU DI SALON - 1

Berapa uang yang saya keluarkan untuk cat rambut sendiri? 3 kotak cat L’oreal dan cat hitam Garnier, total harganya sekitar 300 ribu. Lalu gagal, dan saya potong rambut di salon, harganya 175 ribu. Jadi saya mengeluarkan uang hampir 500 ribu, menghabiskan waktu berjam-jam, dan mengalami kulit kepala terbakar yang butuh waktu beberapa hari untuk pulih total. Padahal kalau saya cat rambut warna cokelat di salon, saya juga bayar sekitar 500 ribu-an juga, dan tinggal duduk saja, tanpa ada drama warna rambut yang tidak rata.

Baca juga: Rambut Kering dan Rapuh Tapi Nggak Bisa Ke Salon? Lakukan Ini Yuk di Rumah!

Jadi, kesimpulannya? Kalau kamu seperti saya, belum berpengalaman cat rambut sendiri, lebih baik cat di salon saja. Memang harganya lebih mahal, tapi dari segi hasil dan waktu, cat rambut di salon juaranya. Apalagi kalau ternyata gagal, ujung-ujungnya uang yang dikeluarkan untuk memperbaiki rambut juga sama saja mahalnya. Tapi, kalau kamu kekeuh ingin cat rambut sendiri, saran saya cari tahu dulu cara-caranya. Banyak baca atau tonton tutorial cat rambut di rumah. Tanya ke teman-teman yang memang sudah ahli cat rambut sendiri, lebih bagus lagi kalau kamu bisa minta bantuan mereka untuk cat rambutmu dan pelajari caranya. Supaya kamu tidak melakukan kesalahan yang sama seperti saya.

Baca juga: Tips Warnain Rambut Sendiri di Rumah!

Jadi, gimana? Kamu bakal cat rambut di salon atau cat rambut sendiri nih? Kalau mau cat rambut di salon, lebih baik tunggu dulu ya sampai keadaan sudah membaik ya, karena saat ini kita sebisa mungkin harus di rumah aja a.k.a social distancing. Your hair can wait kok, karena kesehatan bersama lebih penting.

Punya pengalaman cat rambut sendiri yang tak terlupakan? Ceritain yuk di kolom komentar!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment