banner-detik

lifestyle

5 Resep Masakan Simpel dan Enak Buat Kamu yang Nggak Bisa Masak!

seo-img-article

RESEP MASAKAN SIMPEL

Social distancing ini bikin semuanya jadi rajin masak di rumah. Seru juga ya!

 

Sejak dulu saya suka masak. Meskipun masakannya yang simpel-simpel saja, dan nggak jago masak makanan Indonesia seperti rendang atau opor (karena bumbunya banyak banget!), tapi saya suka berkutat di dapur, membaca resep, dan mencoba menu-menu baru.

Di era arus informasi deras seperti sekarang ini, sebenarnya “nggak bisa masak” itu bukan sebuah permasalahan lho. Saya yakin semua orang bisa, karena berbagai resep bisa dengan mudah ditemukan. Tinggal Google saja nama menunya, bakalan muncul ratusan bahkan ribuan resep dari seluruh dunia. Favorit saya sendiri cek resep dari Youtube dan Cookpad. Jadi, menurut saya sebenarnya masak itu bukan “bisa atau tidak” tapi “mau atau tidak”. 😀

Nah, biar kamu nggak boros delivery makanan terus, kamu bisa mulai belajar masak yang gampang-gampang. Berikut ini 5 resep masakan simpel yang enak sering saya buat selama social distancing.  Praktis dan mudah untuk dicoba, bahkan untuk kamu nggak terbiasa masak sama sekali!

1. Grilled cheese sandwich

GRILLED CHEESE SANDWICH - RESEP MASAKAN SIMPEL

Bahan:

Roti tawar, keju cheddar, keju mozzarella, unsalted butter.

Cara membuat:

Oleskan 2 lembar roti tawar dengan unsalted butter. Kamu bisa juga pakai margarin kalau nggak punya unsalted butter, tapi rasanya jadi sedikit lebih asin. Parutkan keju cheddar dan keju mozzarella di salah satu lembaran, tumpuk, lalu panggang. Jadi deh! Yummy, ooey-gooey! Enak banget disajikan saat masih hangat dengan sedikit cocolan sambal botolan. Super gampang, pas buat sarapan atau ngemil sore-sore.

Baca juga: 5 Resep Sarapan Sehat dan Simpel yang Wajib Dicoba!

2. Honey butter chicken

HONEY BUTTER CHICKEN - RESEP MASAKAN SIMPEL

Bahan: 

Dada ayam dipotong dadu, madu, unsalted butter, garam, lada, kaldu jamur bubuk (merk Totole), apple cider vinegar, kecap asin, bawang putih cincang, daun seledri atau parsley diiris tipis.

Cara membuat:

Bumbui dada ayam dengan lada dan garam, diamkan 15 menit. Lelehkan unsalted butter, tumis bawang putih cincang, tambahkan madu, kaldu jamur bubuk, sedikit apple cider vinegar, dan kecap asin. Masak sampai seperti karamel. Masukkan dada ayam, aduk rata sampai kecokelatan. Angkat, taburkan seledri.

Ini adalah resep masakan simpel favorit saya, plus bisa memenuhi keinginan saya makan ayam yang enak tanpa harus digoreng. Perpaduan madu dan butter adalah bumbu utama yang bikin rasanya jadi manis dan gurih. Saya suka banget kalau bumbunya sudah agak gosong atau jadi karamel. Jadi, kalau kamu lagi berusaha mengurangi goreng-gorengan, resep ini wajib banget dicoba.

3. Sup jamur tahu

Vegetarian miso soup with tofu and mushrooms.

Bahan:

tahu putih yang dipotong dadu, jamur kuping, jamur shimeji, jamur enoki, kaldu jamur jamur, lada, garam, jahe, bawang putih cincang, minyak untuk menumis, minyak wijen, daun bawang diiris tipis.

Cara membuat: 

Tumis bawang putih cincang dengan minyak sampai harum. Masukkan macam-macam jamur, tumis sampai agak layu. Tambahkan air matang, garam, lada, minyak wijen, seruas jahe, dan kaldu jamur bubuk. Masak sampai mendidih, masukkan tahu putih, kemudian tunggu 5 menit tanpa diaduk biar tahu nggak hancur. Matikan kompor, tambahkan irisan daun bawang. Sajikan selagi hangat.

Ini pas banget buat kamu yang vegan, cocok juga untuk dimakan oleh anak-anak. Kalau nggak ada enoki atau shimeji, kamu bisa ganti dengan jamur apa saja yang kamu suka, misalnya jamur merang atau champignon. Kalau kamu bukan vegan dan ingin tambahan protein, masukkan daging giling setelah menumis bawang putih. Kalau punya, kamu juga bisa menambahkan miso ke kuahnya.

4. Beef bulgogi

BEEF BULGOGI - RESEP MASAKAN SIMPEL

Bahan:

Daging slice tipis, saus bulgogi botolan (misalnya merk Kikkoman atau Daesang), gochujang (Korean red pepper paste), bawang putih cincang, bawang bombay diiris, daun bawang diiris tipis, wijen, minyak untuk menumis.

Cara membuat:

Marinasi daging dalam bumbu bulgogi selama 30 menit. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, tambahkan daging yang sudah dimarinasi beserta bumbunya. Kasih lada, garam, dan sedikit gochujang. Aduk rata, taburkan wijen dan irisan daun bawang. Angkat, sajikan dengan nasi hangat.

Kalau buat bumbu bulgogi sendiri, kamu membutuhkan buah pear, soy sauce, minyak wijen, jahe, dan brown sugar yang dihaluskan. Jadi sedia bumbu bulgogi botolan di rumah sangat membantu biar kamu anti-ribet!

KIKKOMAN SAUS BULGOGI - RESEP MASAKAN SIMPEL

5. Tuna aglio olio

TUNA AGLIO OLIO - RESEP MASAKAN SIMPEL

Bahan:

Bawang putih cincang, olive oil, tuna kalengan dalam minyak, garam, lada, oregano bubuk, cabai rawit merah diiris, spaghetti, keju parmesan.

Cara membuat:

Rebus spaghetti sampai aldente (pas kekenyalannya, tidak terlalu lembek), saring, beri olive oil biar nggak lengket, sisihkan. Tumis bawang putih cincang dengan olive oil yang cukup banyak, masukkan tuna kalengan yang sudah dibuang minyaknya. Tambahkan lada, garam, oregano, dan irisan cabai rawit merah. Aduk selama 5 menit. Masukkan spaghetti yang sudah matang, aduk rata. Tuang di piring, tambahkan keju parmesan.

Kalau sudah kelaparan banget dan butuh makanan enak dalam waktu singkat, biasanya resep masakan simpel ini yang jadi andalan. Spaghetti tuna aglio olio ini lebih praktis dibandingkan harus masak spaghetti bolognese.

Baca juga: 3 Produk Langka dan Mahal Karena Corona? Ini Substusinya!

Pro tip:

BAWANG PUTIH DAN MINYAK - RESEP MASAKAN SIMPEL

Blender bawang putih yang banyak, tuang ke dalam jar kaca, tambahkan minyak, tutup rapat. Simpan di kulkas, gunakan tiap kali memasak. Bawang putih adalah bumbu wajib di berbagai masakan, sehingga cara ini membantu kamu supaya lebih praktis. Kamu jadi nggak perlu iris-iris bawang putih setiap hari.

Nah, itulah 5 resep masakan simpel yang bisa dimasak semua orang, bahkan yang nggak terbiasa masak sebelumnya. Kalau kamu punya resep andalan lain untuk dicoba selama #dirumahaja, silakan share di kolom comment ya! Selamat memasak!

 Foto: Freepik.com, Realhousemoms.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment