Tips Potong Rambut Sendiri di Rumah Biar Nggak Fail!

potong rambut di rumah

Mulai bosan sama potongan rambut, tapi nggak bisa ke salon karena physical-distancing? Kamu bisa bereksperimen dengan potong rambut sendiri. Ini tipsnya biar nggak fail!

Selama #DiRumahAja banyak lho hal baru yang bisa kamu eksplor, termasuk juga yang berhubungan sama beauty. Mulai dari self-pampering routine seperti luluran, pakai hair mask, atau manicure-pedicure sendiri. But if you’re feeling ‘adventurous’ atau sudah bosan banget sama gaya rambut yang sekarang, kamu juga bisa cat rambut sendiri atau potong rambut sendiri. Kalau untuk urusan mewarnai rambut, kayaknya Ochell lebih expert ya, kalau saya justru jadi ‘hobi’ potong rambut sendiri selama quarantineHahaha. Dilihat-lihat, di media sosial juga sudah pada share quarantine haircut’ masing-masing saking sudah bosannya (padahal baru tiga minggu, ya). Ada yang hanya trim ujungnya sedikit, tapi banyak juga yang tiba-tiba jadi punya poni.

Perlu diingat, hasil potongan rambut sendiri tentunya nggak akan sama kayak potongan hairdresser langganan kita. Skill dan tools yang terbatas tentu saja mempengaruhi. Selain itu, memotong rambut sendiri juga lebih mudah buat yang awalnya punya rambut panjang. Buat pemilik rambut shoulder length dan ingin pendekin jadi bob atau lob, baiknya minta bantuan Mama atau kakak supaya nggak menyesal di kemudian hari hehehe. Buat yang ingin bereksperimen potong rambut sendiri juga, coba cek tips ini biar nggak fail ya.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Disiapkan Saat Cat Rambut Sendiri di Rumah

Pakai gunting rambut

set-professional-hair-scissors_23-2148352901

Yang pertama dan paling obvious, please pakai gunting rambut. Jangan pakai gunting kertas, gunting kain, apa lagi gunting dapur. Yes, they get the job done anyway, tapi menggunakan gunting selain gunting rambut bisa bikin ujung rambutmu malah jadi rusak. Nggak mau repot dan tetap memilih untuk pakai gunting kertas? Well, do it on your own risk. :)

Rambut basah atau kering?

Kalau ke salon, biasanya rambut kita akan dipotong saat basah. Cara ini juga yang paling logical dan mudah karena rambut kita akan jadi super lurus. Tapi kamu juga bisa memotong rambutmu dalam keadaan kering untuk bisa langsung lihat panjang aslinya. Tips dari Hair Youtuber Brand Mondo adalah dengan mencatok rambut sampai benar-benar lurus sebelumnya untuk mempermudah proses cutting. Jangan lupa untuk pakai heat protectant dulu, ya.

Bagi rambut dalam beberapa bagian

Untuk pemilik rambut tipis-medium, kamu bisa membagi rambutmu dalam dua bagian mengikuti belahan rambut yang kamu inginkan, lalu ikat dengan karet rambut. Kalau rambutmu tebal, baiknya dibagi dalam empat bagian agar potongannya lebih even. Selanjutnya ikat lagi sesuai dengan panjang yang kamu inginkan.

Take a deep breath and start cutting…

potong rambut

Nervous? Understandable lol. Jepit ujung rambut di antara jari telunjuk dan jari tengah lalu mulai potong sedikit demi sedikit. Nggak masalah kalau lebih panjang dari plan awalmu, kamu masih bisa memperbaikinya dengan point cutting setelahnya. Kalau sudah terlanjur terlalu pendek, there’s no going back. 

Untuk yang ingin potong poni, tips dari Jen Atkin, hairdresser Bella Hadid, adalah dengan mengambil bagian rambut tipis terlebih dulu dan jangan lupa point cutting supaya ponimu nggak kelihatan bulky.

 


View this post on Instagram

Use responsibly✂️ (@ hairstylists don’t worry they’re gonna appreciate you even more after this)

A post shared by Founder/Hairstylist/DogMom (@jenatkinhair) on

Selamat coba ‘quarantine haircut’! Kalau pun nggak benar-benar sesuai ekspektasi, rambutmu masih akan tumbuh kembali kok. :)

Foto: Freepik, Instagram @jenatkinhair, Youtube 도영도영이, Youtube Hiyena