5 Hal yang Harus Disiapkan Saat Cat Rambut Sendiri di Rumah

Warna Rambut Temporary Pakai Hair Wax

#DiRumahAja dalam jangka waktu yang lama, pasti bikin kamu gatel pingin experiment warnain rambut sendiri kan? Nah, berikut beberapa hal yang harus kamu siapkan, ketika mau cat rambut sendiri di rumah.

Hayo, siapa yang sudah mulai kepikiran untuk cat rambut sendiri di rumah? Biasanya urge untuk warnain rambut itu muncul karena rasa bosan di #DiRumahAja, atau ter-influence dari nonton film atau melihat influencer yang warna rambutnya bagus. Belum lagi, di Tik Tok juga ada hair colour challenge yang semakin bikin kita tertantang untuk ngewarnain rambut.

Baca juga: 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mewarnai Rambut

Cuma nih, sebelum kamu jump in dan langsung cat rambut sendiri di rumah, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan terlebih dahulu, supaya hasilnya maksimal dan nggak membahayakan kesehatan kamu.

5 Hal yang Harus Disiapkan Saat Cat Rambut Sendiri di Rumah

Patch test

Hal ini wajib banget dilakukan setiap kali kamu mau mencoba produk baru. Guna patch test ini adalah untuk mengetahui, apakah kamu alergi atau nggak dengan cat rambut yang akan kalian pakai. Jangan anggap sepelepatch test lho, kalau ternyata kamu alergi dengan cat rambut, hal yang bisa terjadi adalah muka kamu bengkak atau bahkan bisa sampai terjadi gangguan pernafasan. Jadi pastikan kamu selalu lakukan patch test2×24 jam, sebelum proses warnain rambut. Patch testbisa kamu lakukan pada area tubuh seperti belakang kuping, lengan dalam atau leher.

Cape atau baju tidur

Saat ingin cat rambut, pastikan kamu menggunakan baju tidur atau baju rumah saja. Karena biasanya saat mewarnai rambut, apalagi kalau rambut kalian panjang, pasti akan ada saja cat rambut yang menetes atau menempel di baju kita nantinya. Tapi kalau ngggak mau baju kotor, kalian bisa gunakan gown cape yang biasa digunakan saat potong rambut. Alat ini bisa kalian cari di e-commerce kok, dan harganya juga murah, yang pasti di bawah Rp100.000.

5 Cara Menggunakan Vaseline Repairing Jelly-indonesia-1

Petroleum Jelly

Guna petroleum jelly ini untuk menghindari adanya stain cat rambut pada area wajah atau kepala kalian. Namanya juga cat rambut sendiri, pasti akan sedikit berantakan dan keluar jalur, hehe. Biasanya petrolium jelly ini akan digunakan pada area dahi, pipi, kuping dan leher.

Lihat juga: Cat Rambut Di Rumah Pakai Cat Rambut Pudding?? | FD Tried & Tested

Siapkan Dua Kaca Besar

Karena lagi social distancing/physical distancing, kita nggak bisa minta bantuan teman atau saudara untuk mengaplikasikan cat rambut pada bagian belakang. Nah, nggak usah khawatir, kamu masih bisa kok mengaplikasikan cat rambut pada bagian belakang, dengan caranya menyiapkan dua kaca. Posisikan satu kaca di belakang tubuh kita, dan satu di depan. Kaca di belakang gunanya untuk melihat, apakah kamu sudah menyentuh semua bagian rambut di belakang kepala kamu.

5 Hal yang Harus Disiapkan Saat Cat Rambut Sendiri di Rumah-4

Mangkuk, sisir dan sarung tangan

Kalau kalian menggunakan cat rambut yang liquid atau creme, sebaiknya cat ini dituangkan ke mangkuk dan diaplikasikan menggunakan sisir khusus cat rambut. Kalau diaplikasinya langsung dituang dari botol, yang ada nanti lebih boros menggunakan cat-nya dan aplikasi warnanya kurang merata. Jadi selalu siapkan ya, mangkuk bekas atau mangkuk khusus untuk cat rambut. Selain itu, kalian juga harus menyiapkan sarung tangan. Nggak perlu pakai sarung tangan latex atau yang medical grade, cukup pakai sarung tangan plastik yang biasa saja sudah cukup kok. Karena tujuannya untuk melindungi agar tangan kita nggak kotor atau staining dari cat rambut yang kita akan pakai nantinya.

Baca juga: Pewarna Rambut Affordable yang Warnanya Bold!

Itu beberapa bahan basic yang perlu kalian siapkan sebelum mewarnai rambut sendiri di rumah. Besok, saya akan share tips gimana caranya supaya warnain rambut sendiri di rumah, tapi rata warnanya. So, stay tuned buat part 2-nya ya.