lifestyle

Tips Aman Belanja Online Makeup dan Skincare

seo-img-article

TIPS AMAN BELANJA ONLINE 2

Lebih suka belanja online tapi takut malah dapat produk skincare atau makeup palsu? Ikuti tips berikut supaya lebih aman.

Hampir semua brand skincare dan makeup saat ini sudah bisa ditemukan dan dibeli secara online. Sebenarnya kalau kita membeli produk beauty secara langsung dari official store brand itu sendiri di marketplace, nggak perlu khawatir karena sudah pasti produk yang dikirimkan adalah produk asli. Tapi seringkali kita lebih memilih untuk membeli dari online shop tertentu, misalnya karena ingin beli produk dari beberapa brand sekaligus, atau produk yang kita beli adalah dari brand impor yang belum dijual secara resmi di Indonesia. 

Nah untuk menghindari kemungkinan membeli produk yang ternyata KW yang punya kandungan berbahaya buat kulit kita, kamu bisa ikuti tips berikut ini :

Beli lewat e-commerce

TIPS AMAN BELANJA ONLINE 5

Seperti yang kita tahu, jika membeli suatu produk dari toko online di e-commerce, penjual baru akan menerima dana penjualan setelah produk sampai ke tangan customer dan kita menentukan apakah akan menyelesaikan proses pembelian atau ingin mengajukan refund atau pengembalian jika produk yang diterima tidak sesuai. Sistem ini sangat memudahkan kita para customer untuk bisa terlebih dahulu memeriksa produk makeup dan skincare yang dibeli sebelum dana akan ditransfer ke penjual.

Saat produk makeup dan skincare yang kamu beli di online shop tiba, sebaiknya periksa dengan teliti sampai yakin produknya asli dan aman digunakan. Nah, gimana dengan online shop yang berjualan di Instagram saja? Walaupun misalnya tokonya tidak berjualan secara khusus di e-commerce, biasanya kita bisa kok request ke pemilik toko jastip atau online shop untuk memasukkan produk yang ingin dibeli ke e-commerce supaya proses pembayarannya lebih aman.

Cek reputasi penjual

TIPS AMAN BELANJA ONLINE 4

Supaya yakin kita membeli produk makeup dan skincare dari toko yang terpercaya, jangan terburu-buru untuk langsung beli sebelum memeriksa profil penjual. Informasi seperti review produk, review toko secara keseluruhan, dan seberapa responsif penjual dalam membalas chat pembelinya bisa menjadi pertimbangan apakah toko tersebut trusted.

Oh iya, tips tambahan, sebaiknya kamu sortir review pembeli berdasarkan penilaian pembeli yang paling rendah (bintang satu) untuk melihat kemungkinan adanya komplain tentang produk atau pelayanan toko. Misalnya dari proses pengiriman yang lama, packaging yang kurang rapi sehingga produknya pecah atau tumpah, hingga ke komplain pembeli soal produk yang nggak original. Waktu saya masih bekerja di salah satu startup e-commerce, cara ini cukup berguna untuk mengidentifikasi mana penjual yang terpercaya dan mana yang nggak.

Bandingkan harga dengan penjual lainnya

TIPS AMAN BELANJA ONLINE 3

Kalau kebetulan kamu menemukan online shop yang jual produk makeup incaran dengan harga sangat miring dari harga pasaran, kamu perlu waspada. Nggak ada salahnya kamu cek terlebih dahulu harga kisaran produk makeup atau skincare yang kamu inginkan di dua atau tiga penjual. 

Caranya kamu bisa ketikkan nama produk di search bar aplikasi e-commerce lalu urutkan tampilan produk berdasarkan produk yang paling laris atau yang punya review paling bagus. Di halaman pertama hasil pencarian tadi kamu bisa catat berapa kisaran harga produk yang kamu inginkan di toko-toko tersebut dan bandingkan dengan toko yang akan kamu beli tadi. Kalau harganya terlalu murah dibandingkan harga rata-rata, mungkin kamu perlu cek kembali reputasi tokonya. If something seems too good to be true, it probably is. 

Daripada ragu-ragu membeli produk yang palsu demi harga miring, lebih baik tunggu ada diskon dari brand resmi atau promo dari e-commerce misalnya saat payday sale, black friday atau harbolnas.

Nah itu tadi tips aman belanja produk makeup dan skincare secara online. Intinya, when it comes to beauty products, lebih baik selalu beli dari toko yang terpercaya karena kita nggak mau sembarangan menggunakan produk ke kulit apalagi untuk jangka panjang. Walaupun perlu sedikit effort untuk menerapkan tips di atas, tapi akan jauh lebih baik dibandingkan harus mengalami reaksi negatif di kulit akibat menggunakan produk nggak jelas. Semoga infonya membantu ya!

 

Foto: Freepik.com

azaliardn

azaliardn

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment