banner-detik

diet fat loss

Kunci Turun Berat Badan Cepat

seo-img-article

3 Tips Memilih Sportswear yang Tepat untuk Olahraga Favoritmu

Dibanding kalian fokusnya mencari obat diet atau memilah-milah tipe diet yang tepat, coba deh lakukan satu hal ini dulu. Saya jamin, berat badan kalian pasti turun dengan cepat.

Saat punya goals untuk menurunkan berat badan, biasanya fokus orang-orang adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti makan salad, menghindari karbo dan gula. Ya, memang sih, dengan menghindari makanan yang tinggi karbo dan gula, itu sangat membantu mempercepat turunnya berat badan di tubuh kita. Namun, sebelum kita buru-buru mengubah pola makan secara drastis, nggak ada salahnya kalian mencoba satu cara ini terlebih dahulu.

Sebenarnya kunci turun berat badan yang cepat dan nggak pakai olahraga adalah mengurangi jumlah kalori yang kita makan sehari-hari. Kalau kalian ke dokter gizi, kalian akan diatur porsi makan oleh dokter gizi. Mengurangi jumlah kalori harian, bukan dengan cara hanya makan satu kali, tapi mencari makanan dengan kalori rendah, namun tetap membuat kita tetap terasa kenyang.

Baca juga: Weight Loss dan Fat Loss, Apa Bedanya?

Lalu gimana sih, tahunya berapa jumlah kalori yang harus kita konsumsi? Kalau saya, tahunya berdasarkan timbangan yang biasanya ada di tempat fitness. Timbangan ini bisa mengukur jumlah lemak, masa otot, dan air pada tubuh kalian. Karena lengkap, timbangan ini pun bisa memberikan info jumlah kalori harian yang diperlukan untuk tubuh kalian.

makan salad-9

Misalkan, untuk saya yang beratnya, 76kg dengan tinggi 157cm, dan umur 29 tahun, kalori harian yang saya butuhkan untuk aktifitas hari-hari adalah 1737 kalori. Kalau saya mau turun berat badan, maka jumlah kalori yang saya konsumsi adalah di bawah angka tersebut. Gimana cara menentukan berapa target maksimal kalori intake ini? Baiknya konsultasi ke dokter gizi kalian masing-masing. Karena saya nggak mau ke dokter gizi, jadi saya set goals sendiri, yaitu hanya akan mengkonsumsi kalori harian maksimal 1000 kalori saja.

Nah, kalau kalian sudah menerapkan kalori defisit sehari-hari, tanpa perlu olahraga yang berat dan rutin setiap harinya, pasti berat badan kalian akan turun kok. Kalau mau maksimal dan kalian punya target untuk menurunkan lemak badan, sebaiknya seminggu dua kali berolahraga HiIT atau kardio untuk mengubah lemak kalian menjadi otot. Kalau dibarengi dengan olahraga, bukan hanya timbangan saja yang turun, tapi badan kalian akan lebih toned karena lemak kalian akan beruba jadi masa otot. Coba lihat foto di bawah ini.

cinch fat muscle

So, sebelum kalian diet mati-matian dan buru-buru beli obat diet (yang nggak baik dan ngaruh juga buat nurunin berat badan). Coba dulu deh, kurangi kalori defisit ini. Untuk mempermudah kalian untuk mengontrol jumlah kalori yang akan kalian konsumsi, download deh aplikasi Lose it. Selamat mencoba!

Foto: Freepik.com, getmuscletips.com, Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment