banner-detik

haircare

Kamu Juga Bisa Mengalami Eczema di Kulit Kepala Lho!

seo-img-article

ECZEMA DI KULIT KEPALA 1Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa eksim yang terjadi di kulit kepala itu bisa disebabkan karena produk rambut yang kamu pakai, atau memang karena tergolong memiliki kulit kepala yang kering.

Rasa gatal di beberapa titik kulit kepala itu wajar banget terjadi (apalagi kalau belum keramas, ditambah dengan cuaca yang panas). Tetapi jika kulit kepala kamu sering banget gatal dan umumnya terjadi nggak hanya di satu titik aja, mungkin aja kamu mengalami eczema (atau eksim). Eczema adalah satu kondisi yang dapat menyebabkan ruam merah, bersisik, gatal, dan muncul di berbagai tubuh kamu. Ini biasanya muncul di area tubuh seperti tangan, kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, leher, dada bagian atas, kelopak mata, siku, dan lutut, tetapi bisa di mana aja — termasuk di bawah rambut kamu.

Mungkin ada dari antara kamu yang meragukan kalau eczema nggak akan mungkin terjadi di kulit kepala. Salah besar nih, karena kondisi kulit ini bisa banget terjadi di kepala juga, lho. Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa eczema yang terjadi di kulit kepala itu bisa disebabkan karena produk rambut yang kamu pakai, atau memang karena tergolong memiliki kulit kepala yang kering. Nah, berikut ini caranya tahu apakah kulit kering di kepala itu itu eczema atau bukan. 

Baca juga: Tips Memilih Shampoo Agar Rambut Lebih Halus dan Sehat

Eczema secara teknis dikenal sebagai dermatitis atopik

ECZEMA DI KULIT KEPALA 4

Dermatitis adalah istilah umum untuk radang kulit. Dermatitis atopik biasanya terjadi karena variasi gen yang membuat kulit sulit untuk tetap lembab dan secara alami memberikan perlindungan dari bakteri, iritasi, dan alergen. Inilah akar yang menyebabkan masalah kulit kering, radang, terasa panas seperti terbakar, dan gatal. Area-area ini mungkin bisa mengeluarkan cairan dan mengeras jika kamu menggaruknya, yang mana akan menyebabkan kulit jadi luka. 

Jika kamu mengalami gejala-gejala ini pada kulit kepala, mungkin banget nih kamu berasumsi kalau ini disebabkan karena masalah ketombe yang parah. Mungkin banget. Lantas kamu mengira dengan keramas dan bantuan sampo anti-ketombe akan mengurangi rasa gatal dan kulit kepala kering itu. Padahal cara ini justru dapat memperburuk keadaan karena beberapa alasan. Salah satunya adalah adalah karena kamu sedang mengalami eczema yang membuat kulit kepala kamu bereaksi dan terjadi alergi karena sampo tersebut. Belum lagi jika kamu keramas dengan air yang lebih panas selama lebih dari 10 hingga 15 menit, ditambah dengan menggosok kulit kepala dengan sekuat tenaga juga bisa memperburuk kondisi eksim tersebut.

ECZEMA DI KULIT KEPALA 2

Untuk itu, gatal di kulit kepala yang sudah lama kamu alami, nggak bisa kamu anggap enteng begitu saja. Jika gatal itu sudah bikin kulit kamu mengalami iritasi berkepanjangan, jangan berasumsi kamu bisa mengatasinya dengan mengganti sampo khusus saja. Sudah waktunya kamu pergi ke dokter kulit dan memeriksakan masalah ini untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Baca juga: Produk yang Wajib Dimiliki untuk Membantu Mengatasi Eczema

Eczema di kulit kepala bisa segera dikenali oleh dokter

ECZEMA DI KULIT KEPALA 3

Yup, dokter kulit akan dengan mudah mengenali kondisi eksim di kulit, begitu juga di kulit kepala. Jika dokter mengonfirmasi bahwa kamu memang memiliki eczema di kulit kepala, mereka pasti akan menawarkan rangkaian perawatan, seperti obat-obatan untuk mengurangi peradangan dan menenangkan sistem kekebalan tubuh yang aktif, bahkan menyarankan penggunaan sampo serta kondisioner yang lebih lembut dan nggak akan membuat kulit kepala semakin mengelupas. 

Nah, buat kamu yang sudah cukup lama mengalami gatal-gatal di kulit kepala dan mulai banyak kulit kepala kering yang berjatuhan, masalah ini bisa jadi bukan cuma masalah ketombe saja. Memang sih banyak produk yang menawarkan “janji” untuk membantu mengurangi gatal di kepala. Tapi menggunakan sampo yang dijual bebas itu nggak akan mengobati eczema, bahkan bisa memperburuknya. Semoga kamu bisa mengambil langkah tepat sebelum eczema jadi makin parah ya.

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment