Gel Scrub Emina Vs The Body Shop

 

 gel scrub emina vs the body shop - Arum (2)

Emina punya gel body scrub yang mirip dengan The Body Shop dengan harga yang jauh lebih terjangkau lho! Kita bandingkan yuk, bisa nggak sih gel scrub Emina menggantikan gel scrub dari The Body Shop?

Untuk produk body scrub, saya lebih suka dengan yang gel based daripada cream based. Karena tekstur gel ini lebih mudah dipakai dan diratakan ke kulit daripada tekstur creamGel scrub yang saya suka dan biasa selalu saya beli adalah dari brand The Body Shop. Saya ganti-ganti saja untuk varian aromanya. Kadang saya pakai yang Wild Argan Oil, British Rose, atau yang Fuji Green Tea. Nah, baru-baru ini saya mencoba Emina Body Scrub yang menurut saya sih rasanya ketika saya pakai, nyaris sama dengan The Body Shop Exfoliating Gel Scrub. Makanya saya mau mencoba membandingkannya. Kali ini saya membandingkan Emina Body Scrub Pineapple dengan The Body Shop Wild Argan Oil Exfoliating Gel.

 

Ingredient

Sebenarnya agak kurang pas kalau mau membandingkan dari sisi ingredient, karena dua produk ini punya highlight ingredient yang berbeda. Namun saya akan meletakkan ingredient list-nya agar bisa dibandingkan sendiri ya.

The Body Shop Wild Argan Oil Exfoliating GelAqua/Water, Glycerin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil , Juglans Regia Shell Powder/Juglans Regia (Walnut) Shell Powder, Silica, Polysorbate 20, Parfum/Fragrance, Benzyl Alcohol, Phenoxyethanol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Argania Spinosa Kernel Oil, Argania Spinosa Shell Powder, Mel/Honey, Sodium Hydroxide, Benzophenone-3, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Disodium EDTA, Coumarin, Denatonium Benzoate, CI 19140, CI 14700

Emina Body Scrub Pineapple: Glycerin, Aqua, Polyethylene, PEG-40, Hydrogenated Castor Oil, Trideceth-9, Phenoxyethanol, Carbomer, Fragrance, Ananas Comosus (Fruit) Extract, Propylene Glycol, Disodium EDTA, Polysorbate 20, Ethylhexylglycerin, Sodium Hydroxide, Citric Acid, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Cl 19140, Cl 14720.

 gel scrub emina vs the body shop - Arum (5)

Packaging

Keduanya punya packaging jar bulat dengan tutup berbentuk ulir. Kebetulan yang The Body Shop ini saya hanya punya ukuran travel size-nya, tapi jar besarnya pun kurang lebih serupa bentuknya. Material pembuat packaging-nya juga sama-sama terbuat dari plastik tebal. Hanya saja, The Body Shop lebih unggul karena proses produksi keseluruhannya lebih ramah lingkungan dan kemasannya bisa dikembalikan untuk didaur ulang.

Aroma

Sama seperti ingredient-nya, jenis aromanya tidak bisa dibandingkan karena memang sangat berbeda. Emina beraroma buah nanas segar, sedangkan The Body Shop ini aromanya manis dan lembut. Untuk ketahanan aromanya, The Body Shop lebih unggul. Satu jam setelah mandi, ketika saya mencium kulit saya sendiri, aroma Emina Body Scrub sudah sama sekali hilang, sedangkan aroma The Body Shop Body Scrub ini masih samar-samar tertinggal.

Formulasi

Kedua produk ini sama-sama menggunakan gel untuk perantara. Gel pada Emina Body Scrub, terasa sedikit lebih thick daripada The Body Shop Gel Scrub, sehingga The Body Shop terasa lebih mudah diratakan ke seluruh tubuh. Untuk butiran scrub-nya, The Body Shop lebih terasa teksturnya, sedang Emina lebih lembut.

Tapi kalau tidak secara serius saya bandingkan bersisian, sebenarnya secara tekstur kedua produk ini nyaris sama sih.

Klaim

Keduanya adalah body scrub, yang diklaim bisa membersihkan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan membuat kulit terasa halus. Dan keduanya memang berfungsi dengan baik sebagai body scrub, sesuai dengan klaimnya.

   gel scrub emina vs the body shop - Arum (1)

Siapa yang cocok?

Menurut saya, baik The Body Shop maupun Emina cocok digunakan oleh semua orang dengan jenis kulit apapun. Butiran scrub-nya tidak melukai kulit, dan mudah di-spread ke seluruh permukaan kulit tanpa harus ditekan atau digosok berlebihan.

Tapi tetap saja tingkat sensitifitas kulit orang beda-beda ya. Karena ada juga kulit yang tidak tahan sama sekali dengan gesekan dari benda kasar seperti body scrub. Jadi dicoba saja dulu di area kecil kulit.

 Baca juga: Perhatian Untuk Para Pengguna Body Scrub & Shower Puff!

Harga

Emina Body Scrub dibandrol dengan harga Rp41.000,-/ 100ml, sedangkan The Body Shop Exfoliating Gel Body Scrub harganya adalah Rp79.000,-/ 50ml dan Rp299.000,-/ 250ml. Emina Body Scrub memang jauh lebih murah.

Kesimpulan

Setelah saya bandingkan dengan teliti dan seksama, saya ternyata masih lebih menikmati menggunakan The Body Shop Exfoliating Gel Body Scrub. Namun, sebenarnya Emina Body Scrub ini kualitasnya juga bagus dan teksturnya juga mendekati tekstur The Body Shop, dengan harga yang lebih terjangkau. Jadi mungkin Emina bisa dijadikan pilihan, bila ingin gel scrub dengan harga yang lebih terjangkau.