uncategorized

Gimana Cara Merawat Kulit Leher dengan Baik?

seo-img-article

CARA MERAWAT KULIT LEHER

Sadar nggak sih kalau kulit leher adalah area yang jarang jadi fokus kita? Padahal, merawat kebersihan dan kelembapannya sangat penting lho!

Sama seperti kulit wajah, kondisi kulit leher juga sangat beragam. Ada yang mudah muncul noda-noda gelap, ada pula yang kulitnya berlipat-lipat — biasanya karena saat bayi memang banyak baby fat-nya. Tapi satu yang pasti, kulit leher adalah salah satu area yang mudah sekali menampakkan penuaan, selain area mata dan punggung tangan. Makanya, kita nggak boleh mengabaikannya.

Ada banyak cara buat merawat kulit leher supaya tetap tampil sehat dan prima. Simak tips berikut ini!

1. Jaga kebersihannya

CARA MERAWAT KULIT LEHER 1 - 550

Kamu bisa berlama-lama dalam membersihkan wajah, melakukan double cleansing, bahkan sampai pakai cleansing brush berharga jutaan agar kebersihan wajah tetap maksimal. Tapi apa yang sudah kamu lakukan untuk merawat kulit lehermu?

Leher itu lokasinya berdekatan sekali lho dengan wajah! Jadi sebaiknya kamu nggak “pilih kasih”. Saat membersihkan wajah, leher juga harus dibersihkan dengan produk yang sama. Seringkali, saat kita mandi, kita hanya menggunakan body wash untuk membersihkan leher, sekalian dengan area tubuh lainnya. Tapi, sebaiknya kamu justru pakai facial wash, bukan body wash. Facial wash punya kandungan pembersih yang lebih lembut dan punya active ingredients yang bisa lebih baik dalam merawat kulit.

Selalu bersihkan dengan gerakan dari bawah leher ke atas ya! Supaya area tersebut tetap kencang.

2. Selalu aplikasikan sunscreen

Saya yakin, ini pasti masih sering terlupakan kan? Nggak boleh lho! Karena leher juga mudah sekali kena paparan matahari. Jadi, saat mengaplikasikan sunscreen, pastikan kamu memakainya sampai area leher, termasuk tengkuk dan tulang leher yang menonjol. Ini untuk mencegah munculnya noda-noda hitam dan warna kulit yang tidak merata. Apalagi kalau kamu sering menguncir rambutmu atau punya rambut yang pendek sehingga lehermu lebih gampang kena matahari.

3. Perlakukan sama dengan kulit wajah

CARA MERAWAT KULIT LEHER 2

Seperti yang sudah saya sebutkan di poin nomor 1, kamu harus memperlakukan kulit lehermu seperti kulit wajahmu. Bersihkan secara teratur, gunakan skincare sampai ke leher, termasuk masker dan sunscreen. Kalau pakai sheet mask, area leher memang nggak kena tisunya, tapi pastikan kamu juga membubuhkan cairannya ke leher untuk merawat kulit leher.

Begitu juga saat memakai makeup! Saya sering banget lihat tutorial para influencer atau selebriti, mereka hanya pakai produk-produk sampai di dagu dan rahang saja, skip area leher. Padahal menurut saya, pakai face primer, foundation, dan setting spray juga harus sampai leher. Selain membuat warna kulit wajah dan leher tampak lebih merata, kamu juga melindungi kulitmu dari debu, polusi, dan radikal bebas. Kalau hanya wajah saya yang dilapisi skincare dan makeup, sementara leher nggak pakai apapun, maka kondisi kulit leher akan sangat kering dan tidak terawat.

Meskipun leher adalah area perbatasan antara tubuh dan wajah, saya merasa leher lebih berhak pakai produk skincare untuk wajah. Jadi, hindari pakai sabun mandi, body lotion atau body oil untuk leher, tapi gunakan skincare yang memang sehari-hari kamu pakai di wajahmu seperti essence dan serum.

4. Manjakan dengan pijatan

CARA MERAWAT KULIT LEHER 3

Salah satu hal yang saya rasakan setelah usia 30-an adalah leher gampang sekali pegal. Apalagi di era “menunduk” sekarang ini, ketika semua orang asyik dengan ponselnya masing-masing. Leher jadi tumpuan sehari-hari, dan itu kasihan lho!

Makanya, leher harus dapat perlakuan ekstra juga seperti pijatan. Saat menikmati body massage atau totok wajah, bilang ke masseuse untuk memijat area lehermu juga. Begitupun saat creambath di salon. Enak banget kan, pijatan di area tengkuk? Itu akan bikin leher lebih terasa rileks, nggak tegang lagi, sekaligus membuatnya tetap lembap dan lembut.

Saat di rumah, kamu juga bisa memijat leher saat menggunakan face oil atau serum, dengan bantuan face roller. Dorong face roller dari leher bawah ke atas, lakukan berulang-ulang. Cara ini mampu membuat penyerapan produk lebih maksimal, dan membantu merawat kulit leher supaya lebih kencang.

Baca juga: 5 Neck Cream untuk Merawat Kulit Leher Agar Awet Muda

5. Gunakan neck cream

neck cream

Pingin lebih sayang lagi sama area ini? Gunakan neck cream yang memang diciptakan khusus untuk merawat kulit leher kamu. Neck cream memang belum sebanyak face cream di pasaran, tapi kamu bisa berinvestasi pada produk ini karena biasanya mengandung banyak bahan aktif untuk menunda penuaan. Jadinya area kulit lehermu bisa terasa lebih lembap dan firm. Tapi, kalau kamu belum ada budget, atau masih di usia yang cukup belia dengan kondisi kulit leher yang baik-baik saja, kamu bisa menggunakan face cream atau moisturizer yang biasa saja, yang kamu pakai buat wajahmu. Jangan sampai terlewat ya!

 

Nah, itulah tips merawat kulit leher yang bisa kamu aplikasikan sehari-hari. Dengan memberi perhatian khusus, kamu bisa punya kondisi kulit leher yang sama sehatnya dengan kulit wajahmu, sekaligus mencegah kerutan cepat datang. Selamat mencoba!

 

Foto: Courtesy of Innisfree, Shiseido, It Cosmetics, Freepik.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment