banner-detik

makeup

5 Trik Agar Kulit Gelap Tampil Lebih Sehat dan Glowing!

seo-img-article

CARA MERAWAT KULIT GELAP AGAR TETAP GLOWING 1Cantik nggak harus putih. Kita harus sadar betul bahwa definisi cantik tidak ditentukan oleh warna kulit. Kalau kamu punya kulit gelap, jangan berkecil hati. Kamu justru harus berbangga dengan kulit eksotismu itu. Yang perlu kamu tahu adalah cara membuatnya selalu sehat dan glowing!

 

Coba deh lihat J.Lo, Rihanna, dan Emily Ratajkowski. Sebagai pemilik kulit terang, saya seringkali iri lho dengan kulit mereka yang tanned dan berkilau. Mereka selalu tampil percaya diri dengan keaslian skin tone mereka dan selalu menjaganya agar tetap sehat. Kalau di dunia showbiz lokal, ada Tara Basro, Aurelie Moeremans, dan Marion Jola yang kelihatan cantik banget dengan kulit gelap mereka. Kamu pingin juga, kan? Gimana ya cara membuat kulit gelap selalu tampak berkilau sehat? Yuk, simak tips di bawah ini!

1. Rutin aplikasikan face oil

TRILOGY CERTIFIED ORGANIC ROSEHIP OIL

Supaya kulit tetap lembap, lembut, dan tampak berpendar sehat, kamu harus selalu menjaga skin barrier tetap sehat. Pilih pembersih wajah yang nggak bikin kulit kering, pakai toner dan serum untuk menyegarkan dan menutrisi, selalu pakai moisturizer sesuai jenis kulit, lindungi dengan sunscreen, dan tambahkan juga face oil untuk mengunci kelembapan.

Face oil nggak cuma melembapkan dan bikin kulit lebih kenyal, tapi juga memberi glowy sheen yang sehat pada kulit wajahmu. Sebaiknya pilih face oil yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu dan gunakan dua kali sehari ya! Kalau kamu sering pakai makeup, face oil juga bagus sebagai base makeup agar makeup lebih menempel dan tampak lebih dewy. 

Baca juga: 5 Rekomedasi Kandungan Face Oil yang Bisa Dipakai Semua Jenis Kulit

2. Eksfoliasi secara rutin

EXFOLIATING TONER

 

Eksfoliasi menggunakan facial scrub atau chemical exfoliator seperti AHA dan BHA 2 kali dalam seminggu akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga penyerapan skincare lainnya akan lebih maksimal. Eksfoliasi juga bikin kulit halus dan terlihat cerah. Yup, kulit gelap juga bisa terlihat lebih radiant lho!

Baca juga: Lip Products dari BLP Beauty yang Cocok untuk Kulit Gelap

3. Pilih foundation yang tepat

MAC PRO LONGWEAR SPF 10 FOUNDATION

Hati-hati dalam memilih foundation. Jangan pilih yang terlalu terang demi mendapatkan look yang lebih “putih” karena kamu malah bisa terlihat abu-abu lho! Yang terpenting adalah kamu membeli foundation yang sesuai dengan skin tone alami kamu, dengan tekstur yang nyaman dipakai seharian dan nggak bikin kulit wajah seperti topeng. Brand makeup yang warna foundation-nya sangat beragam adalah Fenty Beauty, MAC, Estee Lauder, Maybelline, Smashbox, dan Make Up For Ever.

Kamu bisa simak tips makeup dari Arum untuk ilusi kulit lebih cerah.

4. Tambahkan highlighter

FENTY BEAUTY KILLAWATT FREESTYLE HIGHLIGHTER WARNA TROPHY WIFE

Membubuhkan sedikit highlighter di tulang pipi, tulang hidung, area bahu dan leher bisa kasih perbedaan signifikan pada tampilan kulitmu lho! Karena kulitmu gelap, kamu justru bisa memilih highlighter yang warnanya lebih bold, misalnya Fenty Beauty Killawatt Freestyle Highlighter warna Trophy Wife, Benefit Sun Beam, atau Laura Mercier Face Illuminator Powder warna Seduction.

BENEFIT SUN BEAM

LAURA MERCIER FACE ILLUMINATOR POWDER IN SEDUCTION

Warna-warna tersebut tentu terlalu berat dan festive untuk pemilik kulit pucat, tapi bisa bikin kulit gelapmu bersinar cantik dan tampak seksi. Sebaliknya, hindari highlighter dengan sentuhan warna silver dan soft champagne ya, karena biasanya kurang keluar di kulit gelap.

5. Lirik body moisturizer dengan shimmer

MARIO BADESCU SUMMER SHINE BODY LOTION

NUXE PRODIGIEUSE OR

Biar kilau kulit tubuh sebanding dengan kulit wajah, kamu juga harus punya perawatan ekstra untuk kulit tubuh. Rajin pakai scrub atau lulur seminggu sekali akan bikin sel-sel kulit mati terbarui, kulit jadi lebih halus dan rileks. Tambahkan juga body moisturizer dalam bentuk lotion atau oil yang punya kandungan shimmer lembut, supaya kulit tetap lembap dan makin glowing! Kamu bisa coba Mario Badescu Summer Shine Body Lotion, dan juga Nuxe Huile Prodigieuse Or yang sudah terkenal jago bikin kulit berkilau mewah seperti Beyonce.

 

Nah, itulah beberapa trik supaya kulit gelap selalu sehat dan tampak stunning! Nggak ada alasan buat minder atau murung karena warna kulitmu ya. Selama kamu rajin merawatnya dan tahu cara terbaik memaksimalkan tampilannya, kamu pasti terlihat luar biasa. Kalau kamu punya tips lain, jangan lupa share di comment ya!

 

 

 

Foto: Dok.Female Daily, Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment