banner-detik

made in indonesia

Review Base Skincare BasicKit, Skincare Customised Asli Indonesia

seo-img-article

Sudah baca artikel saya tentang Base Skincare yang ini? Nah, ini dia saatnya saya review Basic Kit mereka yang baru saja mereka luncurkan! 

Setelah menunggu pre-order Basic Kit, akhirnya saya menerima paket berisi Cleanser dan Moisturizer dari Base Skincare. Penantian saya terbayar dengan paket yang super menggemaskan ini!

WhatsApp Image 2020-01-19 at 12.02.27

Disambut dengan kotak coral yang cantik, Base Skincare berusaha untuk menggunakan kemasan yang minimalis. Lihat deh, Base Skincare memberikan hadiah berupa pouch bertuliskan “You are unique, so do your skin” yang bikin saya kegirangan. Base Skincare juga memberikan thank you card dan ingredients list dalam satu kartu, serta sticker. Benar-benar branding yang cantik dan one-of-a-kind. Awalnya saya mau bilang kalau branding-nya mirip Glossier, tapi ternyata Base Skincare berhasil menunjukkan kalau Base Skincare adalah brand yang memiliki jati diri.

WhatsApp Image 2020-01-19 at 12.02.27 (3)

 

Selain kemasannya yang gemas, Base Skincare juga menggunakan kemasan kaca yang kuat dan ramah lingkungan. Duh baru kali ini saya beli produk dengan harga di bawah Rp200.000 tapi menggunakan botol kaca! Sayangnya, saya mendapati beberapa kesalahan yang cukup membuat saya sedikit kecewa terhadap Base Skincare.

Bukti Pembelian Base Skincare Basic Kit

 

Pertama, saya agak kaget karena saya menerima Nine to Ten Nourishing Cleanser di bagian depan tetapi di label bawah botol tertulis Nine to Ten Purifying Cleanser. Padahal sih, di quiz saya menunjukkan saya mendapatkan Nine to Ten Nourishing Cleanser.

Di ingredients list juga tertulis Nine to Ten Nourishing Cleanser beserta bahan baku yang sesuai dengan hasil quiz saya. Saya pun konfirmasi ke pihak customer service Base Skincare, mempertanyakan mengapa terjadi kesalahan label. Ternyata saya mendapatkan Nine to Ten Purifying Cleanser, bukan Nine to Ten Nourishing Cleanser. Jadi apa yang saya dapatkan di quiz dengan produk tidak sesuai.

Kedua, saya juga merasa bingung dengan moisturizer yang saya dapatkan. Teksturnya memang lotion, tapi setelah digunakan kok sangat oily ya? Setelah saya cek hasil quiz ternyata harusnya saya mendapatkan Ultra Clarity Balancing Lotion, tetapi saya dikirimkan Ultra Gleam Purifying Lotion tanpa pemberitahuan sebelumnya. Tim Base Skincare sendiri menjelaskan bahwa tim formulator melakukan assessment manual karena masih mengoptimasikan algoritma dan menawarkan penggantian produk yang sesuai dengan hasil quiz. Sangat disayangkan karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya dan tentunya hal ini membuat saya kecewa meskipun ditawarkan produk pengganti.

WhatsApp Image 2020-01-19 at 12.02.27 (2)

Kita lanjut ke review produknya ya!

Nine to Ten Purifying Cleanser

Nine to Ten Purifying Cleanser sendiri memiliki tekstur cairan kental yang tidak berbusa saat digosok dengan air. Hal ini dikarenakan pembersih wajah dari Base Skincare memang tidak mengandung SLS sama sekali, dan saya tidak melihat adanya bahan detergent atau foaming agent di ingredients list-nya. Aromanya sangat minim, hanya tercium bau khas minyak kacang-kacangan yang lembut. Pembersih ini mengingatkan saya pada Sunday Riley Ceramic Slip versi baru. Rasanya cukup membersihkan wajah tanpa rasa kesat setelahnya. Saya mencoba membersihkan foundation dengan pembersih ini dan hasilnya hanya tersisa sedikit sisa foundation. Sedikit peringatan, pastikan kamu menutup mata saat menggunakan pembersih ini karena cukup perih jika terkena mata. Saya sih suka dengan pembersih wajah ini, terutama untuk penggunaan di pagi hari. Tidak ada reaksi seperti jerawat setelah menggunakan pembersih ini.

Ingredients:

Aqua, Glycerin, Decyl Glucoside, Glyceryl Caprylate/Caprate, Squalane, Sodium Laurylglucosides Hydroxypropylsulfonate, Tocopherol, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Xanthan Gum, Pullulan, Citrus Aurantium Dulcis Oil, Lavandula Angustifolia Oil, Sodium Levulinate, Sodium Anisate, Simmondsia Chinensis Seed oil, Calendula Officinalis Flower Extract, Potassium Sorbate, Sorbic Acid, Citric Acid.

WhatsApp Image 2020-01-19 at 12.02.27 (1)

Ultra Gleam Purifying Lotion

Ada yang sudah pernah coba Stratia Liquid Gold? Nah, Ultra Gleam Purifying Lotion ini mirip sekali secara tekstur dan aroma! Saat dibaurkan, pelembap ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meresap — sehingga ada rasa mengambang di kulit dan kemudian menjadi minyak. Saya tidak mendapatkan reaksi buruk setelah menggunakan pelembap ini, hanya saja, pelembap ini kurang oke digunakan untuk malam hari karena paginya kulit saya terasa kering. Saya sih jadi mengerti kenapa saya diberikan pelembap ini, bukan yang bertekstur gel karena yang gel pasti akan lebih tidak berasa di kulit saya. Saya merekomendasi pelembap ini untuk digunakan di siang hari saat kamu berada di ruangan ber-AC.

Ingredients:

Aqua, Helianthus Annuss Sunflower Seed Oil, Squalane, Rose Canina Fruit Oil, Aloe Barbadensis Leaf extract, Glycerin, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate, Cetyl Alcohol, Ubiquinone, Hippophae Rhammaides Fruit Extract, Rosmarinus Officialis Leaf Extract, Dehydroacetic Acid, Tocopherol, Allatoin, Lysolecithin, Xanthan Gum, Pullulan, Sodium Hydroxide, Benzyl Alcohol, Benzoid Acid, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Citric Acid, Sclerotium Gum.

Kesimpulan

Overall, produk Base Skincare ini tidak mengecewakan dan promising banget. Rasanya seperti pakai skincare high-end dengan harga yang terjangkau. Jelas Base Skincare ini bisa jadi alternatif buat kamu yang mencari skincare lokal, clean, cruelty-free, dan vegan. Saya berharap Base Skincare memperbaiki algoritma-nya agar kelak tidak ada yang menghadapi kebingungan yang saya hadapi. Kalau kamu gimana, tertarik gak menggunakan Base Skincare ini? Komen di bawah ya!

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment