ic-fd

5 Rekomendasi Facial Oil yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit

skin care
author

SWinny・20 Jan 2020

detail-thumb

FACIAL OIL UNTUK SEMUA JENIS KULIT

Yang membuat perbedaan signifikan ini bisa terjadi pada kulit saya ternyata berasal dari kandungan yang ada dalam facial oil tersebut. Mau tahu apa saja?

Kalau ditanya apa sahabat terdekat saya di musim hujan ini, bisa dibilang facial oil. Kehadirannya dalam beauty ritual di malam hari sebelum tidur, bikin kulit saya jadi lebih lembap sekaligus bisa mengurangi tampilan garis halus di wajah. Yang membuat perbedaan signifikan ini bisa terjadi pada kulit saya ternyata berasal dari kandungan yang ada dalam facial oil tersebut. Saya pun jadi penasaran dan menyoroti beberapa facial oil yang bakal memberikan kebaikan buat kulit wajah kamu dan cocok untuk semua jenis kulit. Yuk, simak rekomendasi facial oil dengan berbagai kandungan di bawah ini!

Squalane

Sepertinya kandungan ini sedang jadi primadona di banyak produk beauty. Squalane oil sendiri adalah bentuk jenuh dari squalene yang diperoleh dari proses hidrogenasi. Squalane dalam produk perawatan kulit sebagian besar berasal dari bahan nabati seperti zaitun dan serbuk halus yang melapisi bulir beras dalam biji padi (rice bran). Ia bekerja untuk menghidrasi kulit secara mendalam sambil melapisi kulit kamu dengan kelembpan. Yang menguntungkan lagi, squalane juga nggak komedogenik, plus kecil kemungkinan kulit kamu mengalami iritasi karenanya. Nah, ketika dipakai pun ia nggak terlalu berminyak, sehingga banyak deh yang mengandalkan facial oil dengan kandungan squalane belakangan ini. 

Coba: Biossance Squalane + Vitamin C Rose Oil.

BIOSSANCE SQUALANE & VITAMIN C ROSE OIL

Baca juga: 7 Kandungan Face Oil yang Nggak Memicu Jerawat

Marula Oil

Ada alasan mengapa ada begitu banyak yang memuja-muja kandungan ini dalam facial oil. Berasal dari buah pohon marula, minyak yang cepat banget menyerap di kulit ini kaya akan fatty acid, vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Fungsinya adalah melembapkan kulit, memperbaiki sel-sel kulit dan membuat kulit tampak lebih vibrant dan serunya, marula oil nggak menyumbat pori-pori kulit sama sekali. Ini terbukti banget ketika saya rajin pakai Virgin Marula Luxury Facial Oil dari Drunk Elephant, yang menurut review banyak orang, minyak ini hampir selalu cocok di berbagai jenis kulit, bahkan aman untuk kulit sensitif lho!

Coba: Drunk Elephant Virgin Marula Luxury Facial Oil atau The Ordinari 100% Cold-pressed Virgin Marula Oil.

DRUNK ELEPHANT VIRGIN MARULA LUXURY FACIAL OIL

 

Sea Buckthorn Oil

Namanya memang cukup aneh dan sulit. Minyak ini biasanya muncul dengan nama Hippophae Rhamnoides di dalam daftar komposisi pada kemasan produk beauty. Ia cukup ringan di kulit, cepat banget menyerap, dan memiliki banyak kemampuan dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Facial oil ini mengandung fatty acid untuk menyehatkan kulit dan kaya akan antioksidan yang bertujuan buat menghalau tanda-tanda penuaan. Kalau kamu memiliki masalah kulit, kamu bisa menggunakan facial oil ini karena ini dapat menenangkan kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim. Bahkan juga membantu menyeimbangkan kulit untuk mencegah kelebihan minyak dan jerawat. 

Coba: Skin Dewi Sea Buckthorn Reviving Elixir.

 

SKIN DEWI SEA BUCKTHORN REVIVING ELIXIR

Baca juga: Rekomendasi Face Oil Lokal untuk Kulit Berminyak

Argan Oil

Karena minyak ini kaya sama vitamin E, membuatnya baik untuk hiperpigmentasi dan memudarkan bintik-bintik hitam, dan menghaluskan garis-garis halus dan kerutan. Banyak banget berita baik dari argan oil ini. Argan oil mengandung dua asam lemak tak jenuh utama: asam oleat dan linoleat. Asam oleat dapat membantu bahan aktif lainnya menembus kulit lebih baik, sementara asam linoleat membantu meningkatkan kelembaban kulit melalui ceramide synthesis a.k.a komponen “kunci” dari kulit sehat dan terhidrasi. Buat kamu yang berjerawat dan memiliki kulit berminyak, hindari pemakaian yang terlalu banyak ya, karena selalu ada potensi penyumbatan pori-pori akibat pemakaian produk berbahan dasar minyak berlebih.

Coba:  The Ordinary 100% Organic Cold Pressed Moroccan Argan Oil.

THE ORDINARY MOROCCAN ARGAN OIL

Jojoba Oil

Oil yang sangat menghidrasi ini cocok banget untuk semua jenis kulit termasuk kulit berminyak dan kombinasi karena bisa memberi nutrisi dan melembabkan kulit sekaligus memecah dan melarutkan sebum (tanpa meninggalkan residu). Wow! Teksturnya pun ringan jika, plus anti-inflamasi dan antibakteri. Pas banget nih buat kamu yang sering beraktivitas outdoor.

Coba: Utama Spice Jojoba Oil.

 

UTAMA SPICE JOJOBA OIL

 

Kalau kamu belum pernah menggunakan facial oil sebelumnya, mungkin ini waktu yang tepat untuk memilih salah satunya, karena musim jadi lebih dingin dan kulit cenderung lebih kering. Semoga facial oil yang sesuai dengan jenis kulitmu bisa mengembalikan kelembapan dan kilau sehat kulitmu ya!

 

Foto: Freepik.com, Dok. Biossance, Drunk Elephant, Skin Dewi, The Ordinary, Utama Spice.