banner-detik

peace of mind

Saatnya Melakukan Personal Development Review untuk 2020 Lebih Baik!

seo-img-article

????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

2020 akankah berbeda dari 2019? Atau slogan ‘New Year New Me’ akan jadi isapan jempol belaka? 

Terkadang kalau kita udah cukup occupied with work and life, kita cenderung berjalan ke arah yang kita sendiri nggak tahu arahnya ke mana. Jangankan buat melakukan perubahan, kadang kita juga nggak inget sama hal-hal yang sudah kita lakukan atau capai selama tahun 2019. Mungkin semangat  hanya di awal tahun, dan menjelang akhir tahun, mulai deh cuek sama segala hal dan fokus ke kesibukan masing-masing. Ini yang jadi alasan, kenapa setiap tahun rasanya resolusi kita mandek di situ-situ saja.

Itu alasannya di awal tahun ini, saya pertama kalinya melakukan Personal Development Review, atau saya singkat juga dengan PDR. Ya nggak harus serius-serius amat sih, tapi ini jadi acuan saja tentang apa yang kita udah alami di tahun 2019, apa yang bisa kita lakukan untuk membuat 2020 lebih baik, dan lebih bahagia tentunya. Untuk membuat PDR, ada beberapa aspek yang bisa kamu nilai dan tanyakan kepada dirimu sendiri, mulai dari:

General Life

  1. Buatlah list akan hal-hal yang kamu tetap ingin lakukan, apa aja hal-hal yang ingin kamu berhenti lakukan, serta apa saja hal-hal yang ingin kamu mulai lakukan?
  2. Apakah ada perubahan – besar maupun kecil- yang kamu ingin buat?
  3. Apakah ada hal-hal terpendam selama tahun 2019, yang sebetulnya kamu ingin utarakan ke seseorang, tapi selama ini selalu kamu abaikan?
  4. Adakah peluang untuk membuat hidup kamu jadi lebih bahagia, yang selama ini belum kamu ambil?
  5. Siapa saja orang-orang di sekitarmu yang bisa men-support-mu hingga mencapai tujuan?
  6. Yang terakhir, apa aja hal-hal yang telah berhasil kamu lakukan dan kamu banggakan?

12-1024x1024

Baca juga: Mengerti Mental Health dan Cara Menghadapinya

Emotional Well-Being

Mulailah bertanya kepada dirimu sendiri, bagaimana perasaanmu akhir-akhir ini? Apakah ada isu-isu mental tertentu yang kamu miliki? Apa saja yang membuat kamu bahagia?

Body

Apa yang kamu makan dan minum. Apakah kamu cukup berolahraga selama tahun 2019? Adakah yang jarang atau terlalu sering kamu lakukan, dan yang ingin kamu ubah? Apakah kamu sudah mencintai tubuhmu sendiri selama tahun 2019? Mulailah tulis, the awesome things your body does dan sayangilah tubuhmu selayaknya!

Relationship

Kalau kamu lagi berada di sebuah hubungan, tanyalah kepada dirimu sendiri:

Apakah kamu bahagia? Apakah kamu merasa dirimu dihargai? Apakah ada perubahan-perubahan yang ingin kamu lakukan untuk memperbaiki keadaan? Apakah kamu sudah memastikan kebutuhan utamamu terpenuhi di hubungan tersebut? Apakah komunikasi kalian berdua berjalan dengan baik?

Kalau kamu sedang single:  

Apakah kamu bahagia? Apakah kamu merasa layak untuk dicintai? Sudahkah kamu cukup keluar untuk menemukan ‘the one’? Apa yang selama ini membuatmu ragu untuk mencari pasangan? Apa aja hal-hal yang kamu cari dari seorang pasangan? Apa kamu sudah siap menemukan pasanganmu?

Friendship

Apakah kamu sudah cukup memberikan effort untuk teman-teman terdekatmu? Apakah ada teman toxic, yang perlu kamu eliminasi dalam hidupmu? Kamu ingin punya lebih banyak teman, bagaimana memulainya?

1_RlOSN6WyFfaeJv2K0WBbuQ

Work

Apakah kamu berbahagia dengan pekerjaanmu saat ini? Apa saja yang telah kamu capai dan kamu banggakan selama tahun lalu? Apa aja ambisimu untuk tahun ini? Area mana saja yang ingin kamu kembangkan dan bagaimana caramu mencapainya? Apakah kamu menghadapi kondisi work-relationship yang sulit banget buat kamu, dan gimana cara merubahnya?

Baca juga: DIY Cream Blush Mudah dan Affordable

Me-Time

Dalam seminggu, seberapa banyak waktu yang kamu luangkan untuk dirimu sendiri? Udah buat jadwal rutin ‘me-time’ mu apa belum?

Di awal tahun ini, saya menyusun Personal Development Review saya, sambil flashback tentang hal-hal yang bisa saya lakukan untuk mulai mewujudkan cita-cita saya di 2020. Kamu akan selalu bisa kembali ke PDR-mu kalau ada yang ingin kamu tambahkan atau perbaiki. Simpan PDR-mu di tempat yang aman, simpan selama 6 bulan, kemudian re-evaluate yourself setelah 6 bulan tersebut berlalu.

Yuk, mulai buat Personal Development Review -mu dari sekarang, for a better version of you in 2020! Kalau ada dari kamu yang juga mau coba buat, share di komen ya!

 

Photo Source: parade.com, medium.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment