Review Parfum ZARA dengan Jo Malone, Emotions!

IMG_0645 copy

Parfum ZARA yang sangat ditunggu-tunggu… ZARA Emotions yang dibuat oleh Jo Malone! Ini review lengkapnya.

Do you know that Jo Malone is no longer in Jo Malone London? Setelah brand Jo Malone London dibeli oleh Estee Lauder Companies di tahun 1999, Jo Malone CBE akhirnya berhenti sebagai Creative Director Jo Malone London di tahun 2006. Sempat didiagnosa dengan kanker payudara di tahun 2003, Jo Malone nggak menjadikan penyakitnya sebagai penghambat dan tetap berkarya lewat apa yang ia lakukan dengan baik yaitu wewangian! Lima tahun setelah meninggalkan Jo Malone London, Jo Malone kembali memulai perjalanannya sebagai perfumer atau Nose lewat brand barunya, Jo Loves.

Walaupun begitu, masih belum banyak orang yang belum bisa mencoba wewangian yang dibuat oleh Jo Malone CBE karena harganya yang masih dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Jadi, saat saya mendengar kalau ZARA berkolaborasi dengan Jo Loves (and Jo Malone herself!) untuk membuat delapan varian dengan harga parfum ZARA, saya excited banget! Sempat nggak yakin sih, akan cepat tersedia di Indonesia, but turns out… Parfum ZARA racikan Jo Malone ini sudah bisa dibeli di ZARA di Jakarta bulan Desember 2019 ini. Saya pun membeli satu varian, ZARA Emotions N°7 Fleur De Patchouli, untuk dicoba dan di-review! Langsung baca review-nya aja yuk.

IMG_9749

Packaging

Is it just me or does this bottle reminds you of Les Eaux de Chanel? Hahaha! Terbuat dari kaca, botol dari parfum ZARA Emotions N°7 Fleur De Patchouli ini terasa pas di tangan. Untuk parfum 90ml, ukurannya nggak terlalu besar dan tergolong slim, cocok untuk traveling karena bisa diselipkan di antara tumpukan baju di koper. Bagiannya di tutup dengan stiker warna putih yang bertuliskan varian parfum dengan typeface yang modern dan rapi. Namun karena kacanya bening, kamu bisa melihat bagian belakang stiker yang polos dan terlihat bercak-bercak lem yang digunakan untuk menempel stikernya. For me, it would’ve been nicer if there’s a design on the back. 

Parfum ZARA ini juga dikemas dalam dus dari karton yang simpel, dengan label dan quote dari Jo Malone di belakangnya. Untuk varian Fleur de Patchouli, quote-nya adalah “The eye of this fragrance stares straight at you, daring you to engage with her creativity.” Menurut saya, kehadiran parfum ini datang di waktu yang cukup tepat karena parfum ini cocok banget buat hadiah. Tinggal diberi pita dan diselipkan gift tag, packaging dari parfum ini udah cukup proper dan manis untuk diberikan sebagai kado.

Aroma

Untuk parfum ZARA Emotions N°7 Fleur De Patchouli ini punya note bunga peony, patchouli, dan guaiac wood. Awal disemprot, ada aroma woody yang cukup kuat, lalu makin jadi mellow dan masuk ke aroma peony. Parfum ini berakhir dengan aroma patchouli yang cukup clean dan segar, almost not too patchouli-y! Untuk ukuran parfum unisex, aroma dari Fleur De Patchouli ini lebih cenderung maskulin daripada feminin. Sebagai pecinta aroma patchouli yang heavy dan heady, atau parfum-parfum beraroma ‘menor’ (bahkan untuk digunakan sehari-hari, LOL!), saya kurang menikmati parfum ini.  This will definitely fit you perfectly kalau kamu suka aroma fresh yang ringan untuk sehari-hari! Walaupun begitu, saya merasa aroma parfum ini nggak seperti parfum ZARA biasa yang kamu temukan. This is definitely an elevated scent from ZARA!

Baca juga: Rekomendasi Scented Candle untuk Akhir Tahun

Longevity and Usage

Walaupun parfum ZARA ini tergolong Eau de Parfum, parfum ini kurang tahan lama di kulit saya, sekitar 4-5 jam saja. Sillage-nya sedang, nggak terlalu strong tapi juga nggak perlu terlalu dekat untuk bisa mencium aromanya. Karena Fleur De Patchouli ini tergolong ringan, saya butuh sekitar 4-6 semprotan dalam sekali pakai. Lucunya, saya juga punya pengalaman yang sama dengan parfum-parfum Jo Malone London: saya butuh cukup banyak semprotan untuk ‘puas’ dan merasa staying power-nya kurang lama!

IMG_9751

Final Verdict

Berhubung saya belum cocok sama aromanya, saya memberi parfum ini 3/5 bintang. Untuk kamu yang pingin cobain parfum Jo Malone tapi belum rela mengeluarkan budget lebih, parfum ZARA Emotions ini bisa banget jadi opsi karena kualitasnya nggak beda jauh dengan Jo Malone London! Saya juga merasa parfum ZARA Emotions ini dibuat dengan filosofi Jo Malone yang suka melayer atau menumpuk aroma parfum. I think Fleur de Patchouli would layer nicely with Bohemian Bluebells!

Kamu bisa mendapatkan parfum ZARA Emotions ini di toko ZARA terdekat dengan harga Rp549.000,00 untuk 90 ml. Tersedia rollerball dan ukuran 40 ml juga untuk kamu yang ingin coba-coba terlebih dahulu! Gimana, did I make you wanna go to the nearest ZARA store to purchase one?

Baca juga: Solid Parfum Lokal Di Bawah 100ribu

*Photos are taken by Sahnath Assiry