Seberapa Sering Kita Boleh Mengganti Skincare Routine?

Portrait of white woman doing her daily skincare routine

Setiap orang punya skincare routine yang berbeda-beda. Mulai dari kamu yang terobsesi dengan produk-produk terbaru, hingga kamu yang merasa ‘cukup’ membersihkan wajah hanya dengan produk seadanya. Yuk, caritau terlebih lanjut mengenai tipe rutinitas skincare-mu, siapa tahu ada rutinitas yang lebih cocok buat kamu! 

Memiliki kebiasaan rutin melakukan skincare adalah kebiasaan yang sangat baik dan nggak terbentuk secara instan. Tapi, kalaupun kamu sudah melakukan skincare routine, biasanya rutinitas yang dilakukan pun berbeda antara satu dengan yang lainnya. Terkadang kita nyaman dengan skincare yang sama selama bertahun-tahun, ada juga dari kamu yang mudah penasaran dengan produk baru. Nah, berikut adalah beberapa tipe rutinitas skincare yang biasa dilakukan orang, disertai dengan pros and cons untuk setiap kebiasaan. Tipe manakah kamu?

Screen Shot 2019-12-03 at 21.30.50

Baca juga: Saya Pakai Serum Vitamin C, Tapi Kenapa Wajah Makin Kusam?

1. The Skin Enthusiast

Kamu suka banget nyobain produk-produk terbaru, dan selalu mengubah beauty regime kamu setiap saat.

Ritual Tips:

Buat kamu yang punya rutinitas skincare seperti ini, saya ngerti banget sih. Karena saya juga tipe orang yang FOMO kalau ada produk-produk skincare terbaru! Rasanya pengen cobain semuanya. Walaupun di depan mata sudah ada produk yang kata orang bisa dibilang life-changing dan kamu sudah nggak sabar banget buat cobain, tapi menurut saya akan ada baiknya untuk kamu tahan sebentar dan stick dengan skincare yang baru kamu gunakan sekarang. Semua karena kulit kita membutuhkan waktu agar bisa beradaptasi dengan skincare baru! Sebagai contoh, butuh waktu dua minggu untuk benar-benar mengetahui apakah sebuah moisturizer bekerja untuk kulitmu atau nggak. Berikan waktu sebentar sebelum berpindah atau berganti ke produk lainnya ya!

 

Baca juga: Penting: Kandungan Skincare yang Nggak Bisa Dipakai Bareng!

bottle-skincare-oils-different-soaps_23-2148317655

2. The Loyalist

Kamu telah melakukan skincare regimen yang terus menerus sama dari sejak lama dan nggak pernah berubah.

Ritual Tips:

Congratulations! Kamu sudah menemukan produk-produk yang memang cocok untuk kulit kamu. Saya yakin, awalnya juga membutuhkan proses yang cukup panjang. Tapi perlu diingat bahwa kulit kamu berubah seiring berjalannya waktu lho. Jadi, ada kemungkinan skincare routine-mu di satu waktu akan membutuhkan lebih banyak hidrasi, atau lama-kelamaan membutuhkan skincare yang mampu mengurangi penampilan fine lines dan sun spots. Pergantian cuaca atau iklim juga sangat mempengaruhi skincare routine yang perlu kamu lakukan. Jadi, kamu selalu bisa menambahkan atau mengubah ritual skincare-mu, dan lihat hasil yang lebih baik!

DSCF22333

Baca juga: Gimana Kalau Ternyata Selama Ini Skincare Routine Kamu Salah?

3. The DIY Dermatologist

Ini adalah tipe di mana kamu berperan seolah-olah kamu ngerti banget soal kulit dan rela mengerahkan berbagai macam skincare demi menjawab masalah kulitmu! On the bright side, kamu bisa mendeteksi masalah kulit secara cepat dan tanggap. 

Ritual Tips:

Memang memuaskan ketika kamu fokus kepada sebuah masalah kulit, dan berusaha mencari jalan keluarnya hingga mukamu benar-benar on point! Tapi, akan lebih baik kalau kamu melakukan pencegahan sebelum masalah kulitmu timbul. Misal saat ini kamu merasa kulit kamu sedang super kering bahkan sudah menuju ke tahap dehidrasi. Karena masalah tersebut, kamu baru repot mencari hydrating skincare supaya masalah kulit dehidrasimu tertangani. Memang nggak salah sih, tapi akan lebih baik kalau kamu merawat kulitmu bahkan dari sejak sebelum kulitmu dehidrasi. Skincare bukan jawaban untuk mengatasi masalah kulit saja lho, skincare routine adalah kebiasaan setiap hari yang perlu dibentuk. It’s not just about the results you see, it’s about how you take care of yourself a little bit of every day.

tekstur detail krave beauty

4. The Minimalist

Entah karena kulit kamu dari awal memang sudah bagus, atau kamu terlalu sibuk untuk merawat kulitmu, atau memang nggak terlalu suka ngelakuin skincare routine yang terlalu ribet, kamu adalah tipe yang ngelakuin skincare ‘pas-pasan’. Bahkan, cuci muka setiap malam saja sudah bagus!

Ritual Tips:

Nggak salah kok kalau kamu mau menjaga skincare routine kamu tetap simpel dan nggak ribet, tapi jangan mudah terintimidasi dengan kata ‘ritual’ pada ‘ritual skincare’ sampai kamu keburu malas melakukannya. Kamu tetap harus melakukan beberapa basic steps dalam skincare untuk menjaga kulitmu tetap sehat. Setidaknya, kamu tetap harus mencuci wajah dengan cleanser, mengaplikasikan toner, serum, dan moisturizer supaya kulitmu tetap sehat!

Baca juga: Review Krave Beauty Oat So Simple Water Cream

Jadi, termasuk tipe manakah kamu? Apakah kamu tipe yang setia dengan skincare routine yang itu-itu saja? Atau malah kamu tipe yang gonta-ganti setiap saat? Tipe manapun kamu, jangan lupa berbagai tips di atas ya! Carilah rutinitas yang terbaik untuk kulit kamu. Tapi yang terpenting, bersabarlah untuk hasil yang optimal! So, goodluck on your skincare journey!