[GIVEAWAY DAY 1] Foundation Salah Warna? Ini Solusinya!

foundation salah warna 4

Punya foundation salah warna yang keterangan atau terlalu gelap? Jangan dibuang dulu! Saya punya solusinya.

Bagi para pecinta belanja make up online, pasti pernah dong mengalami foundation salah warna yang shade-nya nggak pas di kulit. Bisa kegelapan, keputihan, atau undertone-nya berbeda. Akibatnya? Foundation yang kita pakai malah bikin kulit tampak abu-abu atau terlalu kuning. Bahkan, sudah beli langsung di toko saja masih bisa salah warna, karena ada foundation yang oksidasi sehingga lama kelamaan menjadi sedikit lebih gelap setelah dipakai. Atau bisa juga karena saat berada di natural lightingfoundation yang awalnya kelihatan cocok banget warnanya pas dicoba di dalam toko malah jadi berbeda pas kita aplikasikan di bawah cahaya lainnya.

Baca juga: Cara Memakai Foundation Dengan 4 Cara Berbeda

Nah, buat kalian yang pernah mengalami atau bahkan sekarang lagi kebingungan sama masalah foundation salah warna ini, jangan khawatir karena saya punya beberapa trik yang biasanya saya lakukan. 

 foundation salah warnaMencampurkan foundation dengan cream contour

  1. Campurkan dengan cream contour

Warna contour yang gelap bisa dicampurkan dengan foundation salah warna yang terlalu putih atau terlalu terang, supaya warnanya lebih pas di kulit kita. Tidak hanya cream contour, concealer yang warnanya lebih gelap juga bisa jadi andalan kita kok. Lalu muncul pertanyaan, kalau menggunakan powder contour bisa tidak ya? Sebenarnya sih bisa saja. Tapi biasanya powder contour itu kan bentuknya compact, jadi rasanya sayang kalau harus dicongkel dan dicampurkan ke foundation. Nanti powder contour yang kalian punya jadi tidak cantik lagi bentuknya. Alasan lainnya, jika dicampur dengan powder contour, finish foundation-nya juga akan berubah menjadi lebih matte. Tapi, kalau kalian memang suka sama hasil akhir matte, mungkin trik tersebut bisa jadi andalan juga.

Baca juga: Tips Pakai Bronzer Untuk Kulit Asia

 Bronzers

  1. Gunakan bronzer

Eits, berbeda dengan contour, bronzer digunakan untuk memberikan ‘kehangatan’ ke wajah. Biasanya bronzer diaplikasikan di area luar wajah untuk membuat wajah terlihat tidak terlalu pucat, dan bisa menambah definisi di wajah. Bronzer ini bisa membuat foundation yang tadinya keputihan jadi terlihat lebih menyatu dengan kulit. Tidak harus bronzer kok, jika kalian punya compact powder atau bedak tabur yang warnanya lebih gelap, itu juga bisa digunakan.

 foundation salah warna 2L’Oréal Infallible Pro Matte 101 dan 106

  1. Campurkan dengan foundation lain

Trik ini teorinya gampang banget, jika warna foundation terlalu terang, campurkan dengan yang warnanya lebih gelap. Begitu juga sebaliknya. Tapi sebenarnya cara ini agak tricky, karena bisa mengubah tipe foundation tersebut nantinya. Misalnya, saat foundation yang matte dicampurkan dengan yang dewy finish, maka akan menghasilkan foundation yang finish-nya satin. Masih banyak sih kombinasi-kombinasi yang bisa terjadi, maka untuk cara ini, harus banyak bereksperimen dengan foundation yang kalian punya.

cocokkan di leher

cocokkan di leher 2

Mencocokkan warna foundation

 

Setelah foundation dicampurkan, coba cocokkan di bagian wajah dekat leher. Saat warnanya sudah membaur dengan leher, berarti campuran warna foundation kamu sudah pas. Tidak hanya itu, saat mencampurkan foundation kita juga harus memerhatikan jenis dari foundation tersebut. Jika teksturnya cair, atau waterbased, sebaiknya campurkan dengan foundation lain yang juga waterbased. Begitu juga dengan foundation yang oil based juga harus dicampurkan dengan foundation lain yang oil based. Because water and oil do not mix well together.

 foundation salah warna 3Mencampurkan foundation dengan bedak tabur

  1. Campurkan dengan bedak tabur

Cara ini teorinya mirip dengan cara ketiga. Saat mencampurkan bedak tabur dengan foundation, pilih bedak tabur yang memang ada warnanya ya, karena kalau foundation tersebut dicampurkan dengan transluscent powder, maka warna foundation tersebut tidak akan berubah. Tapi memang cara ini pasti akan mengubah tesktur foundation-nya menjadi lebih kental dan finish foundation tersebut juga akan berubah menjadi lebih matte.

 Baca juga: Semua Hal Tentang Bedak yang Harus Diketahui

gunakan concealer

 

gunakan concealer 2

  1. Gunakan concealer yang warnanya lebih terang

Nah, kalau trik ini adalah trik untuk foundation yang kegelapan. Jadi, setelah menggunakan foundation, pakailah concealer yang warnanya sedikit lebih terang di area bawah mata, dahi, dan dagu, sehingga wajah terlihat lebih berdimensi. Saat dibaurkan, warna foundation yang tadinya kegelapan akan terlihat lebih pas, deh!

estee-lauder-double-wear-cashew-1

Jadi itu dia trik-trik mengakali foundation yang salah warna versi saya. Kira-kira kalian akan coba yang mana nih? Atau mungkin ada cara lain yang biasa kalian gunakan? Oh ya, karena ini adalah artikel buat memberikan hadiah untuk kalian, jadi share di kolom komentar ya soal apa sih foundation favorit kalian dan alasannya kenapa. Gampang banget kan syaratnya. Nanti tim Female Daily akan memilih 1 orang pemenang untuk mendapatkan foundation Estée Lauder Double Wear dengan shade Pure Beige (2C1)). Giveaway ini akan ditutup tanggal 3 Desember jam 10:00 pagi. Good luck peeps!