Tips Memakai Foundation dengan 4 Cara Berbeda

Satu foundation bisa dipakai dengan berbagai cara berbeda untuk menghasilkan finish yang berbeda juga. Nggak susah kok!

TIPS MEMAKAI FOUNDATION

Cuma punya satu foundation? Jangan khawatir, karena berbeda cara aplikasinya maka akan beda juga hasilnya.

Menurut saya, foundation adalah salah satu produk makeup yang sebenarnya nggak perlu dimiliki terlalu banyak, apalagi kalau kita nggak memakainya setiap hari dan bukan seorang makeup artist.

Saya yang seorang beauty editor bahkan hanya punya 3 foundation lho! Itu pun masih banyak sekali isinya. Karena sebenarnya dengan sedikit kreativitas, satu foundation saja bisa dipakai dengan berbagai cara untuk menghasilkan look yang berbeda. Yuk, simak tips memakai foundation dengan berbagai cara di bawah ini!fou

1. Agar Hasil Lebih Dewy dan Bercahaya Sehat

Serum dan foundation selalu bisa jadi pasangan andalan kalau kamu menginginkan tampilan makeup yang tampak lebih sehat dan dewy. Caranya gampang kok! Cukup campurkan foundation dengan serum favoritmu di tangan atau di mixing palette sebelum membubuhkannya di wajah. Perbandingannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Saya biasanya memadukan 2-3 tetes serum pada 1 pump foundation. Kalau ingin tekstur yang lebih lightweight lagi, maka saya tambahkan lebih banyak serum. Sentuhan serum yang berkualitas bahkan bisa bikin drugstore foundation jadi punya hasil yang lebih bagus! Pilih serum yang teksturnya nggak berminyak ya, jadi hasil riasanmu akan tetap awet.

Favorit saya: Mencampurkkan Estee Lauder Double Wear Foundation dengan Lancome Advanced Genifique Youth Activating Concentrate. Kulit jadi lebih halus, nggak terasa berat, dan makeup pun jadi lebih terlihat segar.

ESTEE LAUDER DOUBLE WEAR STAY-IN-PLACE MAKEUP

LANCOME ADVANCED GENIFIQUE YOUTH ACTIVATING CONCENTRATE - 642

2. Untuk Makeup Natural Sehari-Hari

Untuk sehari-hari, ada kalanya kamu ingin tampil alami tapi dengan your complexion but better. Kalau cuma pakai moisturizer saja nggak cukup, tapi kalau pakai foundation jadinya terlalu “dandan”. Gimana dong sebaiknya agar hasilnya di tengah-tengahnya?

Campurkan saja foundation kamu dengan moisturizer agar seperti tinted moisturizer. Aduk rata di punggung tangan sebelum kamu pakaikan di wajah. Pastikan untuk mengaplikasikannya per area ya, supaya hasilnya lebih rapi. Misalnya, ratakan dulu di bagian kening, lalu pipi, hidung, dagu, kemudian leher.

Favorit saya: Menambahkan sedikit Clinique Dramatically Different Moisturizing Gel pada Guerlain L’Essential Natural Glow

 

CLINIQUE DRAMATICALLY DIFFERENT MOISTURIZING GEL

GUERLAIN L'ESSENTIEL NATURAL GLOW

3. Untuk Makeup yang Full Coverage dan Tahan Seharian

Kalau biasanya kamu pakai 1 pump foundation untuk seluruh wajah, buat event spesial kamu bisa pakai 2 pump atau dua kali lipat pemakaian biasanya, supaya hasilnya lebih rapi dan polished. Namun pastikan kamu membaurkannya dengan baik supaya nggak seperti topeng. Bersabarlah saat menepuk-nepukkan beauty blender di kulit wajahmu!

Pastikan kamu menggunakan face primer sebelum mengaplikasikan foundation agar hasilnya lebih mulus dan pori-pori wajah juga tersamarkan. Setelah semua makeup selesai, “kunci” dengan menyemprotkan setting spray pada wajah supaya hasil karyamu lebih awet sepanjang hari.

Favorit saya: Marc Jacobs Beauty Coconut Perfecting Face Primer, Make Over Powerstay Foundation, dan Urban Decay Setting Spray

MARC JACOBS COCONUT PERFECTING FACE PRIMER

MAKE OVER POWERSTAY WEIGHTLESS LIQUID FOUNDATION

URBAN DECAY ALL NIGHTER MAKEUP SETTING SPRAY

4. Bikin Tampilan yang Super Glowing

Sesekali saya ingin tampil dengan complexion yang lebih glowing dari biasanya. Selain pakai skincare sebelum membubuhkan makeup, saya campurkan dulu foundation saya dengan sedikit strobe cream atau liquid highlighter. Saya biasanya pilih produk yang partikel shimmer-nya yang nggak terlalu intens atau blinding, jadi kilaunya nggak terlalu berlebihan. Hasilnya, kulit jadi terlihat lebih sehat dan cerah, tapi nggak berminyak.

Favorit saya: MAC Strobe Cream atau Benefit High Beam

 

Nah, itu tadi 4 cara lain pakai foundation. Kamu bisa sesuaikan dengan mood makeup-mu sehari-hari!  Ada yang sudah pernah coba?