[GIVEAWAY ALERT!] Tips & Trik Menggunakan Clay Mask yang Perlu Kamu Ketahui!

Clay-Mask-Benefits-Hero-SCD-071219

Kulit kering nggak cocok menggunakan Clay Mask. Bilas clay mask lebih baik pakai air dingin. Hmmm… bener nggak sih? Daripada bingung, berikut adalah segala hal yang perlu kamu tau mengenai clay mask!

Let’s confront the stereotypes! Beberapa waktu yang lalu, clay mask adalah skincare yang saya hindari. Kenapa? Karena di bayangan saya, kulit saya yang cenderung dry, akan semakin parah dan kering kalau diaplikasikan dengan clay mask. Tapi sebenernya bener nggak sih? Sebetulnya gimana sih cara aplikasi clay mask yang benar? Yuk, kita kupas tuntas aja semua tentang clay mask di artikel ini.

innisfree-Super-Volcanic-Pore-Clay-Mask-2X-Trio_Texture-100ml-RM60

Clay Mask

Beda dengan sheetmask, clay mask adalah jenis masker yang terfokus pada cleansing properties. Clay mask atau dikenal juga sebagai cleansing mask mampu menembus ke dalam pori-pori untuk bantu membersihkan impurities dan minyak berlebih. Tujuannya? Jelas untuk membersihkan pori-pori secara mendalam, membuatnya less visible atau tersamarkan. Dari segi tekstur, biasanya berbentuk paste di dalam tube atau jar. Setelah diaplikasikan dan mengering, teksturnya semakin memadat dan menyerap berbagai macam kotoran dari wajah (termasuk komedo dan kotoran). Selesai dicuci, anything you don’t want washes away! Ada masker yang kamu punya jenisnya seperti ini?

Rare_Earth_Mask_Texture_Swatch

Baca juga: 5 Aturan Memakai Clay Mask

Cara Penggunaan

Ada beberapa macam cleansing mask yang beredar, jadi jangan lupa baca product instructions-nya dengan baik! Tapi, berikut adalah beberapa metode umum dalam menggunakan clay mask:

1. Setelah double-cleansing, pastikan kamu mengaplikasikan clay mask ke kulit yang kering. Kamu nggak perlu melakukan massaging untuk penggunaan masker ini.

2. Ikuti instruksi pada kemasan tentang berapa lama produk harus didiamkan. Jangan sampai terlalu lama atau terlalu sebentar. Aplikasi masker yang terlalu lama juga nggak akan membuat kotoran semakin banyak terserap, lho. Bahkan hal tersebut malah bisa menyerap sebum berlebih, dan akhirnya kulit jadi super kering. Kalau sudah selesai, bilas dengan menggunakan air hangat, and goodbye blackheads! 

3. Gunakan 1-2 kali saja selama seminggu.

Myths

Seperti yang saya bilang barusan, saya sempat ketakutan menggunakan clay mask karena jenis kulit saya yang kering. Jadi, saya khawatir clay mask bikin wajah saya tambah kering, tapi ternyata salah! Clay mask terutama produk-produk Korea, setiap produk sudah diatur mengandung banyak nutrisi untuk hasil yang optimal. Ada juga clay mask yang cocok untuk kulit kering kok! Lagipula, kering ato nggak-nya wajah kamu juga tergantung dengan skincare step kamu setelahnya. Kalau kamu merasa kering setelah menggunakan clay mask, kamu bisa tambahkan hydrating skincare ke kulitmu!

Mitos yang kedua, kalau cleansing mask bisa membersihkan pori-pori dan mengangkat komedo, kulit kita memang harus terasa ‘ketarik’ dong? Salah besar! Kalau wajah kamu terasa ketarik, itu tandanya kulitmu kehilangan banyak hidrasi. Clay mask yang baik adalah clay mask yang tidak membuat wajahmu terasa ketarik.

_2x_100ml_exp.1_

Why I Love It

Semenjak saya cobain clay mask untuk pertama kali, saya langsung jatuh cinta. Why? Hanya dalam hitungan beberapa menit, saya merasakan efeknya yang pore minimizing, serta kemampuan membersihkan komedo dan impurities lainnya. Serasa bersih banget muka saya! Selain itu, clay mask membantu saya relax, walaupun hanya dalam beberapa menit.

loreal pure clay mask

Baca juga: FD Experiment: Rajin Pakai Clay Mask

Summary

Jadi, kalau kamu lagi nyari cara untuk bersihin komedo dan meminimalisir pori-pori secara praktis, there’s nothing better than using a mask yang bisa menyerap minyak dan membersihkan impurities kamu! So, gimana menurut kalian? Jadi pengen buru-buru pakai kan? :p

28117798_5a9b67ca-4304-431c-98fe-854708f889f6_511_511

By the way, good news for you all. Karena kita lagi ngomongin soal clay mask yang bantu membersihkan poi-pori wajah, Female Daily mau  GIVEAWAY Innisfree Volcanic Pore Clay Mask & Cleansing Foam edisi SPECIAL BT 21, buat kamu yang beruntung!

Caranya gampang! Kamu tinggal KOMEN di kolom komentar artikel ini, serta berikan alasan, kenapa sih kamu pingin banget nyobain Innisfree Volcanic Pore Clay Mask & Cleansing Foam SPECIAL BT 21 ini? So, tunggu apalagi? Giveaway akan ditutup Selasa, 26 November 2019. Good luck!