Ini Cara MUA Park Shin Hye Hasilkan Flawless Makeup

Makeup para aktris di K-Drama selalu terlihat flawless, bahkan seperti tanpa makeup. Buat yang penasaran, saya punya tipsnya langsung dari MUA Park Shin Hye, Seo Hee Young!

seoheeyoungbl

Selain karena alur ceritanya, banyak orang yang tertarik sama K-Drama karena visual para aktris dan aktornya. Tampilan makeup mereka bisa memulai semacam tren baru baik di Korea atau di belahan dunia lain, nggak terkecuali di Indonesia. Saya sendiri juga suka banget sama tampilan makeup flawless ala K-Drama karena selain kelihatan fresh, kesannya juga masih achievable. 

Ternyata di balik look yang simple ini ada macam-macam trik yang dilakukan oleh para MUA. Sabtu, 1 November lalu, saya berkesempatan untuk bertemu Seo Hee Young, MUA dari aktris Korea Park Shin Hye (The Heirs, Memories of the Alhambra) dan Claudia Kim (Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald). Di sini saya juga melihat langsung caranya mengaplikasikan makeup dan dapat banyak tips untuk bikin flawless makeup ala aktris Korea.

1. Skin prep is key!

Well, we all know kalau para seleb tentunya sudah punya kulit yang bagus dan sehat berkat berbagai treatment kecantikan yang mereka lakukan. Namun ini nggak menanggalkan kewajiban untuk skin prepping dengan skincare yang tepat sebelum pengaplikasian makeup, gunanya agar kulit terhidrasi dengan baik dan makeup juga lebih menempel. Ditambah lagi Park Shin Hye, Claudia Kim, dan banyak orang Korea lainnya biasanya memiliki kulit kering.

Seo Hee Young mengaplikasikan berbagai produk Blithe dan Blithe Inbetween dengan teknik layering. Yang pertama adalah Blithe Crystal Iceplant Pressed Serum yang teksturnya gel. Bahan utamanya adalah Iceplant yang punya cooling effect yang bisa membantu depuff wajah yang sembap dan lelah bila dikombinasikan dengan pijatan. Di sini Seo Hee Young juga mempraktikan teknik pijatan lymphatic drainage selama tiga menit yang biasa ia lakukan pada para seleb sebelum memulai aplikasi makeup.

seoheeyoung blithe

Uniknya, step setelah ini justru cleansing dengan toner. Blithe Patting Splash Mask Soothing Green Tea dituangnya ke selembar kapas yang kemudian disemprotkan dengan Blithe INBETWEEN Aurora Second Skin Primer & Setting Mist. Kombinasi ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang tersisa sehingga aplikasi makeup lebih terlihat halus. Masih di tahap skin prepping, selanjutnya Seo Hee Young mengaplikasikan INBETWEEN Makeup Prep Essence. Menurutnya, essence ini bisa memberikan hidrasi seharian dan efek kulit lebih plump. “Perempuan Korea suka kalau kulitnya terlihat seperti kulit bayi.”, ceritanya. Essence yang juga biasa disebut Film Essence juga membuat makeup lebih mudah dibersihkan setelahnya.

Nope, step skincare-nya belum selesai sampai di sini. Seo Hee Young masih melanjutkan dengan priming cream untuk efek glowing from within. Ada tiga jenis priming cream dari INBETWEEN dengan tiga fungsi yang berbeda pula, yaitu Instant Glowing Cream, Hydro Priming Cream, dan Tone Correcting Cream.

Baca juga: 4 Produk Wajib Punya dari Blithe

2. Mulai makeup dengan shading foundation

Selesai dengan skin prepping steps, Seo Hee Young mulai step makeup dengan shading foundation. Ia mengaplikasikan liquid foundation dengan warna dua sampai tiga lebih gelap dari warna kulit asli. Fokusnya adalah area luar wajah, seperti pipi bagian luar dan jawline, serta hidung. Yup, intinya adalah contour dalam, namun efeknya lebih subtle. Hanya memberi sedikit dimensi tanpa mengubah bentuk dari fitur wajah secara signifikan. Selanjutnya, barulah foundation dengan warna yang sama dengan warna kulit diaplikasikan di atasnya secara tipis-tipis menggunakan brush dan di-blend menggunakan sponge wedge yang sudah dilembapkan dengan Aurora Secon Skin Primer & Setting Mist.

makeup park shin hye

 3. Blush on coral di under eye

Sudah familiar kan dengan teknik color correcting untuk area bawah mata yang gelap? Sebelum ditutup dengan concealer, Seo Hee Young mengoreksi area bawah mata dengan cream blush on warna coral. Menurutnya cara ini yang paling terlihat seamless! Sisa dari cream blush bisa juga diaplikasikan tipis-tipis ke area mata lainnya untuk memberikan efek mata lebih cerah sebelum apply eyeshadow.

4. Apply everything subtly, but in layers

Teknik kunci yang sering banget diulang Seo Hee Young adalah layering. Pertama adalah saat aplikasi eyeshadow. Seo Hee Young mulai dengan eyeshadow matte warna coklat muda dengan tipis, lalu dilayer dengan coklat yang lebih gelap. Eyeshadow diaplikasikan sedekat mungkin dengan lash line. Setelahnya, eyeliner pensil warna hitam atau cokelat juga ditambahkan. Seo Hee Young suka memberikan efek cat-eye yang super subtle dengan eyeliner pensil untuk efek mata lebih terbuka. Lalu baru deh eyeliner liquid atau gel dilayer di atasnya. Tapi garisnya nggak perlu sepanjang garis eyeliner pensil (re: tanpa buntut cat-eye). Fungsinya benar-benar untuk memberi definisi ke akar bulu mata saja.

DSCF3298

Nggak hanya eyeshadow dan eyeliner, pengaplikasian bulu mata palsu pun juga dilakukan step by step untuk hasil yang benar-benar natural. Jenis bulu mata palsu yang dipilih adalah yang panjangnya medium dan nggak terlalu bervolume. Lalu, bulu mata ini dipotong menjadi beberapa bagian kecil dan ditempelkan hanya di bagian tengah dan luar mata saja.

Setelahnya, Seo Hee Young membakar stik kayu semacam lidi dan menempelkannya ke bulu mata selagi hangat. Teknik ini sudah sering banget saya lihat dilakukan para MUA Korea, termasuk juga MUA Blackpink. Fungsinya adalah agar bulu mata lentik lebih lama.

Baca juga: Lipstick Velvet Akan Menggeser Trend Liquid Lipstick?

5. Velvet Lips

Menurut Seo Hee Young, velvet lips lagi disukai banget di Korea. Sayangnya, formula yang lebih thick ini berpotensi memperjelas tekstur bibir dan membuat bibir terasa kering. Makanya sebelum memulaskan velvet lip tint, Seo Hee Young memakaikan sedikit INBETWEEN Makeup Prep Essence untuk melembapkan dan memberi sedikit volume ke bibir.

Berbeda dengan teknik aplikasi lipstik pada umumnya, Seo Hee Young hanya memulaskan lip tint di bagian tengah bibir lalu di-blend ke luar. “Jangan mempertegas garis luar bibir ya!”, jelasnya. Efek blurred lip line ini akan bikin tampilan makeup lebih youthful meski memakai warna bold sekalipun.