Tips Merawat dan Membuat Pori-Pori Tampak Lebih Kecil

Dibanding mengeluhkan pori-pori yang tampak besar, saya memilih untuk mencari tahu cara merawatnya agar tetap terjaga bersih dan bisa membuatnya tampak lebih kecil. Dan, inilah beberapa tips merawat dan membuat pori-pori tampak lebih kecil yang mungkin bisa kamu terapkan.

Menghilangkan pori-pori? Tentu suatu hal yang mustahil. Walaupun punya pori-pori besar itu nyebelin, tetapi pori-pori punya fungsi penting untuk menjaga kesehatan kulit kita. Pori-pori berfungsi sebagai jalan keluar dan masuk minyak di kulit kita. Secara alami, kulit kita memang memerlukan minyak atau sebum untuk menjaga kelembapan serta melindungi kulit dari bakteri. Nah, yang perlu kita lakukan adalah merawat pori-pori ini karena rawan tersumbat oleh kotoran yang bisa menimbulkan berbagai masalah mulai dari komedo hingga jerawat.

Baca juga: Hal yang Bisa Membuat Pori-Pori Membesar

Tips Merawat dan Membuat Pori-Pori Tampak Lebih Kecil

Baca Juga: FD Little Notes: Semua Tentang Pori-Pori

Memastikan Pori-Pori Terjaga Kebersihannya

Sebelum mencari tahu cara untuk mengecilkan pori-pori, saya sih nyaranin untuk kita telaten merawatnya. Salah satunya adalah dengan memastikan pori-pori terjaga kebersihannya dengan cara melakukan deep cleansing secara berkala. Kita bisa memulainya dengan cara rutin melakukan double cleansing menggunakan cleanser yang sesuai dengan jenis kulit kita.

Double cleansing yang dilakukan setiap hari sesungguhnya bisa meminimalisir penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati ataupun kotoran lainnya. Namun, kita tetap perlu melakukan deep cleansing dengan cara mengeksfoliasi kulit secara rutin. Saya sendiri rutin melakukannya minimal satu minggu sekali.

Baca juga: Pori-Pori Bisa Tersumbat Akibat 3 Bahan Ini

Rutin Melakukan Deep Cleansing

Agar hasilnya maksimal, saya merekomendasikan untuk mengawalinya dengan proses first cleansing dan dilanjutkan dengan menguapi kulit wajah dengan air hangat. Kemudian lanjutkan dengan proses berikunya yaitu mengekstraksi kotoran berupa komedo di kulit.

Ekstraksi komedo ini sebenarnya ada dua cara. Dengan cara maskeran dan dilanjutkan dengan menarik komedo dengan pore pack atau mengekstraksi dengan bantuan alat.  Ada komedo yang terletak di permukaan kulit sehingga mudah diekstraksi sendiri dengan pore pack atau alat. Akan tetapi, ada pula yang letaknya ada di lapisan kulit lebih dalam sehingga lebih sulit untuk mengeluarkan kotorannya. Bila komedo jenis kedua yang ada di kulitmu, saya lebih merekomendasikan untuk melakukan ekstraksi dengan bantuan tenaga ahli di klinik kecantikan.

Bila kamu mengekstraksi komedo dengan bantuan alat, pastikan alat yang digunakan sudah steril. Biasanya saya mencuci alat tersebut dan menggosokkannya pada alcohol swap selama kurang lebih 30 detik agar alat benar-benar bersih. Baru setelah siap digunakan.

Baca juga: Scrub Natural Favorit untuk Pori-Pori Bersih

Tips Merawat dan Membuat Pori-Pori Tampak Lebih Kecil-2

Pay Attention pada Post Treatment Pembersihan Pori-Pori

Proses pembersihan pori-pori nggak berhenti sampai di tahap ekstraksi. Post treatment pembersihan pori-pori juga penting untuk diperhatikan karena bisa membantumu untuk membuat pori-pori tampak lebih kecil. Salah satu post treatment yang membantu membuat pori-pori tampak lebih mengecil adalah dengan menggunakan serum khusus untuk mengecilkan atau mengencangkan pori-pori. Umumnya serum yang mampu mengecilkan atau mengencangkan pori-pori ini mengandung exfoliating acid berupa AHA atau Glycolic Acid. Kandungan tersebut juga efektif untuk memaksimalkan proses pembersihkan sel kulit mati atau kotoran di kulit. Namun, pastikan kalau kulitmu tidak sensitif ya! Biasanya kulit akan meningkat sensitivitasnya setelah kita ekstraksi kotorannya, jadi agak cekit-cekit kalau ketemu AHA.

Namun bila kulitmu nggak kuat dengan AHA, menggunakan serum dengan kandungan Centella Asiatica yang sudah dikenal sebagai wound healing atau serum yang mengandung ceramide karena baik untuk memperbaiki tekstur kulit. Yang nggak kalah penting, kita juga perlu menggunakan produk skincare dengan fokus melembapkan untuk post treatment pembersihan pori-pori ini. Kalau saya sendiri biasanya memilih menggunakan hydrating toner dari Hadalabo Gokujyun Premium Hyaluronic Acid. Toner tersebut mengandung Hyaluronic Acid yang manfaat utamanya adalah melembapkan kulit. Saya mengaplikasikannya setelah menggunakan serum yang mengandung exfoliating acid supaya kulit yang sudah diekstraksi lalu diberi chemical peeling kembali kalem dan kelembapannya tetap terjaga.

Itu dia tips merawat dan membuat pori-pori tampak lebih kecil ala saya. Cara ini memang cukup panjang, tetapi hasilnya memang oke maksimal. Namun, sebelum mengikuti cara tersebut nggak ada salahnya untuk memastikan langkah mana yang paling nyaman untuk kulitmu. Selamat merawat pori-pori agar tetap terjaga kebersihannya, komedo terhempas, dan bisa membuatnya tampak lebih kecil!