Tips Merawat Kulit Murah Meriah untuk Pelajar

Skincare sudah menjadi kebutuhan pokok untuk semua kalangan, khususnya remaja> saking butuhnya, sempat ada berita lho, kalau ada remaja ABG yang mencuri motor untuk beli skincare. Hmm, harus se-extreme itu untuk beli produk skincare? 

Zaman dulu, informasi mengenai perawatan kulit dan produk skincare belum sebanyak sekarang. Di mana minimnya produk dan informasi membuat kitam remaja zaman dulu malas dan merasa pakai skincare itu nggak penting-penting banget. Tapi kerena perkembangan zaman dan teknologi, anak-anak muda sekarang malah mendapatkan kemudahan untuk mengakses informasi mengenai skincare. Karena demand millennial beauty semakain besar, maka makin banyak juga brand-brand beauty yang mengeluarkan skincare khusus untuk remaja, baik mulai dari ingredients hingga ke harga yang lebih affordable. 

skincare-routine-remaja-1

Walau pun saat ini produk perawatan kulit jauh lebih beragam dan lebih mudah didapatkan, tapi pelajar punya tantangan tersendiri. Yes, apalagi kalau bukan soal mengatur budget untuk merawat kulit. Mayoritas ABG belum punya kesempatan untuk menghasilkan uang sehingga soal perawatan kulit pun harus menyesuaikan dengan jatah dari orang tua. Atau malah seperti saya yang semasa sekolah harus berhemat sedemikian rupa hanya supaya bisa rutin beli facial wash? Karena saat ini produk perawatan kulit di pasar sudah sangat beragam, jadi tenang saja karena beberapa tips merawat kulit murah meriah untuk pelajar ini bisa kamu terapkan walau uang saku pas-pasan.

Baca juga: 5 Tips Makeup untuk Remaja dari Remaja

skincare remaja 1

Baca juga: 50% Remaja Terintimidasi Standar Kecantikan, Kenapa?

Gunakan Basic Skincare 

Masalah kulit di masa ABG biasanya tentang jerawat, wajah berminyak, dan kusam. Nah, karena masalah kulit seperti tanda-tanda penuaan dini belum muncul maka nggak ada salahnya untuk merawat kulit dengan basic skincare. Basic skincare sendiri biasanya terdiri dari beberapa produk perawatan kulit yang fokus pada tahap cleansing, toning, moisturizing, dan protecting. 

Sederhananya sih, jangan lewatkan proses double cleansing, penggunaan toner terutama yang fokus untuk menghidrasi kulit, lalu pelembap untuk pagi dan malam, dan sunscreen karena biasanya masa-masa sekolah kita sering beraktivitas di luar ruangan. Tak masalah kalau kamu belum menggunakan serum ini dan itu karena kulit remaja biasanya masih dalam kondisi prima sehingga perawatan basic pun akan maksimal hasilnya bila dilakukan secara konsisten. 

Baca juga: Starter Kit Makeup untuk Remaja

5 Brand Skincare Jepang yang Bagus dan Murah feat

Pilih Skincare Drugstore

Ada banyak pilihan skincare drugstore yang murah meriah, tapi kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Nggak masalah kalau kamu memilih skincare drugstore untuk merawat kulit. Produk-produk perawatan kulit dari Garnier, Nivea, Pond’s, Sariayu, Emina, dan banyak lainnya tak hanya ramah untuk kantong pelajar, tetapi juga punya banyak varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit. 

Baca juga: Rekomendasi Skincare Korea untuk Remaja

Menggunakan Skincare yang Sama dengan Mama

Keuntungan tinggal bersama orang tua adalah bisa nebeng produk perawatan kulit punya Mama. Hayo ngaku siapa yang seperti ini? Nah, nggak ada salahnya menggunakan produk skincare yang sama dengan Mama, tapi tetap dengarkan kebutuhan kulitmu sehingga tak harus semuanya sama. Bisa jadi kamu menggunakan produk facial wash milik sendiri dan pakai hydrating toner punya mama. Lumayan kan untuk berhemat? 

Baca juga: FD Teen Members: Remaja Sudah Harus Peduli Soal Beauty!

Selain tiga cara tersebut, sebenarnya masih ada cara lain untuk merawat kulit dengan murah meriah dengan bikin DIY Skincare seperti masker. Namun, saya sih kurang merekomendasikan karena saat kita meracik skincare sendiri, kita belum tentu tepat membuat takarannya. So, kenapa nggak memanfaatkan produk drugstore yang jelas aman dan mudah ditemukan di pasaran saja?